Mau Dipolisikan FPI Soal Logo Palu Arit, Ini Jawab Sri Mulyani

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 12 Januari 2017 16:22
Mau Dipolisikan FPI Soal Logo Palu Arit, Ini Jawab Sri Mulyani
Front Pembela Islam (FPI) menuding ada logo palu arit di uang kertas rupiah.

Dream – Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab, berencana melaporkan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, dan Gubernur Bank Indonesia, Agus D. W. Martowardojo ke Mabes Polri. Pelaporan ini terkait dugaan adanya lambang palu arit yang muncul di uang rupiah.

Menanggapi rencana pelaporan tersebut, Sri Mulyani pun enggan berkomentar terlalu banyak. Dia hanya mengatakan akan berkoordinasi dengan Bank Indonesia (BI).

“ Kita akan berkoordinasi dengan BI,” kata dia di Jakarta, dilansir dari Merdeka.com, Kamis 12 Januari 2017.

Sekadar informai, dugaan logo palu arit ini sempat menghebohkan dunia maya. Ada yang mengaitkan logo BI yang ada di uang rupiah, terutama uang kertas, sebagai logo Partai Komunis Indonesia (PKI).

Padahal, logo yang dimaksud itu sebenarnya adalah rectoverso dari BI. Gambar saling isii ini merupakan salah satu bagian dari unsur pengaman rupiah. Unsur pengaman ini dicetak dengan teknik khusus sehingga terpecah menjadi dua bagian di sisi depan dan belakang lembaran uang.

Logo ini hanya dilihat utuh kalau diterawang. Rectoverso sendiri sudah digunakan sejak tahun 1990-an sebagai pengaman rupiah. Untuk logo BI sendiri, rectoverso digunakan sejak tahun 2000-an.

“ Unsur pengaman dalam rupiah ini bertujuan agar masyarakat mudah mengenali ciri-ciri keaslian uang sekaligus menghindari pemalsuan,” kata Agus, dilansir dalam situs BI.(Sah)

Beri Komentar