Peran Pentingnya Marketplace Toko Bangunan untuk Perkembangan Perekonomian

Reporter : Alfi Salima Puteri
Senin, 15 Agustus 2022 16:42
Peran Pentingnya Marketplace Toko Bangunan untuk Perkembangan Perekonomian
Untuk memperoleh pembangunan yang baik, maka dibutuhkan pemilihan yang tepat terkait toko bangunan.

Dream - UKM mempunyai peranan yang besar dalam perekonomian lokal, baik itu untuk negara maju ataupun agraris. Di mana di negara-negara maju dan berkembang semakin menambah dan memperluas sektor UKM, tentunya hal tersebut juga diimbangi adanya pembangunan yang baik.

Untuk memperoleh pembangunan yang baik, maka dibutuhkan pemilihan yang tepat terkait toko bangunan. Hal ini dikarenakan pemilihan bahan bangunan yang tepat dapat meminimalisir terjadinya pembengkakan keuangan.

Oleh sebab itu, ada banyak faktor yang akan mempengaruhi hal tersebut. Jika pembangunan berjalan dengan lancar, maka sektor lainnya akan mengikuti dan terpengaruh. Contohnya saja pembangunan jalan yang berfungsi sebagai jalur darat distribusi produk dan layanan UKM sampai ke tangan masyarakat.

Peranan Penting Toko Bahan Bangunan dalam Perekonomian

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya peran toko bangunan ialah penting, akan tetapi lebih penting lagi jika kamu mengetahui terlebih dahulu tentang UKM. Karena kehadiran UKM di negara-negara agraris seperti Indonesia yaitu untuk menghilangkan disparitas yang ditimbulkan oleh langkah kemajuan yang miring.

Terutama karena adanya kecenderungan peningkatan metropolitan yang membuat daerah pedesaan jauh tertinggal dibandingkan dengan daerah metropolitan.

Pada kenyataannya sekarang kemajuan UKM di Indonesia tentang UKM telah menempati beberapa bagian penting di Indonesia. Ada beberapa bagian pekerjaannya sebagai bagian vital dalam tindakan moneter, pemasok kesempatan kerja, pengembangan masyarakat dan ekonomi lokal, pencipta, dan pengembangan pasar, dan menambah peningkatan pengiriman nonmigas.

Secara garis besarnya dapat dikatakan bahwa selama ini penopang utama perekonomian yaitu sektor UKM termasuk konstruksi atau toko bangunan, hal tersebut dapat dilihat pada 2017 terdapat 62,9 juta UKM, pada 2018 mengalami meningkat menjadi 64,1 juta dan pada 2019 menjadi 65,4 juta.

UMKM pasarkan produk di Marketplace© Shutterstock.com

Selain ikut berperan, tentunya salah satu jenis UKM yang menyumbang perkembangan ekonomi di Indonesia yaitu UKM konstruksi. Terbukti dari adanya Pengamatan Badan Pusat Statistik (BPS) yang menunjukkan industri pembangunan Indonesia memiliki komitmen yang sangat besar terhadap PDB Indonesia. Contohnya saja dapat dilihat dari triwulan kedua dari triwulan terakhir 2018 usaha pembangunan memberikan kontribusi sebanyak 10,36 persen.

Selain itu, juga ada triwulan kedua dari triwulan terakhir 2019 sebanyak 10,60 persen. Ditambah adanya triwulan kedua dari triwulan terakhir pada 2020 yang merupakan waktu tersulit akibat wabah pandemi akan tetapi bisnis pembangunan justru berkontribusi nyata terhadap 10,6 persen PDB. Pandemi yang memang mengguncang usaha skala kecil seperti UKM yang menjadi garis terdepan perekonomian di Indonesia.

Dengan harapan penuh pada 2021 industri kawasan pengembangan akan membuat komitmen positif terhadap PDB mencapai 10,7 persen, dimana UKM industri konstruksi termasuk toko bangunan dipandang mempunyai posisi paling tinggi di Indoensia.

Bahkan jumlah UKM konstruksi di Indonesia hampir mencapai 80%, sehingga dapat digolongkan UKM bidang konstruksi mempunyai jumlah terbanyak di seluruh Indonesia.

Hal ini juga termasuk dalam memperbaiki meningkatkan pertumbuhan toko bangunan karena adanya perbaikan teknologi yang mengharuskan para pelaku bisnis untuk mengikuti semua perkembangan yang ada dalam mempertahankan bisnisnya. Dengan begitu, inovasi akan penciptaan tersebut juga akan diikuti dengan pesatnya perkembangan jaringan internet yang di Indonesia.

Penggunaan website sebagai media promosi pun juga turut dimeriahkan oleh toko bangunan di Indonesia pada umumnya akan digunakan dalam berbagai bidang keuangan, termasuk membantu menyelesaikan pekerjaan, memberikan informasi kepada pembeli, pembelian, dan penjualan secara online.

 

1 dari 2 halaman

Perubahan perilaku belanja tersebut akan mendorong pesatnya perkembangan pusat komersial yang ada di Indonesia yang dapat mempengaruhi tingkat konsumen yang pada umumnya akan menyukai belanja melalui internet karena dipandang lebih layak dan bisa dilakukan kapanpun, termasuk transaksi pada toko bangunan.

Hal itu juga didukung dari adanya revolusi industri keempat yang dijunjung oleh digitalisasi merupakan jalan menuju perubahan modern di Indonesia termasuk toko bangunan. Sehingga, pemanfaatan digitalisasi sangat penting untuk tujuan akhir guna memperluas keseriusan industri pembangunan publik.

Di mana pusat komersial ini juga akan membantu pelaku pembangunan untuk mendapatkan biaya langsung yang didukung adanya strategi angsuran yang dapat disesuaikan dan sesuai dengan langkah-langkah bisnis dalam proyek pembangunan.

UMKM pasarkan produk di Marketplace© Shutterstock.com

Penyedia sekaligus grosir yang merupakan UKM termasuk toko bangunan untuk pengembangan yang dapat membantu untuk mengiklankan barang-barang sekaligus mengurangi biaya fungsional bisnis mereka. Untuk membuat sebuah produk mempunyai eksekusi baik, tentunya tidak dipisahkan dari cara memilih dan melaksanakan teknik pemeriksaan dan pengaturan.

Menentukan dengan teknik yang tepat memberikan banyak manfaat dan kemudahan dalam memberikan suatu struktur. Sistem tidak hanya fokus pada model dan manfaat suatu item seperti yang dilakukan oleh dialek pemrograman dan penggunaan indeks informasi. Oleh sebab itu, konstruksi atau toko bangunan bisa memberikan kontribusi terhadap perekonomian Indonesia.

 

2 dari 2 halaman

Rekomendasi Tempat Pembelian Bahan Bangunan

Ukur.com merupakan marketplace yang mempunyai fokus bergerak dibidang konstruksi. Didirikan sekaligus dibentuk pada saat pandemi sedang melanda tepatnya tahun 2020 oleh Felix Demas Handoko.

Felix Demas Handoko sendiri merupakan seorang pengusaha di bidang kontraktor interior yang menyediakan berbagai toko bangunan sekaligus specialist di dunia digital marketing khususnya SEO. Felix Demas Handoko percaya bahwa dengan bantuan internet maka ukur.com dapat mengundang banyak traffic atau online presence yang dapat membantu dan berguna bagi banyak orang termasuk penjual maupun pembeli, sekaligus orang yang ingin mencari informasi

Selain itu, alasan lain yang menjadi kelebihannya yaitu Ukur.com lebih memfokuskan diri untuk membantu merchant atau penjual yang produknya harus diukur terlebih dahulu atau bisa dibilang barang custom yang harus dipasang, sebagai contoh gorden, pintu kaca, kitchen set dan masih banyak lainnya.

UMKM pasarkan produk di Marketplace© Shutterstock.com

Sekaligus kumpulan toko bangunan yang tujuan berdirinya sebagai marketplace konstruksi yang berawal dari banyaknya masalah yang ditemukan di dunia konstruksi seperti contoh harga konstruksi yang terlalu tinggi karena banyaknya markup, banyaknya penengah atau broker di dunia konstruksi dan juga pembayaran yang cenderung lama di dunia konstruksi.

Permasalahan tersebut tentunya dapat memberatkan para penjual maupun pembeli didalamnya. Oleh sebab itu, Ukur.com membuat wadah tempat untuk meminimalisir terjadinya hal-hal buruk tersebut terhadap penjual atau pembeli di toko bangunan.

Sekaligus karena adanya dampak paling parah yaitu tentang harga atau tukang atau pekerja harian yang hanya dibayar ketika mereka bekerja, maka akan merasa paling diberatkan jika terjadi kecurangan.

Maka dari itu ukur.com tergerak untuk membuat marketplace konstruksi atau kumpulan toko bangunan secara online ini agar dapat menyelesaikan permasalahan- permasalahan yang timbul sekaligus menjadi penengah antara penjual dengan pembeli atau pemberi kerja dengan pelaksana kerja.

Dengan adanya ukur.com maka berbagai harapan terkait harga konstruksi akan menjadi transparan dan pembeli dan penjual akan diuntungkan dengan menggunakan sistem ukur.com sebagai media penengah transaksi antara kedua belah pihak.

Adapun kegiatan ukur.com saat ini merupakan memberikan edukasi kepada penjual seperti toko bangunan, toko interior, supplier dan para pemegang brand untuk memiliki online presence yang menjadi sangat penting saat ini.

Beri Komentar