3 Risiko Pegawai Ceroboh

Reporter : Ramdania
Minggu, 13 September 2015 08:01
3 Risiko Pegawai Ceroboh
Satu kesalahan bisa membawa petaka pada karir Anda.

Dream - Anda mungkin pintar dalam pekerjaan Anda, tetapi ada kalanya Anda ceroboh. Jika Anda hanya seorang karyawan biasa, maka akan menjadi fatal urusannya.

Lain halnya, jika Anda adalah seorang atasan yang masih memiliki asisten yang akan membantu membereskan semua kecerobohan yang diakibatkan oleh Anda.

Untuk itulah, seorang karyawan atau atasan dituntut untuk selalu bekerja dengan cermat sehingga terhindar dari bencana. Sedikit saja ceroboh, karir taruhannya. 

Seperti dikutip dari Gulf News, berikut ini beberapa poin yang menunjukkan mengapa pekerjaan yang dilakukan dengan ceroboh bisa merugikan.

1. Menyebabkan banyak masalah

Masalah tidak selalu proporsional dengan penyebabnya. Misalkan orang-orang yang bekerja di bidang publikasi, komunikasi atau iklan sangat tahu bahwa karya mereka yang harganya ratusan - bahkan jutaan - dapat hancur oleh satu kesalahan ketik kecil saja.

Demikian pula, detail yang hilang dapat menjatuhkan seluruh anggaran atau rencana bisnis yang sudah dibuat. Itulah mengapa urusan kecil bisa menjadi masalah besar yang kemudian berubah menjadi krisis yang, pada gilirannya, dapat merugikan pekerjaan Anda.

2. Kepemimpinan akan dipertanyakan

Jika staf bawahan Anda sibuk memperbaiki masalah yang ditimbulkan oleh Anda, maka Anda berutang kepada mereka. Ada perbedaan antara saat bawahan melakukan tugas-tugas karena pekerjaan mereka - yang mungkin tidak serumit Anda - dan ketika mereka menghabiskan waktu hanya untuk memastikan Anda telah melakukan pekerjaan dengan benar.

Bila Anda sering mendapatkan koreksi dari bawahan, kepemimpinan dan pengaruh Anda dalam membimbing staf untuk kualitas yang lebih baik dan produktivitas yang lebih tinggi akan dipertanyakan. Bahkan, Anda mungkin akan tergantung pada bantuan dan kemampuan mereka sehingga mengalahkan peran Anda sebagai seorang pemimpin.

3. Citra tercoreng

Tidak ada yang sempurna. Tetapi jika Anda bekerja dengan cara sangat ceroboh dibandingkan dengan orang lain, ini bisa mencemari citra Anda.

Anda akan dipandang sebagai orang yang perlu pengawasan terus-menerus meskipun punya semua kerja keras dan ide-ide besar. Hal ini tentu bukan yang Anda harapkan jika ingin maju dan berkembang dalam karier.

Intinya adalah: Kemasan adalah penting. Bungkus ide-ide Anda dalam bentuk menyeluruh dan lengkap. Setelah itu berharap akan mendapatkan perhatian dari orang-orang sekitar Anda.

Sebaliknya, ketika Anda menjadi orang yang ceroboh, orang lain mungkin tidak menganggap pekerjaan Anda serius. Ingat, bahkan orang-orang yang paling objektif membentuk kesan yang didasarkan pada beberapa peristiwa.

Situasi dapat berubah. Lingkungan kerja terbatas dan gosip cepat menyebar. Anda tentu tidak ingin kecerobohan sesekali menjadi rintangan ketika mencari referensi atau mengincar posisi baru. (Ism)

Beri Komentar