Dulu Cuma Punya Rp144 Ribu, Berkat NFT Wanita Ini Raup Untung Hingga Rp1,5 Miliar

Reporter : Alfi Salima Puteri
Senin, 7 Februari 2022 10:16
Dulu Cuma Punya Rp144 Ribu, Berkat NFT Wanita Ini Raup Untung Hingga Rp1,5 Miliar
Ia berhasil menjual hasil jepretannya dalam bentuk NFT dan dalam waktu singkat ia berhasil mendapatkan Rp1,5 miliar.

Dream - Wanita bernama Brittany Pierre tengah menjadi sorotan publik. Sebabnya, ia bisa lepas dari jerat kemiskinan berkat menjual hasil karya fotografinya dalam bentuk non fungible token (NFT).

Dilansir dari CNBC, Senin 7 Februari 2022, Brittany mampu meraup untung hingga US$109 ribu atau sekitar Rp1,5 miliar dari hasil penjualan NFT-nya tersebut.

Awalnya, Brittany sangat kesulitan ketika ingin membeli bahan makanan, tiket bus, hingga membayar sewa apartemennya. Kondisi itu sempat membuat wanita yang tinggal di Chicago ini cukup depresi.

Lalu, apada Maret 2021 ia mulai belajar tentang NFT. Seorang temannya yang adalah seniman, berhasil menjual karyanya lebih dari US$17 ribu sebagai NFT sehingga menginspirasi Brittany untuk melakukan hal yang sama.

Brittany mengungkapkan bahwa ia hanya belajar tentang NFT secara otodidak melalui YouTube dan Google. Sebulan kemudian, ia mulai menjual NFT pertamanya. Ternyata tak butuh waktu lama, setiap fotonya bisa terjual sampai ratusan dolar. Hasil ini ternayata lebih banyak dari saat dia menjual fotonya secara fisik.

1 dari 2 halaman

Seiring dengan pendapatannya yang bertambah, kini Brittany tidak hanya mampu membayar tagihannya, tapi juga bisa berdonasi ke seniman lain yang membutuhkan bantuan.

Total, uang yang dihasilkannya dari menjual NFT sebanyak US$109 ribu atau sekitar Rp1,5 miliar. Pada awal menjual NFT, dia banyak dibantu oleh para rekannya termasuk untuk membayar semacam biaya administrasi.

Dulu Cuma Punya Rp144 Ribu, Berkat NFT Wanita Ini Raup Untung Hingga Rp1,5 Miliar© MEN

Pada saat itu, dirinya hanya memiliki US$10  atau sekitar Rp144 ribu di rekening bank, sementara fee untuk menjual NFT adalah sekitar USD US$250.

Karya fotografinya sendiri kebanyakan adalah street photography dan portait yang menampilkan para wanita kulit hitam. Alasannya, Brittany memang ingin menonjolkan wanita kulit hitam, karena jika seseorang mengetik wanita cantik di kolom pencarian Google, maka yang muncul hanyalah wanita kulit putih.

2 dari 2 halaman

Pada saat ini, Brittany mengaku menjual karya NFT sebagai pekerjaan full time. Ia tidak bekerja lagi sebagai fotografer sewaan setiap hari. Brittany merasa kebutuhannya sudah tercukupi dengan cara ini.

Selain dapat memenuhi kebutuhan pokoknya, Brittany juga sudah bisa membeli perangkat fotografi yang lebih baik berkat hasil penjualan NFT. Saat ini, ia sedang berusaha menabung untuk membeli tempat tinggal sendiri dan mobil Tesla idamannya.

Beri Komentar