Keuangan Syariah `Melantai` di Senegal

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 25 Juni 2018 18:43
Keuangan Syariah `Melantai` di Senegal
Salah satu bank di Afrika Barat, meluncurkan produk dan keuangan syariah di Senegal.

Dream – Senegal membuka pintu untuk keuangan syariah. Bank sentral Senegal, Coris Bank International (CBI) —bank yang berpusat di Burkina Faso, merilis produk dan layanan keuangan syariah yang bernama Coris Baraka.

Dilansir dari Saudi Gazette, Senin 25 Juni 2018, peluncurkan produk dan jasa keuangan syariah ini berbekal dengan dukungan dari International Islamic Trade Finance Corporation (ITFC), bagian dari Islamic Development Bank (IDB) Group.

ITFC ini merupakan partner utama Coris Bank International sejak 2015. ITFC memberikan pembiayaan sebesar US$9 juta (Rp127,35 miliar). Pembiayaan ini akan digunakan untuk mendorong sektor swasta di perekonomian di Afrika Barat.

Salah satu tujuan utama dari kemitraan ini, meringankan tantangan pendanaan dari sektor ekonomi yang sangat penting, serta menciptakan pekerjaan dan penghasilan pendapatan.

Pendapatan ini sangat penting untuk CBI untuk mengembangkan keuangan syariah di daerah itu. Kesepakatan ini merupakan upaya ITFC untuk membantu sektor swasta di negara anggota untuk mendapatkan akses pembiayaan yang lebih baik.

Coris Bank Senegal juga telah terpilih sebagai mitra resmi dari Proyek Percontohan Program Pengembangan UKM Afrika Barat Baru ITFC. Ini adalah Solusi Perdagangan Terpadu yang ditujukan untuk meningkatkan akses kredit bagi UKM di delapan negara Afrika Barat melalui penyediaan layanan pengembangan kapasitas bagi pengusaha lokal dan jalur pembiayaan kepada bank lokal. (ism)

Beri Komentar