Bayar Utang Atau Menabung Dulu? Baca Ini

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 18 Juni 2018 08:01
Bayar Utang Atau Menabung Dulu? Baca Ini
Tak sedikit orang bimbang untuk memilih menabung atau investasi.

Dream – Sebagian besar orang dihadapkan dengan dilema, apakah mereka harus menabung terlebih dahulu atau membayar utang. Sayangnya tak ada jawaban yang cocok untuk menjawab pertanyaan itu.

Melihat masalah ini dari perspektif matematis murni, kamu akan kehilangan uang jika total marjin yang dihasilkan dari tabungan dan investasi lebih rendah daripada utang kamu.

Jadi, apakah logika cukup untuk membantumu memutskan apa yang harus dilakukan: bayar utang terlebih dahulu atau menabung?

Dilansir dari Khaleej Times, Senin 18 Juni 2018, Souqmal.com memberikan empat strategi untuk empat masalah.

Masalah yang pertama ketika kamu memiliki utang. Jika memiliki utang dengan bunga yang tinggi, lebih baik fokuskan energi dan sumber daya keuangan untuk membayar utang.

Idenya adalah menghentikan bunga yang “ berkembang biak” sehingga bisa membuatmu boros. Semakin lama menunggak utang, semakin besar pula peluang kamu untuk “ kalah”.

 Hijab

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Yang kedua, belum punya dana darurat. Ketika belum memiliki anggaran dana darurat, kamu sebaiknya lebih fokus untuk membangun dana darurat. Banyak orang mengabaikan pentingnya dana darurat.

Padahal, anggaran ini bisa melindungimu dari krisis keuangan yang sewaktu-waktu terjadi, seperti kehilangan pekerjaan atau sakit parah sehingga membuatmu harus mengeluarkan banyak uang.

Ketiga, menyeimbangkan anggaran. Kamu bisa menyeimbangkan anggaran antara melunasi utang dan menghemat uang. Ini adalah ide yang baik untuk bekerja dengan anggaran. Kamu bisa megnalokasikan sebagian penghasilan untuk membayar utang serta sebagian lagi untuk menabung dan investasi.

Keempat, ingin tujuan jangka panjang tercapai. Ada banyak tujuan saat menabung jangka panjang, seperti biaya pendidikan anak dan pensiun. Kalau ini menjadi fokus utama, uang yang dihasilkan harus bisa bekerja optimal agar tujuan finansial bisa tercapai. Dengan kata lain, investasi menjadi fokus jika ingin tujuan finansial jangka panjang terwujud. Selamat mencoba! (ism) 

Beri Komentar
Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis