© MEN
Dream - Salah satu penguasa pasar otomotif nasional, PT Astra Daihatsu Motor langsung injak gas di awal tahun 2023. Penjualan ritel Daihatsu di Januari 2023 meningkat double digit atau 16 persen dari 78 ribu unit di 2022 menjadi sekitar 90 ribu unit di awal tahun ini.
Pada periode yang sama, Daihatsu meraih penjualan 22.053 unit atau naik sekitar 26 persen dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 17 ribu unit.
Dari capaian tersebut, Daihatsu menguasai pangsa pasar otomotif nasional di Januari 2023 sebesar 24,3 persen. Pencapaian ini membuat Daihatsu tercatat sebagai peringkat dua dalam penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut.
“ Kami bersyukur Daihatsu dapat membuka awal tahun 2023 dengan raihan penjualan positif, ditambah capaian market share sebesar 24,3% pada bulan ini menjadi salah satu yang terbesar bagi Daihatsu,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam keterangannya, dikutip Selasa, 21 Februari 2023.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu pada Januari 2023 masih didominasi oleh tiga model dengan posisi teratas dihuni oleh Sigra sebanyak 6.006 unit atau berkontribusi sekitar 27,2 persen. Disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 5.447 unit (24,7 persen) dan Terios dengan raihan 2.958 unit (13,4 persen).
Menyusul di bawah tiga model terlaris Daihatsu di awal 2023 adalah Xenia sebanyak 2.879 unit (13,1 persen), Ayla terjual 2.567 unit (11,6 persen), Gran Max (MB) sebanyak 1.159 unit (5,3 persen), Rocky ada 717 unit (3,3 persen), dan Luxio & Sirion terjual 320 unit (1,5 persen).
Dream - Penjualan Daihatsu kembali menjadi yang terbesar ke dua selama 14 tahun berturut-turut sejak 2009, dengan capaian pangsa pasar atau market share tahun 2022 sebesar 18,6 persen. Sebelumnya, market share Daihatsu berada di angka 17 persen.
“ Daihatsu mempertahankan posisi ranking dua penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut sejak 2009,” kata Marketing & CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso dalam Media Gathering Daihatsu di Jakarta, Selasa 17 Januari 2023.
Menurut Hendrayadi, mempertahankan posisi nomor 2 bukanlah hal yang mudah, apalagi di industri otomotif. Dia berharap di tahun 2023 dapat mempertahankan market share di kisaran 18 persen atau bahkan lebih tinggi lagi.
“ Market share 18,6 persen di tahun 2022 ini adalah rekor tertinggi,” katanya. Saat ini posisi market share pertama masih dipegang oleh Toyota.
Hendrayadi menyebut penjualan ritel Daihatsu sepanjang 2022 menembus angka 188.660 unit atau naik 24,9 persen dibandingkan tahun 2021 yang terjual di 151.107 unit.
Kemudian secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu tiga model yakni Sigra sebanyak 47.066 unit (24,9 persen), Gran Max Pick Up 45.617 unit (24,2 persen) dan Xenia 23.966 unit (12,7 persen).
Di tahun 2022 Daihatsu juga meluncurkan 4 produk baru yakni Sirion (Juni) Sigra (Juli), Rocky (Agustus), dan Gran Max (Agustus).
Advertisement
Momen Haru Sopir Ojol Nangis dapat Orderan dari Singapura untuk Dibagikan
Siswa Belajar Online karena Demo, Saat Diminta Live Location Ada yang Sudah di Semeru
Cetak Sejarah Baru! 'Dynamite' BTS Jadi Lagu Asia Pertama Tembus 2 Miliar di Spotify dan YouTube
Komunitas Warga Indonesia di Amerika Tunjukkan Kepedulian Lewat `Amerika Bergerak`
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas