4 Layanan Favorit Saat Memakai Mobile Banking

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 30 November 2022 11:47
4 Layanan Favorit Saat Memakai Mobile Banking
Sudahkah kamu memakai semua layanan favoritnya?

Dream - Pemakaian mobile banking makin marak dari tahun ke tahun. Kini mobile banking bahkan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Sehingga, nasabah tidak perlu keluar rumah untuk bertransaksi.

Kenyamanan bertransaksi melalui mobile banking pun tidak hanya cepat dan praktis, tapi juga tersedianya berbagai layanan serta penawaran tambahan yang membuat seseorang semakin tertarik bertransaksi melalui ponsel.

Berikut 4 transaksi yang paling sering dilakukan di mobile banking menurut Lusiana Saleh, Head of Digital Banking, Branchless & Partnership CIMB Niaga.

1 dari 4 halaman

1. Transfer Uang

Memakai Mobile Banking© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Ini merupakan layanan utama yang kerap tersedia di berbagai mobile banking. Tapi, setiap mobile banking memiliki memiliki penawaran, kelebihan, dan kekurangannya masing-masing.

Beberapa mobile banking menarik biaya tambahan atau biaya administrasi untuk layanan transfer uang ke rekening bank lain. Ada pula mobile banking yang mengalami server down ketika mengalami lonjakan jumlah transaksi dalam satu waktu.

Kedua hal tersebut menjadi perhatian Lusi untuk menjaga kenyamanan pengguna saat bertransaksi menggunakan Octo Mobile. CIMB Niaga sendiri menyediakan penawaran 20 kali transfer gratis untuk pengguna baru Octo Mobile.

CIMB Niaga juga mengupayakan agar pengguna Octo Mobile tetap lancar bertransaksi ketika terjadi lonjakan jumlah transaksi seperti di hari pembayaran gaji dan THR (Tunjangan Hari Raya).

2 dari 4 halaman

2. Top Up E-wallet

Selain transfer uang, top up e-wallet atau mengisi saldo dompet digital menjadi transaksi yang paling sering dilakukan. Pasalnya, cukup banyak kebutuhan atau keperluan yang dibayar melalui dompet digital.

Terutama, jika menggunakan jasa pengiriman instan atau berbelanja di e-commerce. Beberapa mobile banking menarik biaya administrasi setiap kali mengisi saldo dompet digital.

Tentunya, biaya tersebut jadi semakin besar jika kamu berkali-kali mengisi saldo. Untungnya, beberapa mobile banking menawarkan pengisian saldo dompet digital gratis sebanyak 20 kali. Jadi, kamu bisa menghemat saldo tabungan ketika mengisi dompet digital.

3 dari 4 halaman

3. Bill Payment

Memakai Mobile Banking© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Bill payment kerap jadi layanan yang menguntungkan nasabah karena tidak perlu ke ATM untuk membayar tagihan tepat waktu. Kini, mobile banking telah menyediakan pembayaran berbagai tagihan, seperti kartu kredit, listrik, telepon rumah, wifi, pulsa ponsel, zakat, biaya sewa, tiket pesawat, PDAM, kesehatan atau asuransi, dan pajak.

4 dari 4 halaman

4. Investasi

Berinvestasi semakin mudah karena layanannya telah tersedia di mobile banking. Kamu bisa berinvestasi melalui reksa dana, obligasi, dan lain-lain. Elemen investasi yang paling sering digunakan melalui Octo Mobile sendiri adalah reksa dana.

Sementara minat pemakaian obligasi sebagai elemen investasi masih belum stabil. " Biasanya, minatnya akan naik saat pemerintah rilis obligasi baru aja. Tapi, kami lagi mengedukasi nasabah untuk membeli obligasi sekunder," tutur Lusi dalam Sharing Session 'Digital Super App Kekinian dan Relevan dengan Kebutuhan Masyarakat' Bersama Octo Mobile di Element by Westin, Bali, Senin 28 November 2022.

Ke depannya, Lusi akan melihat potensi menambahkan elemen investasi crypto meski belum terencana. " Sebenarnya kalau crypto, kami belum ke arah sana. Tapi, kami sudah dipanggil OJK dan sudah mulai ada pembicaraan. Mungkin, akan ada regulasi tertentu terkait crypto," tutupnya.

Beri Komentar