Dikenal Kaya Raya, Inilah Bacaan Doa Nabi Sulaiman untuk Mendatangkan Uang yang Bisa Diamalkan Sehari-hari

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Selasa, 19 Juli 2022 10:45
Dikenal Kaya Raya, Inilah Bacaan Doa Nabi Sulaiman untuk Mendatangkan Uang yang Bisa Diamalkan Sehari-hari
Meskipun kaya raya, tetapi Nabi Sulaiman tidak sombong dan tetap bertakwa kepada Allah SWT.

Dream – Dari 25 Nabi yang dikenal oleh umat Islam, salah satunya adalah Nabi Sulaiman as. Di mana Nabi Sulaiman as dianugerahi Allah SWT dengan harta yang melimpah serta beberapa mukjizat lainnya. Ia mampu berbicara dengan jin dan binatang. Sehingga bisa memerintahkan jin untuk mengambil harta yang ada di dalam perut bumi atau di dasar laut.

Namun dalam hal ini kita akan membahas tentang kekayaan Nabi Sulaiman as yang melimpah itu. Di mana kekayaan yang diperoleh Nabi Sulaiman as tidaklah didapat secara instan. Tetapi ada usaha di baliknya dan tentu saja ada doa Nabi Sulaiman untuk mendapatkan uang yang selalu dipanjatkan.

Nah, doa itulah yang sampai sekarang masih kerap dibaca dan bisa sahabat Dream amalkan juga dalam kehidupan sehari-hari untuk mendapatkan rezeki. Hal lain yang penting untuk diteladani dari sosok Nabi Sulaiman as adalah sikapnya yang tetap rendah hati meski dirinya kaya raya.

Untuk mengetahui secara lebih jelas tentang Nabi Sulaiman as dan mukjizatnya serta bacaan doa Nabi Sulaiman untuk mendapatkan uang, berikut sebagaimana dirangkum Dream melalui berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Nabi Sulaiman as dan Mukjizatnya

Nabi Sulaiman as dan Mukjizatnya© Shutterstock.com

Mungkin sudah banyak dari umat Islam yang mendengar atau pernah membaca tentang kisah Nabi Sulaiman as. Nabi Sulaiman as adalah Nabi yang sangat kaya raya di masanya. Ia adalah raja dari segala raja dan sangat dihormati oleh semua makhluk.

Tak hanya dikenal sebagai orang yang kaya raya saja. Nabi Sulaiman juga memiliki beberapa mukjizat yang diberikan Allah SWT. Nabi Sulaiman as mampu bebicara dengan hewan yang dibuktikan melalui surat An-Naml ayat 18 -19 yang menjelaskan bahwa Nabi Sulaiman as berbicara dengan semut.

Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut, ‘Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari. Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa, ‘Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh’.” (QS. An-Naml: 18 -19).

Nabi Sulaiman as juga bisa berkomunikasi dengan jin, yang mana ia pernah mengumpulkan seluruh pasukan dai berbagai kalangan makhluk. Hal tersebut dijelaskan dalam surat An-Naml ayat 17.

" Dan dihimpunkan untuk Sulaiman tentaranya dari jin, manusia dan burung lalu mereka itu diatur dengan tertib (dalam barisan)." (QS. An-Naml: 17).

Kemudian Nabi Sulaiman as juga bisa menakhlukkan angin. Maksudnya adalah Nabi Sulaiman as bisa menghendaki ke arah mana angin tersebut akan berhembus. Hal tersebut dijelaskan dalam surat Shad ayat 36.

" Kemudian Kami tundukkan kepadanya angin yang berhembus dengan baik menurut perintahnya ke mana saja yang dikehendakinya." (QS. Shad: 36).

Namun, di balik kekayaannya itu, Nabi Sulaiman as tidaklah sombong. Ia menjadi seorang yang baik hati dan bertakwa kepada Allah SWT. Ia juga tidak pernah meninggalkan ibadah. Bahkan karena kemuliaan yang ada dalam dirinya, hal tersebut telah membuat Ratu Saba menjadi terpesona dengannya. Hingga akhirnya penduduk di negeri yang dipimpinnya pun mengikuti ajaran dari Nabi Sulaiman as, yakni menyembah Allah SWT.

2 dari 2 halaman

Doa Nabi Sulaiman untuk Mendapatkan Uang

Doa Nabi Sulaiman untuk Mendapatkan Uang© Unsplash.com

Setelah mengetahui siapa Nabi Sulaiman as beserta mukjizatnya, berikut adalah beberapa bacaan doa Nabi Sulaiman untuk mendapatkan uang yang bisa sahabat Dream amalkan:

Doa Nabi Sulaiman as agar Dianugerahi Harta

Robbighfirlii wa hablii mulkanlla yambaghii li ahadin mim ba’dii, innaka antal wahhaab.

Artinya: “ Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh seorang pun sesudahku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

Doa agar Diberikan Kemudahan

Innahuu min sulaimaana wa innahu bismillaahir rohmaanir rohiim.

Artinya: “ Surat ini dari Sulaiman, isinya ‘Bismillaahir rohmaanir rohiim (Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang).”

Zikir Nabi Sulaiman as

Alhamdulillaahil ladzii fadhdholanaa ‘alaa katsiirim min ‘ibaadihil mu’miniin.

Artinya: “ Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman.”

Doa agar Bersyukur atas Nikmat yang Diberikan Allah SWT

Robbi awzi’nii an asykuro ni’matal lathii an ‘amta ‘alayya wa ‘alaa waalidayya wa an a’mala shoolihan tarhoohuu wa adkhil nii birohmatika fii ‘ibaadikash shoolihin.

Artinya: “ Ya Tuhanku, berilah aku ilhan untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal shaleh yang Engkau ridhoi; dan masukkanlah aku dengan rahmat-MU ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shaleh.”

Itulah penjelasan tentang Nabi Sulaiman as dengan berbagai mukjizatnya. Di mana ia adalah Nabi yang sangat kaya, namun tidak sombong, tetap bertakwa kepada Allah SWT, dan tidak pernah meninggalkan ibadah. Bahkan sahabat Dream bisa mengamalkan doa Nabi Sulaiman untuk mendapatkan uang dalam kehidupan sehari-hari.

Beri Komentar