Inikah Bank Syariah Paling Diidamkan Alumni Universitas Islam?

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an
Kamis, 26 Januari 2017 09:44
Inikah Bank Syariah Paling Diidamkan Alumni Universitas Islam?
Bank syariah ini menerima sekitar 400 alumni universitas islam.

Dream - Perkembangan industri keuangan syariah yang pesat membuat para pencari kerja, khususnya dengan latar belakang pendidikan syariah, menjadikan bank syariah sebagai salah satu tempat berkarir. Keinginan ini sesuai dengan kebutuhan bank yang memang membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keahlian di bidang keuangan syariah.

Direktur Utama PT Bank Syariah Mandiri, Agus Sudiarto mengungkapkan, perusahaan selama ini menjadi salah satu incaran para alumni Universitas Islam Negeri, terutama dari jurusan ekonomi Islam atau syariah Islam, untuk menutu karir.

Hingga saat ini, BSM telah menerima sekitar 400-an alumni UIN seluruh Indonesia. Mereka bekerja di berbagai posisi termasuk kepala cabang.

" Dengan bersinergi, bank bisa memperoleh sumber daya potensial, sementara UIN juga bisa mendidik mahasiswa sesuai kompetensi yang dibutuhkan industri," ungkap Agus saat ditemui jelang pelaksanaan Konferensi Universitas Islam Internasional Indonesia, di Yogyakarta.

Menurut Agus, kalangan perbankan syariah memang membutuhkan SDM yang mampu memahami aspek kesyariahan. Kemampuan tersebut biasanya dapat dikembangkan di universitas Islam.

Selain soal pendidikan, bank syariah selama ini juga bisa membantu pihak univesitas dalam mengelola keuangannya. BSM setidaknya memiliki layanan perbankan syariah seperti cash management system, BSM Payment Institution untuk pengelolaan biaya kuliah mahasiswa, pembiayaan infrastruktur untuk kampus dan pembiayaan ritel untuk pegawai di lingkungan perguruan tinggi.

Terkait pemilihan konferensi UII di Yogyakarta, Agus menjelaskan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga merupakan salah satu universitas islam tertua di Indonesia. Selain itu, Yogyakarta juga merupakan kota yang peduli dengan pendidikan sejak jaman kemerdekaan.

(Sah)

Beri Komentar