OJK Segera Keluarkan Beleid Tata Modal Ventura

Reporter : Ahmad Baiquni
Rabu, 18 Februari 2015 11:32
OJK Segera Keluarkan Beleid Tata Modal Ventura
Modal ventura diharapkan dapat membantu pengusaha-pengusaha baru yang kesulitan mengajukan kredit bank.

Dream - Keberadaan produk keuangan berjenis modal ventura dipandang memiliki peranan penting dalam dunia keuangan Indonesia. Sayangnya, belum ada beleid atau aturan yang mengatur keberadaan modal ventura ini, sehingga menyebabkan beberapa penyedia produk tersebut terancam rubuh.

Untuk mengantisipasi hal itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) segera mengeluarkan ketentuan yang akan menjadi payung hukum bagi modal ventura. Saat ini beleid tersebut masih dalam proses pematangan.

" Intinya kita dorong agar tumbuh modal-modal ventura baru, merevitalisasi industri modal ventura yang sudah ada," ujar Muliaman di Auditorium Bank Bukopin, Jalan MT Haryono, Jakarta, kemarin.

Modal ventura merupakan produk keuangan yang ditujukan bagi para pengusaha baru. Skema dari produk ini yaitu penyedia produk memberikan bantuan keuangan kepada pengusaha baru untuk memulai bisnis, tetapi bukan dalam bentuk kredit melainkan penyertaan modal.

" Pengusaha-pengusaha baru yang belum punya rekam jejak, belum bisa masuk bank, bisa ke modal ventura. Bukan dalam bentuk kredit, tapi penyertaan modal sampai dia bagus kemudian dibuka akses kreditnya," kata dia.

Lebih lanjut, beleid tersebut juga akan memberikan kesempatan kepada bank jika ingin menjadikan modal ventura sebagai salah satu produknya. " Kalau modal venturanya sudah selesai, kreditnya bisa di bank yang sama," terangnya.

 

 

 

Beri Komentar
20 OKT 2019 | 13:30 WIB - Pelantikan Presiden & Wakil Presiden RI 2019-2024