Investasi Syariah, BEI: `Tinggal Masalah Niat Saja`

Reporter : Ratih Wulan
Rabu, 30 Maret 2016 15:02
Investasi Syariah, BEI: `Tinggal Masalah Niat Saja`
Otoritas bursa saham memastikan seluruh perangkat untuk mengembangkan sektor pasar modal syariah sudah disiapkan. Dari hulu sampai hilir.

Dream - Otoritas Bursa Efek Indonesia (BEI) memastikan seluruh perangkat penunjang perkembangan pasar modal syariah telah disiapkan dari hulu sampai hilir. Kini tinggal masalah niat saja untuk membuat industri ini semakin menarik.

Pernyataan tersebut disampaikan Direktur Pengembangan BEI, Nicy Hogan dalam Festival Pasar Modal Syariah 2016 di Gedung BEI, Jakarta, Rabu, 30 Maret 2016. " Tinggal masalah niat saja."

Menurut Nicky, dari 528 emiten di BEI, sebanyak 318 diantaranya sudah menyandang status saham syariah. Jumlah itu lebih dari separuh penghuni pasar modal Indonesia.

Bahkan Nicky yakin, lebih dari 10-30 persen saham syariah tersebut sudah banyak dikenal pelaku pasar.

Investor yang menjadikan saham syariah sebagai portofolio investasinya juga terus meningkat. Hingga tahun 2015, tercatat pertumbuhan investor saham syariah sudah mencapai 75 persen dibandingkan posisi 2014.

Dengan perkembangan yang ada, Nicky yakin jumlah investor pasar modal syariah bakal meningkat lebih banyak. Otoritas bursa bahkan sudah mematok target pertumbuhan investor baru sebanyak 5.000 pemodal. " Sejauh ini kita optimistis," tegasnya.

Sebagai informasi, untuk meningkatkan jumlah nasabah di instrumen investasi syariah, otoritas bursa mulai hari ini hingga Sabtu, 2 April 2016 menggelar Festival Pasar Modal Syariah 2016. Acara ini diikuti oleh perusahaan manajemen investasi serta menghadirkan sejumlah pesohor  seperti selebritis, desainer, dan CEO perusahaan hijab yang telah sukses berinvestasi. 

 

Beri Komentar