Boeing 737-8 Max Kembali Alami Kecelakaan Fatal, Ini Imbauan Kemenhub

Reporter : Maulana Kautsar
Senin, 11 Maret 2019 12:45
Boeing 737-8 Max Kembali Alami Kecelakaan Fatal, Ini Imbauan Kemenhub
Pasca jatuhnya pesawat milik Ethiopian Airlines penggunaan pesawat ini makin diperketat.

Dream - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengawasi secara ketat pengoperasian pesawat berjenis Boeing 737-8 Max. Pengetatan pengawasan ini muncul setelah peristiwa jatuhnya Ethiopian Airlines, di Hejere, Ethiopia, Minggu, 10 Maret 2019.

Untuk diketahui pesawat nahas yang digunakan Ethiopian Airline setipe dengan Lion Air JT610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Musibah yang dialami Ethiopian Airline hanya berselang lima bulan dari peristiwa yang menimpa Boeing 737 Max 8 di Indonesia.

“ Hingga saat ini kami terus melakukan langkah-langkah perbaikan mulai dari prosedur operasional maupun additional training serta menindaklanjuti Airworthiness Directive yang dikeluarkan Federal Aviation Administration,” jelas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti, dalam keterangan resminya, Senin, 11 Maret 2019.

Polana mengatakan, pengawasan terhadap maskapai yang masih mengoperasikan pesawat berjenis Boeing 737-8 Max ini sudah dilakukan sejak Oktober 2018.

Selain pengawasan terhadap pengoperasian pesawat Boeing 737-8 Max, Polana memastikan, terus bekerjasama dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Boeing maupun lembaga penerbangan dunia seperti FAA untuk terus melakukan evaluasi terkait kecelakaan pesawat jenis Boeing 737-8 Max.

Kerjasama ini dibutuhkan dalam peningkatan teknik operasional ataupun tindak lanjut Ditjen Hubud terhadap operasional pesawat jenis Boeing 737-8 Max selanjutnya.

2 dari 3 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Kontroversi Setya Novanto Selama Jadi Terpidana Korupsi