Kini, Kamu Bisa Jastip Barang Luar Negeri Tanpa Was-Was

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 14 Oktober 2019 19:49
Kini, Kamu Bisa Jastip Barang Luar Negeri Tanpa Was-Was
Platform ini bisa memenuhi kebutuhan jastip barang secara legal.

Dream – Rama berita pelaku jasa titip tertangkap petugas bea dan cukai bandara dengan beragam modus ilegal. Mulai dari splitting sampai fake repacking dilakukan untuk menghindari pajak.

Aktivitas jasa titip seperti ini merugikan negara Rp4 miliar per hari dengan 442 kasus pelanggaran sejak 25 September 2019.

Hal ini mengindikasikan tingginya kebutuhan jasa titip. Perusahaan jasa titip (jastip), titipbeliin.com, menawarkan layanan legal kepada masyarakat.

 Jastip

 

Perusahaan ini juga memasukkan pajak sebagai komponen biaya yang dibayarkan pengguna sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan nomor 112/PMK.04/2018 jika melakukan pembelian diatas US$75 (Rp1,06 juta) dikenakan bea masuk 7,5 persen, PPN 10 persen, dan PPh 10 persen dengan NPWP atau 20 persen tanpa NPWP.

Cofounder titipbeliin.com, Bayu Sutrisno, mengatakan perusahaannya memiliki sistem perhitungan pajak yang otomatis di situsnya.

“ Tidak dapat dipungkiri bahwa kebutuhan jasa titip begitu tinggi dari kebutuhan penting seperti suku cadang mobil, elektronik, vitamin yang tentunya tidak ada di Indonesia hingga lifestyle seperti hobby, koleksi dan fashion,” kata Bayu di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Selasa 15 Oktober 2019.

1 dari 3 halaman

Layani Jastip Barang dari Amerika, Tiongkok, Sampai Singapura

Sekadar informasi, sejak diluncurkan pada 18 Maret 2019, titipbeliin.com melayani 3.500 transaksi dengan 6.500 pengguna aktif. Platform ini mendukung titipan barang dari semua e-commere dari Amerika, Tiongkok, China dan Singapura.

 Jastip

Cara kerja titipbeliin.com sederhana pengguna hanya perlu menempelkan URL barang yang mau dititip ke dalam homepage titipbeliin.com, isi detail barang seperti dimensi, berat dan harga juga unggah NPWP.

Kemudian, akan muncul harga total yang meliputi harga barang, pajak dan pengiriman Internasional lalu bayar dengan berbagai metode pembayaran, pengguna akan menerima barang dalam waktu 3 sampai 15 hari, berbagai urusan pajak dan pengiriman telah diurus oleh titipbeliin.com

2 dari 3 halaman

Caranya

Dream – Fenomena jasa titip semakin menjamur seiring tumbuhnya konsumen kelas menengah yang semakin senang berbelanja. Siapa pun bisa membuka layanan jasa titip, mulai dari remaja sampai ibu rumah tangga.

Ada beragam produk yang ditawarkan, mulai dari produk rumah tangga, fesyen, kosmetik, gadget, sampai barang mewah dari luar negeri.

Omzetnya tak main-main, mulai dari puluhan sampai ratusan juta rupiah. Namun, tak sedikit juga ada masalah yang dialami oleh pemilik jasa titip. Ada yang barangnya tertahan pihak Bea dan Cukai, respons lama, sampai keamanan tidak terjaga.

Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh Bayu Sutrisno dan kawan-kawan mendirikan titipbeliin.com.

“ Titipbeliin.com hadir sebagai alternatif jastip,” kata Bayu di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 25 Maret 2019.

 Titipbeliin.com

Dia mengatakan konsumen bisa membeli barang dari Amerika dan Tiongkok dan pihaknya mengurus pembeliannya. Pembeli juga tak perlu repot mengurus bea cukai, pengiriman internasional, atau hal lainnya.

“ Pemesan hanya bayar dan tunggu barang sampai depan rumah. Semua end to end via website dan nantinya aplikasi kami,” kata Bayu.

3 dari 3 halaman

Harganya Gimana?

Dia mengatakan startup ini mengklaim memiliki harga yang transparan dan murah. “ Tak ada hidden cost. Semua komponen harganya ditampilkan. Pengiriman juga tercepat 5-15 hari dari Amerika dan Tiongkok sampai,” kata Bayu.

 Titipbeliin.com

Ia menyebut startup ini memiliki 2 ribu pengguna aktif bertransaksi sejak situs itu diluncurkan. Pihaknya tak ingin mematikan usaha jastip, tetapi mengajak pelaku usaha menjadi dropshipper dengan manfaat yang beragam.

“ Ke depan, kami akan mengakomodir dan mengekspor produk dalam negeri yang berkualitas ke berbagai belahan dunia,” kata dia. 

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone