Profil dan Harta Bu Risma, Walikota Surabaya Mensos Baru Jokowi

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 22 Desember 2020 19:49
Profil dan Harta Bu Risma, Walikota Surabaya Mensos Baru Jokowi
Wanita ini mengawali kariernya sebagai seorang abdi negara.

Dream – Tri Rismaharini baru saja ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Sosial. Wanita yang akrab dipanggil Bu Risma ini akan menggantikan Juliari P. Batubara yang menjadi korupsi dana bansos Covid-19.

" Saat ini Bu Tri Rismaharini akan kita berikan tanggung jawab sebagai Menteri Sosial,” kata Jokowi dalam konferensi pers secara virtual melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa 22 Desember 2020.

Wanita kelahiran Kediri, Jawa Timur, meniti kariernya sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) setelah lulus dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Sebelum menjadi pimpinan Pemerintahan Kota Surabaya, Risma merupakan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya dan Kepala Badan Perencanaan Kota Surabaya.

Kemudian, pada 2018, Risma terpilih sebagai Presiden ULGC-ASPAC 2018 pada periode 2018-2020. Risma menggantikan Gubernur Provinsi Jeju, Korea Selatan, Won Heeryong.

Harta Bu Risma

Berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang dilaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada 27 Maret 2018, dia memiliki harta kekayaan dengan nilai total Rp7,18 miliar.

Harta ini terdiri atas tanah dan bangunan Rp6,48 miliar, alat transportasi Rp985 juta, kas Rp85 juta, setara kas Rp580 juta, dan total utang Rp952,48 juta.

1 dari 4 halaman

Santer Akan Isi Posisi Mensos, Tri Rismaharini Sudah di Jakarta?

Dream - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Bu Risma dikabarkan sudah berada di Jakarta. Namanya santer terdengar dalam reshuffle kabinet yang kabarnya sedang digulirkan presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin.

Risma kabarnya akan mengisi posisi Menteri Sosial (Mensos) menggantikan Juliari F Batubara yang tersandung kasus korupsi bantuan sosial.

 

© Dream

 

Dari informasi yang dihimpun dan sumber internal Pemkot Surabaya, Risma hari ini (Selasa, 22 Desember 2020) sudah berada di Jakarta.

Selain itu, berdasarkan jadwal atau agenda kerjanya yang biasa terpantau, tidak tercantumkan ada acara yang akan dihadiri Risma.

2 dari 4 halaman

Belum Ada Konfirmasi

Dihubungi secara terpisah, Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono tidak membantah ataupun membenarkan informasi Risma yang akan didapuk menjadi Mensos. Adui juga tak mau berkomentar banyak soal kemungkinan Risma mengundurkan diri sebagai Wali Kota Surabaya.

" Ya kita lihatlah. Saya enggak mau komentar lebih jauh. Karena itu perkembangan di Jakarta, saya enggak tahu," kata Adi kepada Liputan6.com, Selasa 22 Desember 2020.

Namun, saat ditegaskan apakah ada surat pengunduran diri dari Risma, dia menegaskan sejauh ini belum ada sama sekali.

" Durung. (Soal Risma di Jakarta) Aku tahunya dari sampean," kilah Adi.

3 dari 4 halaman

Ada Kode?

Meskipun demikian, Adi mengatakan Risma bisa saja mengundurkan diri dari jabatan Wali Kota Surabaya jika nantinya mendapatkan tugas dari Jokowi menjadi menteri.

" Secara undang-undang seseorang bisa berhenti jadi kepala daerah dengan beberapa alasan salah satunya pengunduran diri. Itu kalau undang-undang," jelas Adi.

Kendati demikian, jika memang Risma nantinya akan menjadi menteri, Adi mengaku akan menagih surat pengunduran diri Risma.

" Nanti kalau Bu Risma udah pulang dari Jakarta saya tanyakan," kata dia.

 

 

4 dari 4 halaman

Bocoran Informasi

Dikonfirmasi secara terpisah Ketua DPP PDIP Sri Rahayu tak tahu apakah hari ini Risma ada di Jakarta apa tidak.

" Saya tidak tahu mas," kata dia kepada Liputan6.com.

Namun, dia tak membantah bahwa Risma bersamanya saat webinar PDIP Senin 21 Desember 2020.

" Kemarin memang narasumber di webinar DPP PDI Perjuangan dalam rangka peringatan hari Ibu. Bersama saya, sebagai penyelenggara Ketua Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak DPP PDI Perjuangan," jelas Sri.

Sementara seorang sumber kepada Liputan6.com, membenarkan nama Risma yang akan ditunjuk sebagai Mensos.

" Risma Mensos," singkat dia.

Sumber: liputan6.com

Beri Komentar