Menhub Kaji Larang Truk Melintas Bali

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 2 November 2016 11:43
Menhub Kaji Larang Truk Melintas Bali
Pemerintah ingin memaksimalkan jalur laut.

Dream – Selain pelarangan pesawat kecil di Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Ngurah Rai, Menteri Perhubungan, Budi Karya, juga akan mengkaji opsi pelarangan truk beroperasi di Bali.

Dilansir dari Merdeka.com, Rabu 2 November 2016, Budi Karya mengatakan pemerintah akan menata angkutan logistik di Indonesia. Salah satunya dengan memaksimalkan angkutan laut rute Surabaya-Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tujuannya adalah mengurangi volume angkutan darat.

“ Kami lakukan dulu pilot project dalam satu kapal bisa mengangkut 500 truk. Ini sudah lumayan banyak,” kata dia di Jakarta.

Budi Karya mengatakan pembukaan rute ini juga dibarengi dengan larangan truk melintas di Bali. Mantan direktur utama PT Jakarta Propertindo ini mendapat laporan pemerintah daerah Bali dan Lombok yang mengeluh ada jalanan rusak karena dilalui truk logistik.  

“ (Pembenahan ini) akan menyelamatkan kemacetan di Banyuwangi dan jalan-jalan di Bali dan di NTB,” kata dia.

Budi Karya melanjutkan, rencana ini juga akan didukung oleh infrastruktur di beberapa pelabuhan yang akan menjadi tempat sandar kapal-kapal pengangkut truk. Dia mengaku perlu ada kerja sama dengan perusahaan BUMN. Mantan direktur utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini mengatakan akan berkoordinasi dengan Menteri BUMN, Rini Soemarno, untuk pengoperasian kapal logistik.(Sah)

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair