Pengurus Baru MES Dihuni 3 Menteri, Begini Harapan Wapres Ma’ruf Amin

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 23 Maret 2021 09:34
Pengurus Baru MES Dihuni 3 Menteri, Begini Harapan Wapres Ma’ruf Amin
Dia menginginkan ekonomi syariah bisa begini.

Dream – Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, berpesan agar pengurus baru Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) bisa konsisten mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia. Harapan itu disampaikan Wapres usai melantik Ketua Umum MES Erick Thohir beserta para pengurus masa jabaran 2021-2024.  

“ Diharapkan MES bisa konsisten mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia, serta harus bisa dirasakan umat dengan lebih luwes dan menyentuh secara langsung,” ujar dia, Senin 22 Maret 2021.

Dia mengatakan MES harus menjadi motor penggerak, dalam pengembangan usaha terutama mikro dan kecil, termasuk usaha keuangan agar didorong menjadi rantai halal industri global. MES juga harus merintis kemitraan antara usaha mikro dan kecil dengan usaha besar serta usaha besar bisa memberikan pembinaan terhadap usaha kecil.

Hubungan timbal balik ini menggunakan prinsip saling membutuhkan, menguntungkan, dan menguatkan.

“ (MES) harus berperan mendorong dalam pembangunan pusat-pusat inkubasi, dalam rangka penyesuaian, tumbuh dan berkembangnya para pengusaha dari berbagai tingkatan,” kata dia.

Ma’ruf juga menginginkan pembangunan syariah business center bisa didorong dan didukung dengan infrasruktur digital.

“ Pengurus MES pusat diharapkan melibatkan MES wilayah dan daerah agar akselerasi pembangunan ekonomi syariah berjalan masif,” kata dia.

MES diberbagai wilayah dan daerah juga, diharapkan aktif menjalin komunikasi dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan setempat.

1 dari 3 halaman

Susunan Lengkap Badan Pengurus Harian Pengurus Pusat MES Periode 2021-2023

Sekadar informasi, pelantikan susunan pengurus pusat MES ini telah selesai. Sumpah jabatan dibacakan langsung oleh Ma’ruf Amin, sekaligus mengucapkan selamat kepada para pengurus yang baru.

Berikut ini adalah susunan lengkapnya, dikutip dari Liputan6.com.

Susunan Pengurus

Ketua Umum: Erick Thohir
Wakil Ketua Umum I: Teten Masduki
Wakil Ketua Umum II: Muhammad Lutfi
Wakil Ketua Umum III: Bahlil Lahadalia
Sekretaris Jenderal: Iggi H Achsien
Bendahara Umum: Hery Gunardi

Dewan Pembina Pengurus Pusat MES

Ketua: Ma'ruf Amin
Wakil Ketua: Puan Maharani, Bambang Soesatyo, Miftachul Akhyar, Agung Firman Sampurna, Muliaman

Dewan Pakar Pengurus Pusat MES

Ketua: Perry Warjiyo
Wakil Ketua: Wimboh Santoso, Ahmad Erani Yustika, Purbaya Yudhi Sadewa, Hasannudin, Agus Joko Pramono, Arif Budhimantan

Dewan Penggerak Pengurus Pusat MES

Ketua: Mohammad Mahfud MD
Wakil Ketua: Sofyan Djalil, Retno Marsudi, Agus Gumiwang Kartasasmita, Abdul Halim Iskandar, Sandiaga Salahuddin Uno, Yaqut Cholil Qoumas

Dewan Penyantun Pengurus Pusat MES

Ketua: Arsjad Rasjid
Wakil Ketua: Rachmat Mulyana Hamami, Martin Basuki Hartono, Rosan Perkasa Roeslani.

 


(Laporan: Radhika Nada)

2 dari 3 halaman

Erick Thohir Siap Jadikan MES Wadah Ekosistem Ekonomi Syariah

Dream – Erick Thohir baru saja dilantik sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Erick siap menjadikan MES sebagai wadah ekosistem ekonomi syariah bagi semua pemangku kepentingan.

“ Kita ingin mendorong terbentuknya ekosistem ekonomi syariah yang efektif sehingga tidak perlu terjadi lagi yang namanya dikotomi sektor keuangan dan perbankan syariah dengan sektor riil,” kata Erick dikutip dari keterangan tertulisnya, Senin 22 Maret 2021.

 

© Dream

 

Pengurus MES, kata Erick, siap menjalankan arahan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang berharap segera menyusun rencana program kerja yang efektif, solutif, dan berdampak besar. Sektor keuangan dan perbankan syariah memiliki daya tahan dalam menghadapi situasi krisis. Dia menilai sektor itu wajib hadir mengingat Indonesia merupakan negara yang berpenduduk Muslim terbanyak di dunia.

“ Kita berkaca dari situasi krisis sebelumnya, terbukti sektor ekonomi syariah memiliki kekuatan besar dalam menghadapi krisis tersebut,” kata dia.

3 dari 3 halaman

MES Diharapkan Jadi Jembatan

Erick berharap MES dapat menjadi jembatan bagi seluruh pemangku kepentingan ekonomi syariah, khususnya antara regulator seperti Bank Indonesia, OJK, LPS, dan KNEKS dengan lembaga pemerintah dan lembaga lainnya.

Tak hanya itu, ucap Erick, MES juga bisa bersinergi dengan BUMN dalam mendorong perkembangan industri syariah atau halal, seperti makanan, minuman, fashion, obat-obatan dan kosmetik, media, kesehatan, serta pariwisata.

“ Seperti yang disampaikan Pak Wapres, MES harus bisa hadir dan menberikan solusi atas berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. MES juga harus mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki bangsa,” kata dia.

Beri Komentar