Dua Disiplin Ilmu Ini Bisa Dulang Gaji Besar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 15 April 2016 07:17
Dua Disiplin Ilmu Ini Bisa Dulang Gaji Besar
Kedokteran dan ekonomi menjadi bidang ilmu yang bisa menghasilkan penerimaan yang lebih besar.

Dream - Apabila ingin mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, sebaiknya memilih jurusan kedokteran dan ekonomi. Kedua disiplin ilmu ini bisa menghasilkan pundi uang yang banyak ketika bekerja nanti.

Dilansir dari situs BBC News pada Jumat 15 April 2016, kajian Institute for Fiscal Studies (IFS) di Inggris, menunjukkan, sepuluh tahun setelah wisuda, pria sarjana kedokteran bisa menghasilkan upah sebesar 55 ribu poundsterling per tahun atau Rp1,023 miliar per tahunnya, sedangkan wanita sarjana kedokteran bisa mendulang penghasilan 45 ribu poundsterling atau Rp840,1 juta per tahun.

Ekonomi menjadi dispilin ilmu kedua yang bisa menghasilkan uang terbanyak. IFS mencatat pria sarjana ekonomi bisa mendapat gaji sebesar 42 ribu poundsterling atau Rp784 juta per tahun, sedangkan wanita sarjana ekonomi bisa menghasilkan 38 ribu euro per tahun atau Rp709,42 juta per tahunnya.

Hal ini tidak berlaku bagi jurusan kesenian. Riset yang dilakukan terhadap 260 orang ini mencatat lulusan seni mendapatkan gaji yang paling rendah. Setelah sepuluh tahun lulus, pria lulusan seni mendapatkan gaji 17 ribu poundsterling atau Rp317,37 juta per tahun saat bekerja, sedangkan wanita lulusan seni hanya mendapatkan 14.500 poundsterling atau Rp270,7 juta per tahun.

Salah seorang peneliti, Anna Viognoles, menuturkan pendidikan tinggi memang penting untuk dienyam. " Orang yang berpendidikan tinggi menghasilkan penerimaan yang lebih tingi daripada yang tidak mengenyam pendidikan tinggi," kata Viognoles.

Meskipun demikian, ujar dia, masyarakat pun harus jeli dalam memilih bidang studi di perguruan tinggi. Sebab, disiplin ilmu sangat penting untuk menentukan besaran gaji yang bisa diperoleh saat bekerja.

Beri Komentar