Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Bakal Dilirik Perusahaan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 18 Januari 2021 13:12
Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Bakal Dilirik Perusahaan
Meskipun terkesan membuang-buang waktu, surat lamaran justru memperlebar kesempatan untuk dapat kerja, lho.

Dream – Saat melamar pekerjaan, menulis surat lamaran tentu tidak mudah. Kesulitan ini membuat para pelamar merasa bimbang apakah surat yang sudah dikirimkan akan memikat perhatian perusahaan.

Surat lamaran berperan vital karena akan membantu para pelamar mendapatkan pekerjaan. Survei yang dilakukan oleh ResumeGo menunjukan 26 persen perekrut akan mengurangi nilai kandidat yang tidak menyertakan surat lamaran.

Menyertakan surat lamaran saat melamar pekerjaan tidak akan merugikanmu. Ada lima alasan pelamar sebaiknya menulis surat lamaran ketika mengikuti rekrutmen pekerjaan.

Pertama, menunjukkan minat pada posisi tersebut. Keberadaan situs online membuat melamar pekerjaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Hal ini juga menandakan sebagian besar lowongan pekerjaan banyak peminat.

Ini akan membuatmu mengajukan lebih banyak lamaran. Mungkin kamu akan berpikir untuk mengirimkan lebih banyak surat lamaran.

Jika dalam situasi ini, kamu akan berpikir bahwa menulis surat lamaran akan menghabiskan banyak waktu. Tapi, keputusan itu akan menunjukkan kamu bersungguh-sungguh peduli dengan pekerjaan itu dan bisa menjadi nilai tambah di mata pemberi kerja.

1 dari 2 halaman

Menjelaskan Kepribadian

Kedua, menjelaskan kepribadian di dalam lamaran.

Perekrut pasti akan membaca CV dan resume kamu untuk mengevaluasi keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki. Namun, mereka juga mencari seseorang yang mereka sukai untuk bisa bekerja sama dengan baik dalam waktu yang cukup lama.

Vice President of Growth for Goodshuffle Pro, Karen Gordon, akan mencari seseorang yang akan menambah nilai dan kepribadian tim. Jika setiap orang memiliki kualifikasi yang sama dalam melamar pekerjaan, Sahabat Dream bisa menambahkan kepribadian, wawasan, dan latar belakang dalam surat lamaran untuk membedakan kamu dan pelamar lainnya.

Ketiga, member alasan cocok untuk pekerjaan ini.

Pernah merasa yakin bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk mengerjakan suatu hal. Tentu kamu ingin menyampaikannya kepada perusahaan.

Nyatanya, itu tidak cukup menjelaskan mengapa kamu memutuskan untuk melamar pekerjaan tersebut dan mengapa kamu adalah orang yang tepat. Kamu bisa memaparkannya di surat pengantar lamaran dan menghubungkan antara keterampilan, pengalaman, minat, dan tujuanmu pada pekerjaan yang dimaksud, serta memberikan detail tambahan tentang kualifikasi dirimu yang paling relevan.

Selain itu, meskipun kamu dapat menyesuaikan resume dengan jobdesk yang akan dipilih, kamu juga bisa menyesuaikan surat lamaran tersebut dengan keterkaitan perusahaan. Kamu bisa menunjukkan bahwa kamu telah memahami tujuan serta kontribusi apa yan dapat kamu berikan kepada mereka.

2 dari 2 halaman

Tonjolkan Keahlian dan Jelaskan Pertanyaan

Keempat, menonjolkan keahlian yang dipunya.

Selain hard skill, tentu saja soft skill perlu dimiliki. Ini bisa disampaikan di resume atau CV.

Tapi, di surat lamaran pekerjaan, Sahabat Dream bisa menceritakan kisah tentang kesulitan yang dihadapi dan cara mengatasinya. Ini menandakan tak hanya menonjolkan kelebihan, tapi juga kekurangan dan solusinya.

Surat pengantar yang ditulis dengan baik menunjukkan keterampilan komunikasi yang sangat penting untuk pekerjaan apapun dan dimanapun. Dan cara kamu menulis surat lamaran juga akanmenunjukkan soft skill yang kurang jelas seperti kreativitas, persuasi, organisasi, atau perhatian terhadap detail.

Kelima, bisa menjelaskan pertanyaan-pertanyaan yang ada di resume.

Kalau ada sesuatu di CV yang dikhawatirkan akan menimbulkan pertanyaan, surat lamaran bisa memberikanmu kesempatan untuk menjawab.

Misalnya, menjelaskan alasan perubahan karier, ada kesenjangan pekerjaan dengan keluarga, hubungan dengan perusahaan, serta pendidikan atau pengalaman.


Sumber: The Muse

Laporan: Yuni Puspita Dewi

Beri Komentar