Perusahaan Pembiayaan Italia Lirik Keuangan Syariah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 8 Juni 2016 13:01
Perusahaan Pembiayaan Italia Lirik Keuangan Syariah
Mereka mengincar pasar Timur Tengah dan Afrika Utara.

Dream - Perusahaan kredit ekspor Italia, Servizi Assicurativi del Commercio Estero (SACE), berencana merambah keuangan syariah. Tujuannya untuk mendukung rencana ekspansi mereka ke Timur Tengah dan Afrika Utara.

" Kami berpikir bisa meraih banyak pelanggan, baik yang besar maupun yang kecil di sektor barang konusumsi dan industri," kata Ketua SACE, Giovani Castellaneta, dilansir dari Arabian Business, Rabu 8 Juni 2016.

Tahun 2015, SACE membayarkan kredit asuransi sebesar US$46,4 miliar. Angkanya naik sebesar 11,6 persen dari tahun 2014. Kredit ekspor ke Timur Tengah dan Afrika Utara menyumbang 14 persen.

Kepala kantor SACE di Dubai, Marco Ferioli mengatakan pihaknya mengadakan pembicaraan dengan salah satu bank internasional besar yang mengoperasikan unit usaha syariah. Mereka ingin belajar bagaimana SACE bisa menyesuaikan diri dengan prinsip syariah, termasuk larangan bunga.

" Kami belajar struktur syariah untuk pembiayaan investasi dan kontrak ekspor untuk membuat kontrak kami sejalan dengan persyaratan struktur syariah," kata dia.

Ferioli mengatakan salah satu produk pembiayaan konvensional SACE adalah kredit pemasok di mana perusahaan kredit menanggung risiko penangguhan pembayaran oleh eksportir.

Produk konvensional selanjutnya adalah kredit pembeli di mana skemanya sering digunakan untuk membeli alat berat dan membiayai proyek. Perusahaan mengcover risiko yang dari pinjaman jangka panjang yang diberikan bank terhadap pembeli asing.

Dia menyebut pihaknya mengkaji kemungkinan untuk mengganti salah satu produknya dengan produk syariah, seperti kredit murabahah. " Produk konvensional tetap menjadi inti bisnis kami. Meskipun demikian keuangan syariah tumbuh di wilayah regional dan kami menerima permintaan (produk kredit) syariah dari pelanggan kami di Arab Saudi, Qatar, Turki, dan Iran," kata Feriolli.

Beri Komentar