Pemerintah Resmi Hentikan Paket Pelatihan Kartu Prakerja

Reporter : Ahmad Baiquni
Kamis, 2 Juli 2020 18:13
Pemerintah Resmi Hentikan Paket Pelatihan Kartu Prakerja
Tidak ada mekanisme yang memastikan peserta beli paket jadi salah satu pertimbangan.

Dream - Pemerintah remi menghentikan penjualan paket pelatihan kartu prakerja. Keputusan ini diambil setelah Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja mengadakan evaluasi berdasarkan banyaknya masukan dari berbagai pihak.

" Paket yang dihentikan bukan pelatihan atau programnya," ujar Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Denni Purbasari, dikutip dari Liputan6.com.

Denni mengatakan, peserta kartu prakerja tetap dapat mengakses program pelatihan. Tetapi hanya program yang dijual eceran oleh mitra. " Jadi hanya boleh eceran," kata dia.

Keputusan itu dituangkan dalam surat Nomor S-148/Dir-Eks/06/2020. SK tersebut ditujukan kepada mitra kartu prakerja yaitu Bukalapak, MauBelajarApa, PijarMahir, Pintaria, SekolahMu, Sisnaker, Skill Academy by Bukalapak, dan Tokopedia.

" Manajemen pelaksana memutuskan untuk menghentikan seluruh transaksi dan penjualan paket pelatihan yang ditawarkan oleh mitra platform digital agar pelaksanaan program Kartu Prakerja dapat dilakukan sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku," kata Denni.

1 dari 5 halaman

Manajemen menyatakan, telah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan pelatihan oleh Lembaga Pelatihan Program Kartu Prakerja. Didapat beberapa alasan yang akhirnya pemerintah memutuskan menyetop paket program tersebut.

Di antaranya, beberapa mitra ditemukan menawarkan produk paket pelatihan secara bundling. Paket tersebut terdiri dari beberapa jenis dan kelas yang digelar oleh satu atau beberapa lembaga pelatihan di setiap platform digital.

Kemudian, tidak ada mekanisme untuk memastikan peserta mengambil atau membeli paket yang ditawarkan setelah mendapat insentif tunai. Hal ini berakibat tidak adanya laporan penilaian peserta.

" Dengan demikian, manajemen pelaksana tidak dapat melaksanakan tugasnya untuk melakukan evaluasi terhadap satu atau beberapa jenis atau kelas pelatihan yang ada di masing-masing paket pelatihan tersebut," kata Denni.

Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham

2 dari 5 halaman

Kursus Bahasa Inggris Jadi Favorit Pendaftar Kartu Prakerja

Dream – Materi kursus Bahasa Inggris menjadi favorit para calon peserta Program Kartu Prakerja. Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksaan Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengatakan tren itu diketahui dari video testimoni para pendaftar.

" Mereka mayoritas suka belajar Bahasa Inggris, baik grammar maupun TOEFL," kata Denni dalam sesi teleconference, Rabu 29 April 2020.

Selain dari testimoni, Denni mengungkapkan, antusiasme peserta yang membeli paket pelatihan Bahasa Inggris juga terlihat dari proses pendaftaran. Semua kursus dengan biaya mulai dari Rp24 ribu hingga Rp 1,5 juta telah banyak dilamar.

Lebih lanjut, Denni kerap melaporkan jumlah pendaftar Kartu Prakerja hingga Selasa, 28 April 2020 malam, tercatat mencapai 8,6 juta orang.

" Jumlah ini sebenarnya luar biasa. Ini berarti program diketahui serta dapat diakses dan mendaftarnya mudah," ucap dia.

3 dari 5 halaman

Target Hanya 2 Juta Peserta

Melihat antusiasme tersebut, ia mengutarakan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Kepala Komite Cipta Kerja Airlangga Hartarto meminta agar rasio antara pendaftar dan yang diterima dalam program Kartu Prakerja bisa semakin baik.

Airlangga juga meminta manajemen pelaksana untuk bisa menarik 2 juta peserta hanya dalam waktu 1 bulan.

" Karena itu pak Menko minta kita dekati angka 2 juta dalam waktu satu bulan. Itu adalah arahan dari pak Menko. Kita sebagai manajemen pelaksana berusaha melaksanakan itu," ujar Denni.

(Sumber: Liputan6.com/Maulandy Rizky Bayu Kencana)

4 dari 5 halaman

6 Cara Mendapat Kartu Prakerja, Dijamin Sukses!

Dream – Sekarang lagi ramai-ramainya kartu prakerja. Mungkin kamu salah satu yang bertanya-tanya apa sih kartu prakerja itu?

Dilansir dari laman prakerja.kemnaker.go.id, kartu prakerja adalah sebuah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Lantas bagaimana cara mendapatkan kartu prakerja itu? 

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, lebih baik kita pahami dulu sebenarnya manfaat apa yang akan kita dapatkan dari kartu prakerja ini.

Nah, manfaatnya lumayan dapat meningkatkan kualitas skill kamu. Karena dengan kartu prakerja kamu bisa mengikuti pelatihan gratis, bahkan dibayar loh. Gimana tertarik gak tuh?

Selain itu kamu juga bakal mendapatkan sertifikat pelatihan kerja yang diakui secara nasional.

Selain itu, kamu juga bakalan mendapatkan dana insentif yang langsung ditransfer ke rekening kamu dalam tiga tahap. Dengan berbagai manfaat tersbeut diharapkan kamu bia lebih meningkatkan skill-mu dengan kartu prakerja ini.

5 dari 5 halaman

Cara Mendapat Kartu Prakerja

 Ilustrasi© Pexels

Nah ini nih cara yang ditunggu-tunggu. Pertama kamu perlu melakukan pendaftaran melalui website kartu prakerja. Input data dan seleksinya akan dilakukan secara online.

Petugas pengantar kerja atau antar kerja di Disnaker akan mendampingi para peserta untuk mendaftar melalui website secara kolektif. Kemudian melakukan seleksi online berdasarkan kemampuan dasar dan motivasi.

Pilih Pelatihan yang Disyaratkan Industri

Selanjutnya kamu harus memilih pelatihan dari layanan SISNAKER dan membayar menggunakan saldo Kartu Prakerja untuk online maupun offline.

Beri Komentar