Dulu Sopir Angkot, Anak Petani Ini Sekarang Jadi Sultan Properti Beromzet Miliaran Rupiah

Reporter : Ulyaeni Maulida
Rabu, 27 Oktober 2021 16:34
Dulu Sopir Angkot, Anak Petani Ini Sekarang Jadi Sultan Properti Beromzet Miliaran Rupiah
Pantang menyerah adalah hal yang selalu ia pegang teguh.

Dream – Hidup butuh perjuangan. Banyak orang harus merangkak dari bawah untuk mencapai kesuksesan. Mereka berangkat dari nol untuk menjadi orang tajir melintir alias 'sultan'.

Salah satunya kisah seorang mantan sopir angkot yang kini sukses menjadi pengusaha properti berikut ini. Dia harus melewati jalan berliku dan terjal. Kesuksesannya tidak diraih semudah membalikkan telapak tangan.

Setelah sukses, kini dia dijuluki sebagai sultan properti dengan hasil puluhan miliar rupiah.

Seperti apa kisah selengkapnya? Simak ulasannya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Mandiri sejak kecil

Kisah Inspiratif© Foto: Youtube/Helmy Yahya Bicara

Kisah inspiratif ini datang dari Ayi Sulaiman yang diunggah dalam kanal Youtube Helmi Yahya Bicara. Pernah bekerja sebagai sopir angkot, siapa yang menyangka jika kini kehidupan Ayi Sulaiman berubah drastis.

Berkat kerja kerasnya selama ini, ia mampu memiliki bisnis dibidang properti. Bahkan berkat kesuksesannya itu, ia sampai dijuluki sebagai ‘Sultan Properti’

2 dari 4 halaman

Hadapi krisis

Namun, semua itu tak ia dapatkan dengan mudah. Ayi dulunya hidup sederhana. Ia lahir dari seorang petani dengan kesebelas saudaranya.

Sejak kecil, Ayi sudah terlatih untuk hidup mandiri. Ia pun mulai bekerja ditempat sang paman sejak lulus SD. Hal ini pun terus ia lakoni hingga Ayi berganti profesi menjadi sopir angkot dengan rute Majalaya-Cicalengka.

Sedikit demi sedikit, Ayi mulai mengumpulkan modal untuk membeli kios. Ia pun berhasil dan mulai berjualan. Berkat keseriusannya, Ayi akhirnya bisa memiliki enam kios lain. Disanalah Ayi berjualan mulai dari plastik, alat-alat kue, bahan pokok, grosir, dan lain sebagainya.

Kisah Inspiratif© Foto: Youtube/Helmy Yahya Bicara

Namun, pada tahun 1997, usaha Ayi harus menghadapi krisis. Ia terpaksa menjula seluruh hartanya untuk membayar hutang bank.

3 dari 4 halaman

Bengkel

Meski begitu Ayi tak pernah patah semangat. Di tengah perjalanan hidupnya, ia dipertemukan dengan teman lamanya. Saat itu, Ayi pun diberi kepercayaan untuk bekerja di bengkel milik kawannya tersebut.

Ayi pun tak menyia-nyiakan kesempatan. Alhasil dalam dua tahun ia berhasil mendapatkan untung dan mampu mengembalikan modal yang diberikan oleh temannya itu.

Ia pun mulai membuka bisnis dibidang lain seperti elektronik dan motor bekas.

" Saya punya 8 showroom pak yang ini (barang elektronik), saya agen Panasonic terbesar di Bandung Timur, jadi Panasonic barangnya saya ambil, saya kreditkan lagi ke konsumen. Nah itu showroomnya sampai 8,"  ungkap Ayi.

Kisah Inspiratif© Foto: Youtube/Helmy Yahya Bicara

4 dari 4 halaman

Ditipu

Namun, ujian kembali dihadapi Ayi. Ia tertipu bahkan harus menanggung hutang hingga lima miliar rupiah. Ia pun terpaksa menjual seluruh aset yang dimilikinya saat itu.

Tak ingin menyerah, Ayi kembali berjuang dengan sisa-sisa uang miliknya. Ia pun mencoba menjajal bisnis properti. Ia pun terus berusaha melakukan survei perumahan baru untuk belajar mengelola bisnis properti.

Semenjak itu, Ayi semakin tertarik dengan bisnis properti hingga saat ini. Ia bahkan sudah membangun properti yang kini menjadi perumahan elite di Cicalengka. Berkat bisnisnya tersebut, Ayi pun bisa mendapatkan keuntungan hingga miliaran rupiah.

Beri Komentar