Grab Jadi Decacorn, Punya Valuasi Lebih dari US$ 10 Miliar

Reporter : Dwi Ratih
Jumat, 1 Maret 2019 11:43
Grab Jadi Decacorn, Punya Valuasi Lebih dari US$ 10 Miliar
Grab berhasil mengumpulkan valuasi yang terbesar yakni lebih dari US$ 10 miliar.

Dream - Istilah decacorn baru-baru ini mencuat dan banyak dibicarakan warganet. Pasalnya, Grab menjadi decacorn pertama dan saat ini satu-satunya di Asia Tenggara. Jika kemarin di Indonesia sempat viral tentang istilah unicorn, decacorn punya level 10 kali lipat lebih tinggi.

Decacorn merupakan istilah yang ada dalam dunia startup. Sebutan ini diberikan kepada startup yang memiliki valuasi lebih dari US$ 10 miliar. Tentu saja predikat ini enggak sembarangan diberikan pada sebuah perusahaan. Pasalnya, dari 300 unicorn yang ada di dunia, hanya 20 startup yang berhasil naik level menjadi decacorn.

Grab sudah berstatus decacorn tertuang dalam riset Google Temasek bertajuk e-Conomy SEA 2018 yang dipublikasikan 19 November 2018. Dalam laporan tersebut dipaparkan jika kini Asia Tenggara memiliki sembilan unicorn.

Grab berhasil mengumpulkan valuasi yang terbesar yakni lebih dari US$ 10 miliar. Sejak didirikan tahun 2012 sebagai transportasi online GrabTaxi, Grab telah berinovasi yang kini menjadikannya Everyday SuperApp yang melengkapi gaya hidup masyarakat sekarang.

Hadir di delapan negara dan 336 kota yang ada di seluruh Asia Tenggara, Grab setia menemani setiap perjalanan. Bahkan, telah mencatat 3 miliar perjalanan pada Minggu, 20 Januari 2019 lalu.

Saat mencatat 3 miliar perjalanan, terdapat 61 perjalanan yang terjadi pada waktu yang sama, di 21 kota dan 6 negara. Perjalanan paling pendek ditempuh sejauh 368 meter saat hujan turun lebat di Cirebon dan perjalanan terjauh ditempuh sejauh 26,5 kilometer di Jakarta.

Grab adalah decacorn (super unicorn) yang menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile dan hiburan digital. Super App terkemuka di Asia Tenggara ini memiliki filosofi untuk menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik.

Beri Komentar