Upaya Kecil Ini Bisa Membawa UMKM Indonesia Go Internasional

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Jumat, 13 Agustus 2021 18:35
Upaya Kecil Ini Bisa Membawa UMKM Indonesia Go Internasional
Kalau bukan kita para warga Indonesia, lalu siapa lagi?

Dream - Banyak jumlah penduduk Indonesia membuat Indonesia menjadi peluang pasar yang menarik bagi investor dalam dan luar negeri. Tidak heran jika produk impor pun gencar berdatangan dengan beragam promosi yang menarik.

Yang lupa disadari masyarakat adalah kebiasaan belanja kita sering kali didasarkan pada merek yang sudah terkenal. Padahal jika Sahabat Dream lebih bijak dan aktif mencari informasi, banyak produk lokal yang kulitasnya ternyata tak kalah dari barang impor bahkan lebih unggul.

Satu kelebihan lainnya adalah barang-barang produk lokal ditawarkan dengan harga lebih bersaing dari barang impor.

Selain soal harga, cara kita mendukung dan mencintai produk dalam negeri akan membawa banyak keuntungan untuk bang sendiri terutama dalam upaya meningkatkan perekonomian nasional.

Bukan tidak mungkin, kita juga bisa membawa produk dalam negeri bersaing di kancah internasional.

Tokopedia

“ Sudah banyak mindset kalau brand luar lebih bagus tapi sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Banyak produk lokal yang layak dengan spesifikasi yang gak kalah saing,” jelas CEO Advan, Chandra Tansri pada konferensi virtual Hari Kebangkitan Teknologi, Tokopedia Gandeng Brand Teknologi Lokal, 10 Agustus 2021.

Tanpa disadari, saat ini sudah banyak produk UMKM yang sudah go internasional dan diterima oleh pasar luar negeri. 

1 dari 2 halaman

Memperluas Lapangan Kerja

Sektor UMKM di Indonesia memang telah memberikan banyak sumbangsih bagi ekonomi nasional. Salah satu yang jelas terlihat adalah keberadaan UMKM yang membuka lapangan pekerjaan dalam jumlah yang besar.

Peluang UMKM untuk go global kini juga semakin terbuka dengan adanya kemajuan teknologi digital seperti pemasaran online dan penjualan melalui e-commerce.

Tokopedia

Produk teknologi lokal Advan salah satunya. Advan berhasil memberdayakan penduduk sekitar sebagai karyawan. Mereka bertugas merakit produk sebelum didistribusikan ke pasaran, baik offline maupun online, termasuk stok produk untuk Advan Official Store di Tokopedia. 

Selain Advan, produk lampu lokal In-Lite LED juga menjadi usaha lokal memberdayakan para masyarakat di 13 kota.

2 dari 2 halaman

Mengajak Para UMKM Go Digital

Tokopedia mengajak para UMKM untuk mengadopsi platform digital melalui Mitra Tokopedia. Hal ini difokuskan untuk para pegiat usaha tradisional, termasuk pemilik warung, toko kelontong dan usaha kecil lainnya. Para pelaku UMKM ini harus mengerti dengan perkembangan digital jika ingin bertahan di masa pandemi.

Tokopedia

“ Mitra Tokopedia telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional hampir 3 tahun, dengan melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia,” ungkap Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo pada konferensi virtual, Hari UMKM, Tokopedia Fokus Digitalisasi Warung.

Para pegiat usaha tradisional dapat mengembangkan usaha bahkan di tengah pandemi melalui sederet fitur di Mitra Tokopedia, antara lain fitur Grosir, fitur Penjualan Produk Digital hingga fitur Catat Hutang, yang dapat membantu pemilik warung mengatur pembukuan secara digital.

Para pegiat usaha tradisional dapat mengembangkan usaha bahkan di tengah pandemi melalui sederet fitur di Mitra Tokopedia, antara lain fitur Grosir, fitur Penjualan Produk Digital hingga fitur Catat Hutang, yang dapat membantu pemilik warung mengatur pembukuan secara digital.
 
“ Mitra Tokopedia juga baru saja meluncurkan fitur Pembayaran Penerimaan Negara, yang memungkinkan masyarakat bisa membayar pajak dan penerimaan negara, mulai dari PBB, SBN, Pajak Online, Bea Cukai, PNBP dan masih banyak lainnya, langsung lewat warung,” tambah Karina.

Beri Komentar