Erick Thohir Tergelitik Ada Cucu Usaha Bernama PT Garuda Tauberes Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 13 Desember 2019 15:24
Erick Thohir Tergelitik Ada Cucu Usaha Bernama PT Garuda Tauberes Indonesia
Perusahaan ini merupakan cucu usaha dari PT Garuda Indonesia Tbk dengan komisaris utamanya bekas direktur utama yang dicopot, Ari Ashkara.

Dream - Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir, terkejut saat mengetahui PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (Persero) mempunyai “ cucu perusahaan” bernama PT Garuda Tauberes Indonesia (GTI). Erick mengaku belum tahu bidang yang diurus oleh cucu usaha tersebut.

Diketahui mantan Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara menjadi komisaris utama di PT Garuda Tauberes Indonesia.

" Yang menarik kalau di situ mohon maaf buat saya sih menggelitik, ada cucu perusahaan Garuda yang namanya Garuda Tauberes Indonesia. Tidak tahu bidang apa. Bayangkan ada itu," kata dia sembari tertawa di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Jumat 13 Desember 2019.

Menurut Erick, kementeriannya masih akan mempelajari cucu perusahaan Garuda Indonesia tersebut. Jika kinerjanya dinilai tak bagus, Menteri BUMN bisa meminta untuk mengevaluasi Garuda Tauberes Indonesia.

“ Saya akan mengeluarkan Keputusan Menteri untuk anak buah, cucu perusahaan harus dapat review. Jangan sampai menggerogoti perusahaan yang sehat,” kata dia.

1 dari 6 halaman

Apa Itu Garuda Tauberes Indonesia?

Berdasarkan informasi yang dihimpun, PT Garuda Tauberes Indonesia merupakan cucu usaha Garuda Indonesia yang bergerak di bidang layanan logistik kargo udara. Salah satu layanan yang diberikan perusahaan ini adalah aplikasi digital Tauberes yang menghubungkan layanan kargo udara dengan pelanggan.

Menurut laman resmi, alamat Garuda Tauberes Indonesia berada di Jalan Gunung Sahari Raya No. 52 Jakarta. Perusahaan ini juga menjalin kerja sama dengan perusahaan logistik lain untuk meningkatkan pelayanan jasa pengiriman kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, aplikasi Tauberes ini ke depannya dapat menghubungkan penggemar kuliner nusantara dengan penyedia makanan favorit di daerah, serta menunjang jaringan distribusi sektor UMKM nasional.

2 dari 6 halaman

Respons Warganet

Kabar adanya nama perusahaan dengan nama menggelitik itu menjadi perbincangan di laman sosial media Twitter. Warganet terpingkal-pingkal dengan nama bisnis cucu Garuda Indonesia yang satu ini.

“ Keren namanya. PT Garuda Tauberes Indonesia. Untung nggak namanya PT Garuda Taubulet Indonesia. Bisa digoreng dadakan, nih,” cuit @yadi_anex1908.

“ PT Garuda Tauberes Indonesia huahahahhahahaha kukira cuman hoax. Gada yg namanya PT Garuda Rebahanaja Indonesia nih?” cuit @raniarahma99.

“ Ebuset TauBeres! Bijimane ceritanya? Kenapa gak sekalian bikin perusahaan namanya Garuda ApaAjaLoMauGueAda Indonesia?” cuit @Ridyans.

“ PT Garuda Tauberes Indonesia. Mungkin namanya lucu karena biar nggak kaku kali ya. Tapi emang lucu. Btw ini cucu perusahaan Garuda yang bergerak di logistik. Macem JNE TNT sepertinya,” cuit @diqidiw.

Hingga siang ini, tagar Garuda Tauberes Indonesia tengah menjadi salah satu topik populer yang diperbincangkan peselancar Twitter. Beragam komentar sampai usul nama baru anak perusahaan Garuda dibuat oleh netizen.(sah)

3 dari 6 halaman

Momen Saat Peluncuran Garuda Tauberes Indonesia

Dream – PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) merilis lini usaha layanan logistik kargo udara terbaru. Namanya, PT Tauberes Indonesia (GTI).

Layanan ini merupakan platform e-commerce yang menyediakan jasa pemesanan logistik, baik kurir, kargo udara, maupun pembayaran yang dikembangkan oleh GTI.

“ Perkembangan pesat industri e-commerce di Indonesia saat ini menjadikan sektor layanan logistik memiliki peran penting dalam menjembatani market e-commerece dengan masyarakat,” kata Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha Garuda Indonesia, Mohammad Iqbal, di Jakarta, Rabu 11 September 2019.

Kehadiran Tauberes ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Garuda Indonesia Group dalam menyediakan inovasi layanan digital yang bisa menjawab kebutuhan pengiriman yang cepat, tepat, dan efisien.

4 dari 6 halaman

Fasilitas yang Disediakan Garuda Tauberes Indonesia

Direktur Utama Garuda, Albert Burhan, mengatakan aplikasi ini dilengkapi dengan fitur tracking antar pulau. Fitur ini juga terkoneksi dengan layanan penerbangan.

“ Platform Tauberes akan memudahkan customer untuk memonitor pergerakan paket secara real time,” kata Albert.

Selain tracking, platform ini juga menawarkan fitur menarik lainnya. Pengguna bisa menarik kembali uang yang dikeluarkan jika paket tidak datang tepat waktu.

Melalui aplikasi Tauberes para pengguna dapat memilih penyedia jasa pengiriman barang yang telah bekerja sama dengan Tauberes. Misalnya, J&T Express, Lion Parcel, Aero Express, SAP dan Si Cepat.

Biaya kargo sekitar Rp13 ribu—Rp40 ribu. Metode pembayaran bisa dilakukan melalui LinkAja atau tunai.

Saat ini, aplikasi Tauberes tersedia di mobile device iOS dan Android.


(ism, Laporan: Vika Novianti Umar)

5 dari 6 halaman

Ari Askhara Cs Didepak dari Kursi Komisaris Anak dan Cucu Usaha Garuda

Dream - Jajaran komisaris PT Garuda Indonesia Airlines Tbk (Persero) kembali mengeluarkan surat pemberhentian I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) di berbagai posisi di “ anak dan cucu” Garuda.

Instruksi ini tercantum dalam Surat Dewan Komisaris Garuda Indonesia Nomor Garuda/DEKOM-102/2019 yang ditujukan kepada direksi pada 9 Desember 2019.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga ketika dikonfirmasi, membenarkan hal itu. " Iya benar (Surat Dewan komisaris)," kata Arya kepada Liputan6.com, dikutip pada Jumat 13 Desember 2019.

Arya mengatakan pencopotan Ari Askhara di komisaris berbagai anak dan cucu usaha Garuda Indonesia tersebut sebagai konsekuensi kasus penyelundupan Harley Davidson oleh dirinya.

" Sudah pasti (Karena kasus penyelundupan Harley)," kata dia.

Dalam surat tersebut, dinyatakan Ari Askhara sebelumnya menjabat d enam perusahaan. Semuanya sebagai Komisaris Utama.

Tak hanya Ari Askhara, sejumlah direksi lainnya juga menjabat sebagai komisaris di beberapa anak dan cucu usaha Garuda Indonesia.

6 dari 6 halaman

Daftar Direksi yang Didepak dan Nama Perusahaan

Berikut daftar posisi komisaris beberapa direksi Garuda Indonesia yang diberhentikan Dewan Komisaris:

1. Ari Askhara (eks Direktur Utama)

Komisaris Utama PT GMF AeroAsia (anak)

Komisaris Utama PT Citilink Indonesia (anak)

Komisaris Utama PT Aerofood Indonesia (cucu)

Komisaris Utama PT Garuda Energi Logistik & Komersil (cucu)

Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Air Charter (cucu)

Komisaris Utama PT Garuda Tauberes Indonesia (cucu)

2. Bambang Adisurya Angkasa (eks Direktur Operasi)

Komisaris PT Gapura Angkasa (anak)

Komisaris Utama PT Sabre Travel Network Indonesia (anak)

Komisaris PT Aero Globe Indonesia (cucu)

Komisaris PT Aerotrans Service Indonesia (cucu)

3. Mohammad Iqbal (eks Direktur Kargo dan Pengembangan Usaha)

Komisaris Utama PT Gapura Angkasa (anak)

Komisaris PT Aerojasa Perkasa (cucu)

Komisaris Aerojasa Cargo (cucu)

Komisaris PT Citra Lintas Angkasa (cicit)

Komisaris Garuda Tauberes Indonesia (cucu)

4. Iwan Joeniarto (eks Direktur Teknik dan Layanan)

Komisaris Utama PT Aerosystem Indonesia (anak)

Komisaris PT Aero Wisata (anak)

Komisaris PT Aerofood Indonesia (cucu)

Komisaris PT Garuda Energi Logistik & Komersil (cucu)

Komisaris Utama PT Garuda Daya Pratama Sejahtera (cucu)

Komisaris PT Garuda Indonesia Terapan Cakrawala Indonesia (cucu)

5. Heri Akhyar (eks Direktur Human Capital)

Komisaris PT Aerofood Indonesia (cucu)

Komisaris Utama PT Aeroglobe Indonesia (cucu)

Komisaris Utama GIH Indonesia (cucu)

Komisaris PT GOH Korea (cucu)

Commissioner of Strategic Function PT GOH Jepang (cucu)

Komisaris PT Garuda Indonesia Air Charter (cucu)

Komisaris PT Garuda Daya Pratama Sejahtera (cucu)

Komisaris Utama PT Garuda Indonesia Terapan Cakrawala Indonesia (cucu)


(Sumber: Liputan6.com/Ilyas Istianur Praditya)

Beri Komentar
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup