7 Manfaat Globalisasi bagi Dunia, Membuat Kualitas Hidup Menjadi Lebih Baik

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Rabu, 23 Februari 2022 14:12
7 Manfaat Globalisasi bagi Dunia, Membuat Kualitas Hidup Menjadi Lebih Baik
Globalisasi memberikan dampak yang cukup besar di setiap sektor kehidupan.

Dream – Globalisasi sudah tidak bisa dibendung. Pada abad ke-21, dunia semakin terintegrasi, baik secara ekonomi, pendidikan, sosial, dan sebagainya.

Globalisasi tentu membawa berbagai dampak positif dalam kehidupan masyarakat. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan dengan mudah seiring kemajuan teknologi.

Adanya globalisasi jelas telah memberikan banyak perubahan dalam kehidupan masyarakat. Proses globalisasi membuat kehidupan manusia berjalan dengan sangat dinamis. Sehingga, setiap orang akan tetap mengikuti arus globalisasi agar tidak ketinggalan.

Nah, bagi sahabat Dream yang ingin mengetahui apa saja manfaat globalisasi bagi dunia, berikut sebagaimana telah dirangkum dari bola.com dan manfaat.co.id.

1 dari 4 halaman

Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi© Pixabay.com

Sebelum membahasa tentang apa saja manfaat globalisasi, alangkah baiknya sahabat Dream mengetahui terlebih dahulu pengertian dari globalisasi sendiri.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), globalisasi adalah proses masuknya ke runag lingkup dunia.

Menurut Cohen dan Kennedy, globalisasi adalah seperangkat transformasi yang saling memperkuat dunia, yang meliputi perubahan konsep ruang dan waktu, kebergantungan pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda, peningkatan interaksi kultural, meningkatnya masalah bersama dalam bidang ekonomi, lingkungan, dan permasalahan lazim lainnya.

Menurut Cochrane dan Pain, pertanda globalisasi adalah munculnya sebuah sistem ekonomi dan budaya global yang membuat manusia di seluruh dunia menjadi sebuah masyarakat tunggal yang global.

Menurut Achmad Suparman, globalisasi adalah sebuah proses menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dan setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah.

2 dari 4 halaman

Manfaat Globalisasi bagi Dunia

Manfaat Globalisasi bagi Dunia© Unsplash.com

Setelah mengetahui pengertian globalisasi dari beberapa ahli, selanjutnya adalah beberapa manfaat globalisasi yang terjadi di dunia. Berikut adalah manfaat globaliasi yang penting untuk sahabat Dream ketahui:

Meningkatkan Perdagangan Bebas

Manfaat globalisasi yang pertama adalah bisa meningkatkan perdagangan bebas. Di mana dengan perdagangan bebas ini, maka terjadinya pertukaran barang maupun jasa antara negara pun bisa berlangsung dengan mudah. Di mana setiap negara bisa memproduksi barang yang menjadi ciri khas dari negaranya sendiri dan bahkan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki oleh negaranya.

Barang inilah yang tidak dimiliki oleh negara lain, sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri. Dengan spesialisasi produk, maka hal ini bisa membuat biaya produksi menjadi lebih rendah dan mampu meningkatkan keuntungan.

Harga Barang Impor Lebih Murah

Manfaat globalisasi berikutnya adalah harga barang impor menjadi lebih murah. Nah, ini tentunya menjadi kabar baik bagi sahabat Dream yang hobi berburu produk-produk impor, tetapi dengan harga yang terjangkau. Karena globalisasi inilah, pasar bebas semakin terbuka lebar dan membuat produk-produk impor menjadi lebih murah. Di mana produk-produk tersebut tidak dikenakan bea atau pajak, sehingga harganya pun tidak menjadi mahal.

3 dari 4 halaman

Manfaat Globalisasi bagi Dunia

Manfaat Globalisasi bagi Dunia© Unsplash.com

Kualitas Produk yang Tinggi

Bisa dilihat bahwa dengan adanya globalisasi, persaingan di pasar menjadi semakin ketat. Hal ini karena setiap orang berlomba-lomba untuk menciptakan produk dengan kelebihannya masing-masing agar memiliki daya tarik tersendiri di mata konsumen. Oleh karena itulah, mereka berlomba-lomba untuk memproduksi produk dengan kualitas yang tinggi agar tidak kalah saing.

Masuknya Investasi Asing

Sebelumnya diketahui bahwa manfaat globalisasi membuat kualitas produk menjadi lebih baik. Namun di samping kualitas yang bagus tersebut juga harus dibuat biaya produksinya serendah mungkin. Oleh karena itulah, tak sedikit perusahaan asing yang kemudian berinvestasi di negara-negara yang biaya produksinya untuk suatu produk rendah.

Nah, negara berkembang biasanya menjadi tujuan para investor tersebut. Hal ini pun mendatangkan keuntungan bagi negara berkembang. Di mana negara tersebut akan semakin banyak membuka lapangan pekerjaan dan bisa meningkatkan pendapatan perkapita.

Variasi Produk yang Ditawarkan

Dengan adanya globalisasi, hal ini bisa membuat barang yang disediakan menjadi lebih bervariasi. Di mana tampak sangat jelas bahwa pasar menjadi semakin berkompetisi untuk menunjukkan barang-barangnya yang beragam dengan keunikannya masing-masing. Dengan beragamnya produk di pasar, ini juga bisa berdampak pada harga-harga barang yang menjadi lebih murah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Globalisasi bagi Dunia

Manfaat Globalisasi bagi Dunia© Unsplash.com

Pasar Semakin Luas bagi Produk Lokal

Ada banyak sekali potensi di setiap daerah yang sebenarnya memiliki daya jual tinggi. Namun jika kondisi pasar sangat terbatas, maka produk-produk lokal pun akan terancam. Namun berkat adanya globalisasi, kondisi pasar pun semakin luas bagi produk lokal.

Kini produk-produk lokasl pun bisa saling berkompetisi di pasar global. Di mana perusahaan yang ada di dalam negeri, bisa mengekspor produknya ke negara lain. Dan tentu saja hal ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi perusahaan, tetapi juga bagi negara.

Kualitas Hidup Lebih Baik

Manfaat globalisasi selanjutnya adalah membuat kualitas hidup menjadi lebih baik. Di mana adanya globalisasi membuat segala sesuatunya menjadi semakin mudah dan cepat. Baik itu saat akan mendapatkan suatu barang atau menggunakan jasa. Hal ini pun mampu memberikan dampak yang sangat baik bagi setiap individu.

Misalnya saja seseorang menjadi semakin mudah untuk bepergian ke luar negeri, memiliki peluang besar untuk bekerja di luar negeri, dan semakin mudah untuk mengakses informasi maupun hiburan dari luar negeri.

Beri Komentar