Bukannya SP, Tukang Molor di Perusahaan Ini Malah Dapat `Bonus`

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 18 Oktober 2018 07:15
Bukannya SP, Tukang Molor di Perusahaan Ini Malah Dapat `Bonus`
Perusahaan itu mendorong karyawannya untuk lebih banyak tidur.

Dream – Jepang dikenal sebagai negara yang punya jam kerja terpanjang di dunia. Tak heran jika banyak warganya menjadi Workaholic karena lebih banyak menghabiskan hari-harinya dengan bekerja. 

Meski dikenal sangat sibuk, sejumlah perusahaan menyadari karyawan membutuhkan tidur agar bisa produktif. Beberapa bahkan `sedikit memaksa` pegawai untuk tidur lebih banyak.

Paksaan inilah yang dibuat sebuah perusahaan wedding planner di Jepang. Buat pegawai yang 'banyak tidur`, mereka mendapatkan bonus tambahan karena perusahaan memberikan imbalan berupa poin yang bisa ditukar untuk makan dan minum di kafe.

Dilansir dari Oddity Central, Kamis 18 Oktober 2018, perusahaan itu adalah CRAZY yang menerapkan sistem remunerasi tidur. Sistem ini bertujuan untuk mendorong satuan kerja perusahaannya tidur lebih banyak.

Perusahaan akan meminta karyawan agar menanamkan Airweave, startup yang bertujuan untuk menganalisis tidur dan memonitor pola tidur karyawan.

CRAZY akan memberikan poin berdasarkan seberapa lama karyawan tidur. Perusahaan ini berharap sistem ini bisa mengembalikan kembali gaya hidup dan kesehatan karyawannya. Tentu saja hal ini diharapkan bisa meningkatkan produktivitas.

Sekadar informasi, sistem ini telah diperkenalkan secara resmi pada 10 Oktober 2018. Hasil tesnya melebihi ekspektasi. Karyawan bisa meningkatkan jam tidur, kesehatan, dan produktivitas mereka. Imbalannya memang tidak begitu menarik, tapi sistem remunerasi tidur ini sangat menarik, terutama bagi negara yang punya beban kerja dan kelelahan kerja yang terlalu tinggi.

1 dari 1 halaman

Begini Cara Kerjanya

Semua karyawan harus menempatkan smartphone di kasur dan menyalakan aplikasi Airweave Sleep Analysis, lalu tidur. Software ini akan melacak pergerakan badan selama tidur serta menghitung seberapa nyenyak dan panjang waktu tidurnya.

Setiap kali tidur malam selama enam jam, sekurang-kurangnya, lima hari seminggu, karyawan akan mendapatkan ratusan poin yang bisa ditukar dengan yen. Setiap 100 poin yang didapat akan diubah menjadi 100 yen (Rp13.150). Nah, uang ini bisa digunakan di kafe dan kafetaria kantor CRAZY.

Misalnya, seorang karyawan tidur minimal 6 jam per minggu selama lima malam seminggu. Dia mendapatkan 500 poin atau 500 yen (Rp67.553). Kalau bisa tidur 6 jam selama 6 malam per minggu, karyawan akan mendapatkan 600 poin atau 600 yen (Rp81.064). Kalau bisa tidur 6 jam selama seminggu penuh, mereka kaan mendapatkan 1000 poin atau 1000 yen (Rp135.106).

Karyawan juga bisa mendapatkan bonus 1.000 poin kalau membagikan data tidur kepada perusahaan selama sebulan penuh, meskipun juga tidak mencapai target.

Beri Komentar