Pengusaha Travel Haji dan Umrah Bentuk Asosiasi Baru

Reporter : Maulana Kautsar
Selasa, 24 Januari 2017 10:15
Pengusaha Travel Haji dan Umrah Bentuk Asosiasi Baru
Asosiasi baru ini bukan hadir untuk menjadi pesaing tapi melengkapi empat asosiasi yang sudah ada.

Dream - Banyaknya permasalahan jemaah umrah yang terlantar mendorong sejumlah penguasaha travel haji dan umroh mendirikan Asosiasi Perkumpulan Travel Umrah dan Haji (Pratama). Asosiasi ini berharap bisa membantu mewujudkan kemudahan bagi umat Islam dalam beribadah.

Ketua Umum Pratama Andika Surachman Siregar, menegaskan organisasi tersebut ingin membawa semangat kekeluargaan antaranggota.

" Semua untuk satu, tujuannya untuk kemaslahatan umat," kata Andika, saat peluncuran Pratama di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Senin, 23 Januari 2017.

Organisasi yang diakui SK Kemenkumham bernomor AHU-0081514. AH.01.07 pada 27 Desember 2016 itu berencana akan melengkapi peran empat asosiasi sebelumnya, yaitu Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (Himpuh), Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri), Asosiasi Penyelenggara Haji Umrah dan dan Inbound Indonesia (Asphurindo), dan Kesatuan Tour Travel Haji Umrah Republik Indonesia (Kesthuri).

" Saya rasa asosiasi baru ini lahir menjadi pelengkap, bukan kompetitor. Kami juga berniat menjadi mitra pemerintah, Kementerian Agama," ujar dia.

Saat ini, Pratama baru diisi oleh pengurus inti. Berbarengan dengan peluncurannya, Pratama mengundang 500 perusahaan travel haji dan umroh untuk bergabung menjadi anggotanya.

Dari 500 industri travel haji dan umroh yang datang, Andika menargetkan seperlimanya menjadi anggotanya. Dia mensyaratkan, anggota yang bergabung harus punya legalitas yang jelas.

" Pratana tidak akan ada pungutan tidak jelas dan memberatkan anggota. Justru kami akan bantu jika ada kesulitan finansial," ucap dia.(Sah)

Beri Komentar