Pisahkan Menu Halal, Layanan Online Ini Malah Diprotes

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 20 Juli 2017 07:16
Pisahkan Menu Halal, Layanan Online Ini Malah Diprotes
Mengapa, ya?

Dream – Aplikasi pengiriman makanan yang popular di Tiongkok, Meituan, baru-baru ini membuat geram netizen. Sebab, aplikasi ini memisahkan infrastruktur pengiriman makanan untuk makanan halal.

Netizen beranggapan sikap perusahaan ini justru membuat diskriminasi terhadap masyarakat non-Muslim.

Dilansir dari Shanghaiist, Kamis 20 Juli 2017, kurir Meituan ini kini dilengkapi dengan dua wadah untuk makanan, yaitu boks besar untuk makanan non halal dan boks kecil untuk halal.

Perubahan ini membuat netizen beranggapan ada diskriminasi layanan. Mereka mengancam akan menghapus aplikasi ini besar-besaran.

Salah satu thread Weibo yang berisi pernyataan kontroversial dan memiliki 50 ribu komentar, “ Meituan sudah bertindak di luar moralitas.” Begitu bunyinya.

Ada juga netizen yang beranggapan layanan pengiriman makanan halal ini juga mendiskriminasi penganut agama lainnya. Justru ada yang mencibir Meituan dan meminta makanan vegetariannya dimasukkan ke dalam boks makanan halal.

“ Saya tidak makan domba. Bisakah saya memisahkan kotak pengiriman dengan baik,” ujar pengguna Weibo lainnya.

Bahkan, ada juga yang meminta makanan non halal yang dipesan untuk dimasukkan ke dalam boks makanan halal.

“ Tolong masukkan sup daging babi saya ke kotak pengiriman makanan halal,” ujar pengguna Weibo lainnya.

Ada juga pengguna Weibo lainnya yang berpendapat, pemisahan kotak pengiriman makanan halal dan non halal, justru akan menambah biaya pengiriman kepada semua konsumen. Mereka juga khawatir pemisahan boks pengiriman makanan justru akan bermasalah nantinya. (ism)

Beri Komentar