Profesi Unik dan Menantang, Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat

Reporter : Alfi Salima Puteri
Jumat, 10 Desember 2021 14:12
Profesi Unik dan Menantang, Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat
Setiap bandara membutuhkan tukang parkir pesawat demi kelancaran operasional. Syarat utama menjadi marshaller adalah mampu memberikan arahan secara cepat dan tepat.

Dream - Sahabat Dream mungkin masih asing dengan istilah marshaller. Marshaller adalah sebutan dari juru atau tukang parkir pesawat. Pekerjaan ini sangat menantang karena marshaller memang dituntut untuk tidak melakukan kesalahan sekecil apapun.

Setiap bandara membutuhkan tukang parkir pesawat demi kelancaran operasional. Syarat utama menjadi marshaller adalah mampu memberikan arahan secara cepat dan tepat.

Fungsi dan tugas marshaller yakni mengatur mobilitas pesawat. Tepatnya, ia mengatur keadaan lintas pesawat baik saat takeoff maupun landing. Oleh karena itu, juru parkir pesawat berperan penting dalam memberikan isyarat visual kepada pilot dan personil yang ada di landasan.

Marshaller yang Sahabat Dream jumpai umumnya memaki rompi keselamatam berwarna mencolok seperti oranye, kuning, dan hijau. Tujuannya agar pilot dapat melihatnya di antara banyaknya orang. 

Sebagai salah satu pekerjaan yang menantang, gaji yang diterima juru parkir pesawat ini bervariasi. Hal ini tentunya juga berdasarkan tingkat keterampilan, lokasi, dan pengalaman yang dimiliki juru parkir pesawat itu sendiri.

1 dari 4 halaman

Situs pencarian kerja ZipRecruiter menyebutkan data per Kamis, 2 Desember 2021, gaji tahunan rata-rata untuk marshaller di Amerika Serikat adalah USD43.861 atau sekitar Rp622 juta per tahun. 

Jika disederhanakan, itu kira-kira sekitar USD21,09 atau Rp299 ribu per jam. Ini setara dengan USD843 atau Rp11,9 juta per minggu atau USD3.655 atau Rp51,9 juta bulan.

Sementara, gaji tukang parkir pesawat yang berada di atas rata-rata adalah di San Fransisco dilanjutkan dengan San Jose di California dan Fremont. San Jose mengalahkan rata-rata nasional sebesar USD6.627 atau sekitar Rp94 juta, dan San Francisco, berada di atas rata-rata dengan USD9.983 atau sekitar Rp141 juta.

2 dari 4 halaman

9 Pekerjaan Dianggap Sepele Tapi Gaji Besar, Ada yang Rp2 Miliar Perbulan

Dream – Hampir semua orang ingin mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Tentu saja, hal tersebut dibarengi dengan risiko yang cukup berat.

Namun, ada beberapa jenis pekerjaan unik di dunia yang terdengar sepele. Uniknya, pekerjaan tersebut memiliki gaji yang besar. Bahkan lebih banyak dibanding karyawan pada umumnya.

Nah, berikut deretan pekerjaan unik dengan gaji tinggi yang dilansir dari berbagai sumber.

Tukang Tidur Profesional

Ilustrasi© Pexels.com

Tukang tidur profesional diperlukan untuk mengumpulkan informasi mengenai kondisi seseorang ketika sedang tidur.

Saat sedang tertidur, biasanya berbagai alat di pasang di tubuh untuk memeriksa detak jantung, aktivitas otak dan berbagai hal lain yang terjadi saat tertidur.

Orang bekerja sebagai tukang tidur profesional mendapatkan gaji yang cukup besar. Rata-rata orang yang direkrut untuk tidur di bayar Rp16,2 juta per bulan.

3 dari 4 halaman

Pembersih TKP

Di Amerika Serikat, pembersih TKP mendapatkan penghasilan sekitar Rp3,5 juta per jam. Namun, hal ini disesuaikan dengan banyaknya jumlah permintaan. Sehingga pekerjaan ini tidak memiliki penghasilan tetap setiap bulannya.

Pengumpul Bola Golf

Ilustrasi© Pexels.com

Rata-rata pengumpul bola golf di AS bisa menghasilkan sekitar 100 ribu dolar per tahun (sekitar Rp 1,4 miliar). Besaran upah yang didapat bergantung pada lapangan golf dan kesepakatan berapa nominal dibayar untuk setiap bola yang diperoleh.

Tukang Peluk Profesional

Tukang peluk secara profesional disebut cuddler. Mereka bertugas memeluk orang dan memberi kenyamanan pada mereka yang sedang menghadapi masalah.

Pekerjaan ini dapat menghasilkan keuntungan hingga Rp800 juta. Jumlah sebesar itu dapat raih dalam waktu yang cukup singkat, tidak lebih dari 9 bulan.

Tukang Cium Ketiak

Dalam profesi ini, seseorang akan mencium aroma dan melaporkan temuan dengan skala 0-10. Nilai 0 untuk bau yang tidak terlalu kuat dan 10 untuk bau tajam. Pelamar yang diterima akan mendapatkan penghasilan US$2 juta per tahun (Rp28,12 miliar) atau sekitar Rp2,34 miliar per bulan.

 

4 dari 4 halaman

Menyalakan dan Mematikan Lampu

Ilustrasi© Pexels.com

Profesi langka ini ditemukan di Swedia. Si pelamar hanya bertanggung jawab menyalakan dan mematikan lampu setiap hari pada jam yang telah ditentukan. Menurut media setempat, kandidat yang terpilih ini akan mendapatkan pendapatan bulanan senilai US$2.320 (Rp33,16 juta). Ada juga kenaikan gaji tahunan, tunjangan, waktu libur, dan dan pensiun.

Pencicip Makanan Hewan Peliharaan

Orang ini bertugas menilai rasa, tekstur, kandungan gizi bahkan hingga kemasan makanan hewan peliharaan. Ada perlakukan khusus untuk para pencicip makanan anjing dan kucing ini. Mereka tidak perlu menelan makanan. Artinya, ketika sudah mencecap rasanya, makanan bisa langsung dibuang.

Bayaran untuk pekerjaan pencicip makanan hewan peliharaan ini sekitar Rp70 juta perbulan atau sekitar Rp600 juta-Rp 900 juta per tahun.

Pengumpul Bangkai Rusa

Ilustrasi© Pexels.com

Rata-rata setiap tahun di AS, terjadi 1,5 juta insiden penabrakan rusa. Pengumpul bangkai hewan itu pun sangat dibutuhkan, yang juga bertugas membersihkan jalanan pasca-kecelakaan berlangsung.

Ternyata pekerjaan ini mendapatkan upah yang sangat tingi. Seorang pengumpul bangkai rusa mampu menghasilkan 72 ribu dolar (sekitar Rp1,07 miliar) setiap tahunnya jika tinggal di negara bagian dengan tingkat penabrakan rusa yang sedang hingga tinggi.

Pengumpul Urin Rusa

Di Amerika Serikat, terdapat sebuah " parfum" khusus untuk memikat hewan buruan. Cairan itu digunakan untuk menyembunyikan aroma manusia serta memikat kijang atau rusa, karena indera penciuman mereka cukup baik.

Nah, disana terdapat petugas pengumpul urin rusa. Dimana urin itu dijual dengan harga Rp1,55 juta per galon. Tak hanya itu, gaji dari pengumpul urin rusa juga fantastis. Lantaran tidak banyak orang yang memiliki keahlian untuk melakukannya.

Beri Komentar