Indonesia Penguasa Bisnis Halal Dunia, tapi...

Reporter : Ahmad Baiquni
Sabtu, 16 Desember 2017 08:02
Indonesia Penguasa Bisnis Halal Dunia, tapi...
Dari sektor makanan sampai keuangan, Indonesia masuk 10 besar penguasa dunia.

Dream – Indonesia menduduki tingkat tertinggi di pasar halal dunia. Capaian ini disebabkan besarnya populasi Muslim di Indonesia.

Presiden Direktur Karim Consulting Indonesia, Adiwarman A Karim, menyebutkan beberapa sektor yang menempatkan Indonesia sebagai pasar unggulan yaitu makanan halal. 

" Sektor makanan halal, Indonesia menduduki peringkat pertama disusul Turki dan Pakistan," ujar Karim, dalam pelatihan jurnalistik CIMB Niaga Syariah di Bogor, Jawa Barat, Jumat, 15 Desember 2017.

Di sektor halal lain seperti obat, kosmetik, fashion, keuangan syariah, Indonesia juga masuk dalam 10 besar. Bahkan, kata Karim, Indonesia merupakan kiblat fashion Muslim dunia.

" Sayangnya, pasar besar ini tidak diikuti oleh pemain besar," tutur Karim.

Akibatnya, Indonesia kini tengah dilirik oleh para pemain industri halal dunia. Karim melanjutkan para pemain dunia pun mau mengubah praktik bisnisnya sesuai ketentuan halal yang ditetapkan di Indonesia.

" Ini bukan lagi soal halal-haram, tapi uang. Produsen mau mengikuti aturan halal-haram karena ada uang yang besar di baliknya," ucap dia.

(Sah)

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair