© MEN
Dream - Salah satu penguasa pasar otomotif nasional, PT Astra Daihatsu Motor langsung injak gas di awal tahun 2023. Penjualan ritel Daihatsu di Januari 2023 meningkat double digit atau 16 persen dari 78 ribu unit di 2022 menjadi sekitar 90 ribu unit di awal tahun ini.
Pada periode yang sama, Daihatsu meraih penjualan 22.053 unit atau naik sekitar 26 persen dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 17 ribu unit.
Dari capaian tersebut, Daihatsu menguasai pangsa pasar otomotif nasional di Januari 2023 sebesar 24,3 persen. Pencapaian ini membuat Daihatsu tercatat sebagai peringkat dua dalam penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut.
“ Kami bersyukur Daihatsu dapat membuka awal tahun 2023 dengan raihan penjualan positif, ditambah capaian market share sebesar 24,3% pada bulan ini menjadi salah satu yang terbesar bagi Daihatsu,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam keterangannya, dikutip Selasa, 21 Februari 2023.
Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu pada Januari 2023 masih didominasi oleh tiga model dengan posisi teratas dihuni oleh Sigra sebanyak 6.006 unit atau berkontribusi sekitar 27,2 persen. Disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 5.447 unit (24,7 persen) dan Terios dengan raihan 2.958 unit (13,4 persen).
Menyusul di bawah tiga model terlaris Daihatsu di awal 2023 adalah Xenia sebanyak 2.879 unit (13,1 persen), Ayla terjual 2.567 unit (11,6 persen), Gran Max (MB) sebanyak 1.159 unit (5,3 persen), Rocky ada 717 unit (3,3 persen), dan Luxio & Sirion terjual 320 unit (1,5 persen).
Dream - Penjualan Daihatsu kembali menjadi yang terbesar ke dua selama 14 tahun berturut-turut sejak 2009, dengan capaian pangsa pasar atau market share tahun 2022 sebesar 18,6 persen. Sebelumnya, market share Daihatsu berada di angka 17 persen.
“ Daihatsu mempertahankan posisi ranking dua penjualan ritel otomotif nasional selama 14 tahun berturut-turut sejak 2009,” kata Marketing & CR Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso dalam Media Gathering Daihatsu di Jakarta, Selasa 17 Januari 2023.
Menurut Hendrayadi, mempertahankan posisi nomor 2 bukanlah hal yang mudah, apalagi di industri otomotif. Dia berharap di tahun 2023 dapat mempertahankan market share di kisaran 18 persen atau bahkan lebih tinggi lagi.
“ Market share 18,6 persen di tahun 2022 ini adalah rekor tertinggi,” katanya. Saat ini posisi market share pertama masih dipegang oleh Toyota.
Hendrayadi menyebut penjualan ritel Daihatsu sepanjang 2022 menembus angka 188.660 unit atau naik 24,9 persen dibandingkan tahun 2021 yang terjual di 151.107 unit.
Kemudian secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu tiga model yakni Sigra sebanyak 47.066 unit (24,9 persen), Gran Max Pick Up 45.617 unit (24,2 persen) dan Xenia 23.966 unit (12,7 persen).
Di tahun 2022 Daihatsu juga meluncurkan 4 produk baru yakni Sirion (Juni) Sigra (Juli), Rocky (Agustus), dan Gran Max (Agustus).
Advertisement
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
UU BUMN 2025 Perkuat Transparansi dan Efisiensi Tata Kelola, Tegas Anggia Erma Rini
Masa Tunggu Haji Dipercepat, dari 40 Tahun Jadi 26 Tahun
Viral Laundry Majapahit yang Bayarnya Hanya Rp2000
NCII, Komunitas Warga Nigeria di Indonesia
Azizah Salsha di Usia 22 Tahun: Keinginanku Adalah Mencari Ketenangan
Benarkah Gaji Pensiunan PNS Naik Bulan Ini? Begini Penjelasan Resminya!
Timnas Padel Indonesia Wanita Cetak Sejarah Lolos ke 8 Besar FIP Asia Cup 2025
Hore, PLN Berikan Diskon Tambah Daya Listrik 50% Hingga 30 Oktober 2025
Cara Cek Penerima Bansos BLT Oktober-November 2025 Rp900 Ribu
Potret Luna Maya dan Cinta Laura Jadi Artis Bollywood, Hits Banget!