Punya Wajah Ramah dan Friendly? Perusahaan Ini Berani Bayar Rp1,82 M

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 21 Oktober 2019 10:13
Punya Wajah Ramah dan Friendly? Perusahaan Ini Berani Bayar Rp1,82 M
Siapa tahu ada yang mau `jual` wajahnya.

Dream – Tanpa disadari pekerjaan yang semula dikerjakan manusia sudah banyak yang menggunakan tenaga robot. Fenomena penggunaan mesin atau robot di dunia kerja memang semakin banyak seoring perkembangan teknologi.

Robot bahkan digadang-gadang akan menjadi andalan perusahaan di pada masa depan. Hampir setiap tahun, perusahaan melahirkan produk robot yang baru.

Dikutip dari World of Buzz, Senin 21 Oktober 2019, perusahaan robot—tak diketahui namanya—mengontak Geomiq.com untuk membantunya mencari wajah yang akan digunakan untuk bagian kepala robot buatannya.

Pencarian wajah ini bertujuan untuk melengkapi sentuhan akhir pembuatan robot mereka.

Perusahaan menyatakan kesanggupannya membayar 100 ribu poundsterling atau sekitar Rp1,82 miliar untuk mendapatkan hak lisensi penggunaan wajah. Perusahaan juga berjanji merahasiakan identitas si pemilik wajah.

Salah satu model yang dicari adalah wajah yang menampilkan keramahan dan bersahabat.

Kamu berminat wajahmu dipakai untuk wajah robot?

1 dari 6 halaman

Jadi Teman Virtual

Jika wajah sudah dipilih, perusahaan itu akan mendesain ulang muka untuk dipasang di robot-robot humanoid. Robot itu akan menjadi “ teman virtual” orang-orang lansia.

Iklan ini menuai beragam reaksi dari warganet. Ada beberapa netizen meminta perusahaan untuk membuat wajah palsu dari data 100 ribu wajah. Namun, ada yang tertarik mengikuti program ini. 

2 dari 6 halaman

Robot Pemilah Telur Siswa Madrasah Yogyakarta Jadi Juara Dunia

Dream - Dua siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta, Abizaed Rahadiyan dan Ammarsatya Esza, mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Mereka baru saja mempersembahkan medali emas dalam International Robotic Competition yang digelar di International Islamic University Malaysia.

" Alhamdulillah Abizard dan Ammarsatya berhasil mengharumkan MAN 1 Yogyakarta, Kanwil Kemenag DIY, dan madrasah Indonesia pada umum. Semoga bisa menjadi jalan kesuksesan untuk siswa yang telah berprestasi tersebut," kata Kepala MAN 1 Yogyakarta, Wiranto Prasetyahadi, dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin 16 September 2019.

Wiranto mengatakan, deretan prestasi ditingkat nasional maupun internasional membuktikan bahwa siswa madrasah tidak kalah dengan siswa sekolah umum.

 

 

Sementara, Abizard mengatakan bahwa robot rancangannya bersama Esza itu bernama automated egg sorter based on convegor and light sensor, robot yang berfungsi menyortir telur segar dan busuk berbasis cahaya.

" Melalui robot ini, akan memudahkan dalam memilah dan membedakan antara telur segar dan telur busuk," kata dia.

Ide awal pembuatan robot itu ketika Abizard berkunjung ke salah satu peternakan ayam petelur. Di sana, dia melihat karyawan memilah telur dengan cara manual, yakni melihat satu persatu telur dengan bantuan cahaya.

" Belajar dari kesulitan tersebut, kami lantas mempunyai gagasan dan ide bagaimana cara membantu para peternak agar mempermudah memilah dan membedakan telur yang masih segar dan telur yang sudah busuk," ucap dia.

3 dari 6 halaman

Ilmuwan Buat Contact Lens Robotik

Dream - Para peneliti dari University of California San Diego mengembangkan contact lens atau lensa kontak robotik. Lensa kontak itu dapat dikontrol menggunakan mata.

" Sistem yang dikembangkan dalam studi saat ini memiliki potensi untuk digunakan dalam prostesis visual, kacamata yang dapat disesuaikan, dan robotika yang dioperasikan dari jarak jauh di masa depan," kata para peneliti dalam makalah yang diterbitkan Advanced Functional Materials, dikutip dari The Independent.

Para peneliti mengukur potensi listrik mata yang disebut " sinyal elektro-okulografi" . Para ilmuwan kemudian mengembangkan lensa yang akan merespons aktivitas mata tersebut.

 

 

Peneliti utama, Shengqiang Cai, mengatakan kepada New Scientist, " Bahkan jika mata Anda tidak dapat melihat apa pun, bola mata masih bisa digerakkan dan menghasilkan sinyal elektro-oculografi ini."

Purwarupa lensa itu terbuat dari polimer yang mengembang saat arus listrik muncul.

Lensa ini dikendalikan menggunakan lima elektroda yang mengelilingi mata dan bertindak seperti otot. Ketika polimer menjadi lebih cembung, lensa secara efektif memperbesar.

4 dari 6 halaman

Capek Balas WA Kekasih, Programmer Ini Bikin Robot Pembalas Pesan

Dream - Seorang pria kerap malas membalas pesan dari kekasih atau istri. Itu pula yang awalnya dilakukan seorang ahli pemrograman komputer asal China.

Tetapi, pria bernama Li Kaixiang itu mengambil langkah kreatif. Dia mengembangkan robot pesan atau chatbot yang dapat membalas pesan dari kekasihnya selama 24 jam dalam sepekan.

Program itu dibuatnya karena tuntutan pekerjaan sebagai programmer sangat padat dan menguras waktu.

 

 

Li bekerja sebagai insinyur pengembangan perangkat lunak untuk raksasa internet China, JD.com. Dia mengatakan, chatbot itu dibuat sebagai jalan tengah agar dia tidak melukai perasaan sang kekasih.

Dilaporkan Oddity Centralchatbot yang menjawab pesan dari sang kekasih itu diunggah atas namanya. Untuk menunjukkan kinerja robot buatannya, Li mengunggah beberapa tangkapan layar obrolan pacarnya di WeChat.

Dia juga menyebut, sejak hari pertama chatbot online, dia bertukar sekitar 300 teks dengan pacarnya.

5 dari 6 halaman

Kekasih Tak Tahu?

 Robot untuk balas pesan kekasih

Robot untuk balas pesan kekasih (Foto: Odditycentral)

Dalam salah satu percakapan yang diunggah di Weibo, pacar Li tampaknya mencurigai ada keanehan.

Dia mengajukan pertanyaan seperti, " Bagaimana kamu melakukannya?" atau " Mengapa kamu merespons begitu cepat?" Tetapi, chatbot itu tetap mampu mengecohnya.

Li tidak menyebut apakah wanita itu sadar bahwa pesannya dibalas bot otomatis.

Warganet yang melihat unggahan itu, merasa tertarik. Sebab, obrolan dari jawaban yang dihasilkan robot itu terasa bagus.

6 dari 6 halaman

Jawaban Aneh Kadang Muncul

Bahkan ada yang menyebut, Li seorang jenius dan memintanya bertukar cara membuat program chatbot itu.

“ Itu ide yang bagus. Saya tidak perlu khawatir membuat pacar saya jengkel, saya dengan tidak menanggapi pesannya, ”tulis seorang pengguna Weibo.

" Saudaraku, tolong kirimi saya kode sumbernya," pria lain bertanya.

Tetapi obrolan itu tidak sepenuhnya sempurna. Dalam percakapan lain, tertulis, “ Sayang, ini adalah hari ke-618 kita bersama. Semoga suasana hatimu lebih cerah daripada matahari."

Ingin tahu apa balasan chatbox tersebut? " yang mana sayang, informasi cuaca saat ini, Suhu: 18,0 derajat hingga 34,0 derajat Celcius, Angin: Level 3, Kualitas udara: 42,0." (Sah)

Beri Komentar
Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik