Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Menhub Minta Sopir Bus Tak Penuhi Permintaan `Om Telolet Om`

Menhub Minta Sopir Bus Tak Penuhi Permintaan `Om Telolet Om` Kalimat "om Telolet Om" Menggemparkan Dunia Maya Belakangan Ini.

Dream – `Om telolet om`. Kalimat ini terlontar dari anak-anak di tepi jalan yang meminta sopir bus-bus besar membunyikan klakson yang bunyinya mirip “telolet”.

Fenomena ini membuat Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, angkat bicara. Budi Karya mengimbau sopir bus untuk tidak melayani permintaan anak-anak yang meminta “telolet”.

“Kami mengimbau pengguna atau sopir-sopir tidak mengikut permintaan-permintaan itu,” kata dia di Jakarta, Rabu 21 Desember 2016, dilansir dari Merdeka.com.

Budi juga meminta seluruh orang tua untuk mengawasi anak-anaknya, sehingga anak-anak tidak mengikuti tren yang menjadi perbincangan artis-artis dunia ini. Dia menambahkan, keselamatan anak-anak harus diutamakan walaupun hanya mencari hiburan semata.

“Kepada orang tua, kami juga mengimbau jangan membiarkan anak-anak kita itu punya keinginan atau kegiatan-kegiatan yang sebenarnya tidak memberikan manfaat, bahkan membahayakan dirinya sendiri,” kata dia.

`Om Telolet Om` Berbahaya?

Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini, pada dasarnya, paham anak-anak itu mencari hiburan semata. “Satu sisi kami menghargai masyarakat memulai satu kegemaran tertentu. Tapi, kegemaran itu harus dilihat secara lengkap,” kata dia.

Budi Karya mengatakan permintaan “om telolet om” yang dilakukan di pinggir jalan bisa membahayakan keselamatan anak. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga akan membahayakan pengguna lain jalan raya.

“Apakah kegemaran itu ada manfaatnya? Apakah kegemaran itu membahayakan orang? Kalau itu yang terjadi, kami melihat bahwa ada kemungkinan itu bisa membahayakan diri sendiri atau pihak lain yang turut serta menonton,” kata dia.

'Om Telolet Om...' Gegerkan Dunia

Dream – Mari rehat sejenak. Jangan terlalu serius, sisihkan dulu berita-berita berat, apalagi hoax. Mari tersenyum, ikut larut dalam kebahagiaan sederhana anak-anak “Om Telolet”.

Anda mungkin sudah mahfum apa maksudnya. Ya, ini memang soal video fenomena anak-anak yang mencegat bus-bus di pinggir jalan. Bukan untuk menumpang, tapi meminta para sopir bus yang lewat untuk membunyikan klakson unik: “telolet.”

Video keceriaan itu menjadi viral beberapa minggu belakangan. Dalam video-video itu terlihat anak-anak begitu ceria. Mereka berdiri di pinggir jalan, menunggu bus-bus lewat. Sejumlah orang dewasa juga terlihat ada yang ikut.

Saban ada bus melintas, mereka berteriak, “Om telolet Om....” Meminta sang sopir membunyikan klakson dengan suara unik. Tak hanya berteriak, anak-anak itu juga membawa poster bertulis: “Om telolet”.

Jika sang sopir membunyikan klakson yang diminta, jadilah bocah-bucah “bus mania” itu tertawa riang. Mungkin inilah yang disebut dengan istilah: bahagia itu sederhana.

Tapi... apabila ada sebatang bus saja yang tak punya klakson “telolet” siap-siap saja disoraki. Apabila ada bus yang tak membunyikan “telolet”, maka anak-anak itu akan berteriak, “Hu.....”.

Dan video-video polah kocak anak-anak itu telah mewabah. Menjadi “virus” di media sosial. Bahkan, orang-orang di sekitar kita –mungkin kita menjadi salah satunya– mulai sering bercanda dan mengucap: “Om telolet Om.”

Instagram Donald Trum Penuh 'Telolet Om'

Dan lihatlah posting Donald Trum di Instagram. Ucapan terimakasih Trum kepada pendukungnya dalam Pilpres AS penuh dengan komentar "Om Telolet Om"

 

We did it! Thank you to all of my great supporters, we just officially won the election (despite all of the distorted and inaccurate media). Enjoying a celebratory dinner with some of my team at Mar-a-Lago. Together, lets MAKE AMERICA GREAT AGAIN!

A photo posted by Donald J. Trump (@realdonaldtrump) on

Pesohor Dunia Ikut Kebingungan

Tak hanya di dalam negeri. Video “telolet” juga viral di luar negeri. Musisi-musisi manca bahkan mencuit “Om telolet Om” di akun Twitter mereka. Sebut saja DJ Snake, Marshmello, hingga The Chainsmoker.

Di akun Twitter resminya, @marshmellomusic, menulis, “Om Telolet Om is awesome.” Cuitan tersebut mendapat respons dari koleganya di dunia musik elektronik Alesso.

Membalas cuitan musisi berkostum permen Marshmello, Alesso bertanya, “What's going on????!!!

Pertanyaan serupa juga dicuit oleh akun resmi The Chainsmokers, @TheChainsmokers. Musisi asal New York, Amerika Serikat, tersebut menanyakan arti “Om telolet Om”. “What does om telolet om mean?” cuit The Chainsmokers.

Pertanyaan itu langsung mendapat respons pengikutnya. Dengan mengunggah rekaman gambar dari Muhamaaddyazid, pertanyaan pesohor dunia mengenai makna “telolet” akhirnya terjawab.

Di laman Billboard, Dyazid menjelaskan bahwa “telolet” merupakan suara yang muncul dari klakson bus umum yang berasal dari sekira Pulau Jawa. Adapun “Om” merupakan panggilan untuk menyebut paman (uncle) atau pria yang telah dewasa.

“Jadi ada beberapa anak kecil yang akan mengatakan ‘om telolet om’ dan supir bus akan membunyikan klakson yang mengeluarkan suara, ‘telolet telolet’,” tulis Dyazid.

Jadi, dalam bahasa Inggris, Dyazid menambahkan, permintaan tersebut akan berbunyi, “Sir honk the bus sir.

Telolet Para Musisi Dunia

1. Zedd

2. Martin Garrix

3. Marshmello

4. The Chainsmokers

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Bus Besar Bakal Dilarang Pakai Klakson Telolet, Jika Mangkir Didenda Rp500 Ribu

Bus Besar Bakal Dilarang Pakai Klakson Telolet, Jika Mangkir Didenda Rp500 Ribu

Semua operator bus agar tidak menuruti keinginan masyarakat untuk memasang dan membunyikan klakson telolet

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
DRESS IT! Tips Gantung Jeans yang Benar

DRESS IT! Tips Gantung Jeans yang Benar

Bagaimana cara Sahabat dream, selama ini menggantung celana jeans? Pernah coba gaya berbeda seperti tutorial menggantung jeans ini belum?

Baca Selengkapnya