Jadi Pedagang yang Sukses, Ini Rahasia Bisnis Siti Khadijah RA

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 22 Januari 2021 12:12
Jadi Pedagang yang Sukses, Ini Rahasia Bisnis Siti Khadijah RA
Istri pertama Nabi Muhammad SAW merupakan seorang pedagang yang ulung.

Dream – Sahabat Dream, dalam agama Islam, kita tahu sosok wanita yang bernama Khadijah binti Khuwailid. Ya, Siti Khadijah adalah istri pertama Nabi Muhammad SAW.

Sama seperti Rasulullah SAW, Khadijah merupakan seorang wanita yang bekerja sebagai pedagang.

Sebelum menikah dengan Rasulullah SAW, Khadijah merupakan seorang janda yang kaya-raya. Dia juga merupakan pedagang yang sukses.

Lalu, apa tips sukses berbisnis ala Khadijah RA?

Dikutip dari akun Instagram BNI Syariah, @bni.syariah, Jumat 21 Januari 2021, ada tiga tips sukses berdagang dari Khadijah. Pertama, memiliki modal dan kecakapan dalam mengelolanya. Meskipun Khadijah mendapatkan modal dari ayahnya, kepiawaian berdagang menjadi kunci sukses dalam mengelola bisnis dan modalnya. Ia juga mengelola bisnis yang didasari kejujuran, amanah, dan akhlak yang mulia.

1 dari 4 halaman

Sedekah Menjadi Kunci

Kedua, gemar bersedekah. Sejak kecil, dia dididik untuk selalu berbagi. Makanya, tak heran Khadijah memiliki jiwa sosial yang tinggi. Terlebih, Islam mengajarkan umatnya untuk bersedekah. Bersedekah tidak akan mengurangi harta, justru yang ada sedekah melipatgandakannya.

Ketiga, mampu melihat peluang. Khadijah mampu membaca peluang agar harta beliau bisa dimanfaatkan secara produktif. Selain itu, beliau juga mampu membaca potensi pasar di sekitar.

Mekkah pada waktu itu merupakan lokasi yang sangat strategis untuk dijadikan tempat perdagangan dan iklim usaha yang kondusif. Kemampuan beliau inilah menjadi salah faktor pendukung larisnya barang dagangan Khadijah.

 

Kiat sukes bisnis Siti Khadijah RA.© Akun Instagram @bni.syariah

© Dream
2 dari 4 halaman

Tips Mempertahankan Bisnis Travel Saat Pandemi Covid-19

Dream - Walaupun seluruh dunia dilanda pandemi Covid-19, liburan akhir tahun tetap dilakukan oleh sebagian orang.

Seluruh tempat wisata diharapkan bisa mempermudah pelaksanaan protokol kesehatan di dalam maupun luar ruangan.

Tempat wisata maupun perjalanan yang mempermudah pelaksanaan protokol kesehatan akan membuat wisatawan lebih nyaman dan aman.

© Dream

3 dari 4 halaman

Menjaga kebersihan di tempat wisata

Menerapkan Protokol Kesehatan© Shutterstock.com

Cara yang paling utama untuk mempermudah pelaksanaan protokol kesehatan adalah menyediakan tempat cuci tangan dan hand sanitizer.

" Usahakan untuk menghindari kerumunan atau ruangan. Paling tidak dibatasi 20 atau 30 orang dalam ruangan, tergantung besarnya. Lebih baik ruangannya terbuka," ujar Ivan Adrian, Dokter & Pengusaha dalam konferensi pers 'Menerapkan Protokol Kesehatan Menjelang Liburan Akhir Tahun' di kanal Youtube BNPB Indonesia, Selasa kemarin.

Bersihkan tempat wisata menggunakan disinfektan secara berkala akan membuat pengunjung merasa lebih aman.

© Dream
4 dari 4 halaman

Memilih tempat sepi

Berkunjung ke Tempat Sepi© Shutterstock.com
Terlepas dari tempat wisatanya, kamu bisa memilih tempat wisata yang sepi untuk meminimalisir risiko penularan virus Covid-19.

" Dulu, kami selalu bawa (wisatawan) ke tempat ramai. Kalau sepi, diomelin peserta tour. Sekarang terbalik, dibawa ke tempat ramai malah ngomel," ungkap Anton Thedy, pengusaha travel.

Kini, pengusaha travel mengubah cara berkunjung ke tempat-tempat ikonik. Mereka kini mengajak para turis berangkat sangat pagi untuk menghindari keramaian.

" Misalnya, ada tempat yang buka pukul sepuluh. Kami standby pukul 9.30," tutur Anton. Di dalam tempat wisata pun tidak dianjurkan menghabiskan waktu lama.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Beri Komentar