Perdagangan Internasional Adalah Tujuan, Faktor, Dan Manfaatnya

Reporter : Ulyaeni Maulida
Jumat, 13 November 2020 11:27
Perdagangan Internasional Adalah Tujuan, Faktor, Dan Manfaatnya
Ekspor Impor menjadi komponen penting dalam perdagangan internasional.

Dream – Perdagangan menjadi sektor yang dapat membantu meningkatkan perekonomian negara. Salah satunya adalah perdagangan intenasional.

Perdagangan internasional adalah kegiatan transaksi jual beli antar suatu negara dengan negara lainnya. Dengan adanya perdagangan internasional, banyak manfaat yang akan didapatkan oleh sebuah negara.

Perdagangan internasional bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak dapat terpenuhi karena adanya keterbatasan-keterbatasan tertentu.

Ekspor Impor menjadi komponen penting dalam perdagangan internasional, dalam hal ini manfaat perdagangan internasional bisa dirasakan apabila ada kesepakatan bersama antara negara satu dengan negara yang bersangkutan.

1 dari 3 halaman

Tujuan Dari Perdagangan Internasional

Ilustrasi© Freepik

Tujuan dari perdagangan internasional adalah untuk memperoleh keuntungan. Perdagangan internasional ini diwujudkan melalui kegiatan ekspor dan impor. Kegiatan ekspor adalah kegiatan menjual barang atau jasa ke luar negeri. Sedangkan kegiatan impor adalah kegiatan membeli barang atau jasa dari luar negeri.

Kegiatan ekspor dan impor dalam perdagangan internasional adalah dapat memberikan banyak keuntungan bagi kedua belah pihak. Keuntungan perdagangan internasional adalah dapat menghasilkan devisa negara, hingga memiliki keuntungan di bidang politik, pertahanan dan sosial budaya.

Tak hanya dapat memenuhi kebutuhan saja, kegiatan ekspor dan impor juga dapat memiliki manfaat lainnya, antara lain adalah:

  • Memperkenalkan sumber alam negara pada negara lainnya
  • Membantu negara lain untuk mencukupi kebutuhannya
  • Dapat meningkatkan devisa negara
  • Membantu mempererat hubungan dengan negara-negara lainnya
  • Meningkatkan produksi kedua belah pihak
  • Memenuhi kebutuhan negara
2 dari 3 halaman

Faktor yang Mempengaruhi Perdagangan Internasional

Ilustrasi© Freepik

 

Perdagangan internasional juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya:

Inflasi

Tingkat inflasi di suatu negara dapat mempengaruhi perdagangan internasional. Bila inflasi sebuah negara meningkat terhadap negara-negara tujuan perdagangannya, maka transaksi diperkirakan akan menurun.

Konsumen dan perusahaan di negara tersebut kemungkinan besar akan membeli lebih banyak barang di luar negeri (karena inflasi lokal yang tinggi), sementara ekspor negara tersebut ke negara lainnya akan menurun.

Adanya pasar bebas

Pasar bebas adalah salah satu faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional. Pasar bebas membuat siapa saja berhak meningkatkan atau memperluas pasar di berbagai negara.

Pasar bebas dibutuhkan untuk meningkatkan kerja sama antarnegara yang berpeluang menambah pendapatan negara. Kebebasan ekonomi menjadi pemicu individu maupun kelompok untuk berlomba-lomba menambah pasar dan meningkatkan produksi.

Perbedaan kondisi geografis

Setiap negara memiliki keadaan geografis yang berbeda dengan negara lain yang menyebabkan perbedaan pada sumber daya yang dihasilkan. Perbedaan inilah yang dapat mempengaruhi perdagangan internasional.

Bila sebuah negara memiliki pasokan sumber daya yang melimpah, maka mereka dapat melakukan ekspor ke negara lain yang membutuhkan sumber daya tersebut.

Perbedaan teknologi

Perbedaan teknologi ini menyebabkan suatu negara yang hanya bisa menghasilkan barang mentah harus mengekspor ke negara lain untuk diolah dan diimpor kembali ke negaranya dengan harga lebih mahal.

Begitu juga sebaliknya, apabila suatu negara hanya maju dalam teknologi saja tanpa adanya pasokan sumber daya alam maka ia membutuhkan bantuan dari negara lain. Inilah peran suatu bentuk perdagangan internasional yang saling menguntungkan.

Kebijakan pemerintah

Pemerintahan di suatu negara dapat memiliki pengaruh besar terhadap neraca perdagangannya karena kebijakannya mengenai subsidi eksportir, pembatasan impor, atau kurangnya penegakan hukum terhadap pembajakan. Hal ini jelas akan berpengaruh terhadap perdagangan internasional

3 dari 3 halaman

Manfaat Perdagangan Internasional

Ilustrasi© Freepik

Adanya perdagangan internasional tentunya memberikan manfaat bagi negara yang melakukannya. Diantara manfaat perdagangan internasional adalah sebagai berikut:

Memperluas pasar

Dengan adanya perdangan internasional tentunya dapat memperluas pasar sebuah negara. Karena pangsa pasarnya akan lebih besar.

Hal ini dilakukan dengan memproduksi secara optimal, tanpa takut kelebihan produksi dan harga jual yang turun.

Dengan adanya perdagangan internasional, pengusaha bisa menjalankan mesin-mesin produksinya secara maksimal dan menjual kelebihan produk yang dihasilkan ke luar negeri.

Peluang kerja terbuka

Adanya perdagangan internasional juga memberikan kesempatan kerja yang lebih luas dan terbuka. Hal ini dikarenakan perdagangan internasional membantu menghasilkan lebih banyak lapangan pekerjaan melalui pembangunan industri-industri baru guna memenuhi permintaan produk di berbagai negara.

Meningkatkan kesejahteraan negara

Perdagangan internasional dapat menaikkan pendapatan dari sebuah negara. Sehingga akan sejalan dengan semakin meningkatnya kesejahteraan negara tersebut.

Hal ini dikarenakan negara yang kelebihan dan kekurangan akan suatu barang dapat menjual dan memperoleh barang yang dibutuhkan.

Kebutuhan semakin mudah terpenuhi

Perdagangan internasional juga dapat memudahkan sebuah negara untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa diproduksi sendiri.

Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti sumber daya yang tidak memadai hingga kondisi geografisnya.

Terjalin hubungan yang baik

Manfaat lainnya yang bisa dirasakan dari perdagangan internasional adalah terjalinnya hubungan baik antar negara. Deangan adanya hubungan baik akan semakin meningkatkan kerjasama lainnya diluar sektor perdagangan internasional.

 

(Sumber: Liputan6.com dan sumber lainnya)

Beri Komentar