Detik-detik Evakuasi Iksan, Terjebak Lift Saat Mati Listrik

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Senin, 5 Agustus 2019 10:29
Detik-detik Evakuasi Iksan, Terjebak Lift Saat Mati Listrik
Selama lebih dari satu jam Iksan bertahan di dalam lift saat listrik Jakarta dan sekitarnya padam.

Dream - Seorang mahasiswa bernama Iksan (25) akhirnya bisa diselamatkan setelah terjebak di dalam lift kampus di bilangan Salemba, Jakarta Pusat.

Selama lebih dari satu jam Iksan bertahan di dalam lift saat listrik Jakarta dan sekitarnya padam. 

Pantauan di lokasi, petugas Damkar Jakarta Pusat berjumlah enam orang harus membuka paksa pintu lift.

" Kurang lebih 25 menit lebih kita evakuasi nya. Ya kesulitan kita coba manual tidak bisa, akhirnya kita buka paksa pintu lift nya dan buka lubang di atas lift," kata Petugas Damkar Jakarta Pusat Hotto, Minggu 4 Agustus 2019 kemarin. 

 

1 dari 4 halaman

Berhasil Diselamatkan

Iksan akhirnya berhasil dikeluarkan dari dalam lift. Selama satu setengah jam lebih dirinya harus bertahan hidup di dalam.

 Terjebak Lift saat mati listrik© Merdeka.com

 

Setelah berhasil dievakuasi, Iksan langsung mendapat perawat medis. Dia mengaku sempat panik dan mengalami sesak nafas.

" Ya gimana ya mas. Sesak sih napas saya mas, tapi Alhamdulillah petugas cepat datang dan bantu saya keluar," kata Iksan. (Sumber: )

 

2 dari 4 halaman

PLN Minta Maaf

Sebelumnya, berdasarkan keterangan tertulis, PLN meminta maaf atas pemadaman yang terjadi akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami gangguan atau trip.

Sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off). Selain itu Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan atau trip.

Gangguan ini mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman.

" Kami mohon maaf sebesar-besarnya untuk pemadaman yang terjadi, saat ini upaya penormalan terus kami lakukan, bahkan beberapa Gardu Induk sudah mulai berhasil dilakukan penyalaan," kata Executive Vice President Corporate Communication & CSR PLN I Made Suprateka. (Sumber: Merdeka.com)

3 dari 4 halaman

Listrik Padam, Sebagian Mesin ATM BCA Tidak Berfungsi

Dream - Listrik padam yang saat ini melanda wilayah Jabodetabek dan sekitarnya memberi dampak yang cukup luas. Salah satunya adalah terganggunya aktivitas perbankan di mesin ATM yang tidak teraliri oleh listrik darurat atau genset.

 Seluruh ATM BCA Pulih, Biaya Tarik ATM Antar Bank Berlaku© MEN

Salah satu nasabah Bank BCA, Wisnu mengaku kesulitan mencari mesin ATM untuk tarik tunai uangnya. " Saya mau beli makan gak pegang uang tunai, mesinnya gak bisa, gak nyala," keluh Wisnu saat ditemui di Kawasan Tebet, Jakarta, Minggu (4/8).

Terkait hal tersebut, Bank BCA menyatakan permohonan maafnya atas kendala yang terjadi pada sebagian besar mesin ATM mereka saat ini. Hal itu lantaran padamnya listrik di wilayah Jabodetabek sejak pukul 12 siang tadi.

" Sehubungan dengan pemadaman listrik yang terjadi di sebagian wilayah jabodetabek yang mengakibatkan terganggunya sebagian layanan ATM, mohon maaf atas ketidaknyamanan tersebut," kata Corporate Secretary BCA, Jan Hendra di Jakarta, Minggu (4/8).

Kendati demikian, dia menegaskan nasabah masih dapat melakukan transaksi perbankan lain melalui layanan yang tidak terdampak padamnya aliran listrik.

" Nasabah tetap dapat melakukan transaksi perbankan melalui layanan elektronik BCA antara lain BCA mobile, Internet Banking, Klik BCA, dan Sakuku BCA," ujarnya.

Untuk informasi lebih lanjut, dia mengimbau nasabah untuk update informasi terkini di situs resmi perusahaan. " Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Halo BCA 1500888 atau Twitter @halobca, webchat www.bca.co.id, email halobca@bca.co.id or WA di 08111500998," tutupnya. (sumber: Merdeka.com)

4 dari 4 halaman

PT KCI Pastikan Operasional KRL Hari Ini Normal

Dream - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyebutkan layanan kereta rel listrik (KRL) commuter line pada Senin pagi sudah sepenuhnya beroperasi normal setelah terganggu akibat listrik padam pada Minggu (4/8) siang.

" Layanan KRL hingga pukul 04.00 WIB sudah normal sepenuhnya," kata VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba di Jakarta, Senin (5/8) seperti dikutip Antara.

Anne menjelaskan layanan KRL untuk Jakarta Kota-Tanjung Priok pergi pulang (PP) sudah beroperasi normal.

Rute lain yang juga sudah beroperasi normal yakni Jakarta Kota-Bogor PP, Jatinegara/Angke-Nambo/Bogor PP.

Untuk Jakarta Kota-Bekasi/Cikarang PP yang sebelumnya beroperasi hingga Cakung, kini sudah beroperasi normal.

Sementara itu, rute Tanah Abang Rangkasbitung PP dan Duri-Tangerang PP sudah beroperasi normal.

Sebelumnya, listrik di Jakarta padam sejak pukul 11.48 WIB pada Minggu (4/8/2019) akibat Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami gangguan.

Sementara itu, Gas Turbin 7 juga dalam posisi mati dan Pembangkit Listrik Tenaga Gas Turbin Cilegon juga mengalami gangguan.

Gangguan itu mengakibatkan aliran listrik di Jabodetabek mengalami pemadaman sehingga berdampak ke sejumlah pelayanan publik, salah satunya layanan KRL.

Pemadaman listrik juga terjadi Di Jawa Barat karena gangguan pada transmisi SUTET 500 kV yang mengakibatkan sejumlah area mengalami pemadaman listrik.

Area itu meliputi Bandung, Bekasi, Cianjur, Cimahi, Cirebon, Garut, Karawang, Purwakarta, Majalaya, Sumedang, Tasikmalaya, Depok, Gunung Putri, Sukabumi dan Bogor. (Sumber: )

Beri Komentar