Riset: 70 Persen Ibu Indonesia Mandiri Secara Finansial

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya
Rabu, 22 Desember 2021 13:36
Riset: 70 Persen Ibu Indonesia Mandiri Secara Finansial
70 persen dari wanita khususnya para ibu mampu mandiri secara ekonomi dan memiliki pendapatan sendiri merasa sudah berdaya.

Dream - Meski mencari nafkah pada umumnya jadi tanggung jawab suami, faktanya banyak istri juga turut andil dalam mencari nafkah. Mandiri secara finansial ini tentunya memberikan banyak manfaat yang dapat membantu keuangan keluarga juga membuat wanita lebih berdaya.

Indonesia mencatatkan prestasi apik perihal kesempatan wanita untuk memiliki bisnis dan usaha. Dari riset yang dilakukan Orami, 70 persen dari wanita khususnya para ibu mampu mandiri secara ekonomi dan memiliki pendapatan sendiri merasa sudah berdaya.

Mereka pun mengaku merasa sudah berdaya. Hal ini membuktikan bahwa kemampuan untuk mandiri secara ekonomi sangat penting untuk membantu seorang ibu jadi lebih berdaya.

Orami© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Punya penghasilan sendiri menjadi hal yang diinginkan oleh hampir seluruh Ibu, dan mayoritas aspirasi untuk mandiri secara finansial muncul bukan karena keharusan atau kebutuhan. Melainkan karena keinginan dan aktualisasi diri,” ujar Prita Apresianti, Head of Content Orami pada konferensi virtual, Selasa 21 Desember 2021.

1 dari 3 halaman

Tingkatkan Kesetaraan di Rumah dan Lingkungan Bisnis

Wanita yang berdaya secara ekonomi tidak hanya meningkatkan perekonomian keluarga, tetapi juga membuatnya lebih percaya diri mengambil keputusan dalam urusan rumah tangga.

Orami© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Pemberdayaan ekonomi membuat peran perempuan dalam mengambil keputusan penting dan setara dalam keluarga. Selain itu, partisipasi perempuan dalam aktivitas ekonomi juga dapat meningkatkan produktivitas dan PDB serta kesetaraan pendapatan,” ujar Pertiwi Triwidiahening, National Programme Officer, pada acara yang sama.

Semakin banyaknya Ibu pengusaha maupun freelancer juga menjadi tanda bahwa kesempatan bagi para Ibu untuk mampu mandiri secara ekonomi kini terbuka lebar dan hal ini merupakan sebuah indikasi positif untuk meningkatkan kesetaraan di bidang ekonomi.

2 dari 3 halaman

Merasa Lebih Berdaya Berpengaruh ke Kesahatan Mental

Jika seorang wanita, termasuk ibu, berdaya secara ekonomi. Maka akan timbul rasa fulfilled akan potensinya yang terfasilitasi. Dan hal ini akan membuat sang ibu lebih bahagia dan sehat secara mental.

Orami© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream

“ Itulah mengapa Ibu yang berdaya, secara mental biasanya lebih sehat dan hasilnya, ia akan lebih mampu memaksimalkan berbagai perannya dengan baik,” ucap Psikolog Anastasia Satriyo.

Tentunya ibu yang bahagia dan sehat secara mental memiliki potensi untuk memberikan kehidupan yang sejahtera bagi keluarganya, terutama anak-anaknya.

“ Secara jangka panjang, tentu hal ini akan berpengaruh kepada tumbuh kembang generasi kita ke depannya,” tambah Anastasia.

3 dari 3 halaman

Komunitas Ibu untuk Saling Support

Komunitas Ibu mampu saling mendukung, memberikan opini dan rekomendasi menjadi hal penting bagi para ibu. Karena mayoritas Ibu menjadi sosok yang paling berpengaruh, baik di keluarganya masing-masing maupun kepada komunitas di sekelilingnya.

Melihat potensi para Ibu ini, Orami menghadirkan program ‘IbuSibuk’ di pertengahan tahun ini. Sebagai program pemberdayaan ekonomi dari Orami, IbuSibuk menjadi platform yang memungkinkan para Ibu untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah dengan cara menjadi nano-influencers yang merekomendasikan produk dan layanan dari berbagai brand.

Orami© Ferdike Yunuri Nadya/ Dream


 
“ Sebagai bentuk komitmen untuk menghadapi kendala para Ibu dalam menambah ilmu dan network, para anggota IbuSibuk tidak hanya diberi akses ke beragam brand campaign, namun juga akan diberi pelatihan eksklusif terkait entrepreneurship dan pengembangan diri,” lanjut Prita lagi.

Merayakan Hari Ibu, Orami juga meluncurkan hasil riset terbaru terkait makna pemberdayaan bagi Ibu yang bertajuk “ Uncovering the Potential of Indonesian Mothers: Pandangan soal Pemberdayaan Ibu
dan Aspirasi untuk Mandiri secara Ekonomi”.

Untuk ikut program ‘Ibu Sibuk’ maupun membaca hasil riset Orami, dapat di cek disini ya, Sahabat Dream.

Beri Komentar