Rumah Mungil 1 Kamar Ini Seharga Rp9 Miliar, Apa yang Bikin Mahal?

Reporter : Reni Novita Sari
Sabtu, 15 Agustus 2020 12:00
Rumah Mungil 1 Kamar Ini Seharga Rp9 Miliar, Apa yang Bikin Mahal?
Walau mahal, ternyata rumah ini banyak peminatnya, mengapa?

Dream- Pembeli properti di Auckland, wilayah Selandia Baru, didorong untuk mengikuti gerakan rumah kecil dengan membeli pondok kecil satu kamar tidur seharga 900.000 dolar Selandia Baru atau sekitar Rp9 miliar.

Rumah ini menjalani proses lelang mulai 12 Agustus 2020. Ray White, perusahaan marketing properti yang menjual rumah ini, menyampaikan lelang itu akan jadi peluang bagus bagi para calon pembeli.

" Jika anda sedang mencari rumah awal di pinggiran kota, maka pondok kecil ini mesti Anda kunjungi," demikian pernyataan perusahaan dilansir laman Stuff.

1 dari 7 halaman

Apa yang Bikin Mahal?

Pondok kecil ini memiliki satu tempat tidur dan satu kamar mandi di atas tanah dengan status hak milik seluas 239 meter persegi. Berlokasi di alamat Jalan 32 Alexander St, pinggiran pusat Kota Kingsland.

Rumah Mini© Foto : Trade Me

Pondok ini memiliki lokasi strategis dari area sekitar seperti Ponsonby, Kingsland Village, dan Eden Park. 

Pembeli dapat menikmati rumah dan taman cantik dari rumah ini sebagaimana adanya atau memperluas rumah mungil ini, yang memiliki luas area rumah 51 meter persegi.

Namun jika seseorang berminat untuk menyewanya, rumah tersebut sedang mengadakan penawaran sebesar Rp3,7 Juta perminggu hingga Januari 2021.

2 dari 7 halaman

Banyak Orang Tertarik

Saat acara open house pada Sabtu lalu, sekitar tiga pasangan berkunjung, bersama dengan satu keluarga dan lima calon pembeli lainnya. Salah satu pasangan berkomentar bahwa rumah kecil itu terlihat sangat manis.

Rumah Mini© Foto : Trade Me

Setelah iklan tersebut dipasang sejak 23 Juli, rumah tersebut telah dikunjungi sebanyak 17.000 kali. Hal ini membuktikan jika banyak orang yang berminat dengan rumah mini tersebut.

Pondok kecil ini juga bukan yang pertama dijual Ray White. Pada bulan Januari lalu, Ray berhasil menjual tiga kamar tidur seharga lebih dari Rp25 Miliar. Sementara pada senin lalu, Ray telah menjual bangunan serupa dengan dua kamar tidur di wilayah Sandringham.

Sumber : Stuff

3 dari 7 halaman

Terlihat Sederhana, Rumah Nobita di Dunia Nyata Ternyata Seharga Rp9,6 M

Dream - Hampir semua anak-anak Indonesia khususnya era 90-an pasti dibesarkan dengan tontonan serial kartun Jepang Doraemon. Serial yang diangkat dari cerita komikini bahkan masih tetap diputar di layar TV hingga saat ini.

Selama akhir pekan generasl ini disuguhi kejenakaan Nobita, pria berkacamata yang hidupnya ditemani oleh robot kucing dari abad ke-22, Doraemon.

Jika Sahabat Dream juga penggemar kartun Doraemon pasti sudah tidak asing lagi dengan seluk beluk kehidupan mereka, termasuk rumah Nobita.

Rumah Nobita sering digambarkan sebagai rumah 'sederhana'. Rumah bertingkat 2 itu punya ruang tamu, dapur dan kamar Nobita yang direka dengan konsep minimalis.

Tapi tahukah kalian, walaupun kartun ini dibuat pada tahun 1962, rumah Nobita dianggap mahal pada saat ini. Nilai jual rumah Nobita mencapai 70 juta yen atau Rp9,6 miliar.

4 dari 7 halaman

Terlihat Sederhana, Harga Rumah Nobita Termasuk Mahal

Melalui cuitan yang ditulis oleh novelis Jepang, SOW, di akun Twitter-nya, @sow_LIBRA11. Dia membuat thread khusus berisi perhitungan harga rumah yang ditemukan di anime Jepang.

" Untuk tahun 70-an, rumah keluarga Nobi dianggap sebagai 'rumah biasa'. Sebuah rumah dua tingkat yang terletak di Nerima Ward, Tokyo, dengan harga sekitar 70 juta yen," tulis SOW.

" Jika dibeli dengan kredit, maka ayah Nobita harus membayar sekitar 200 ribu yen (Rp27,5 juta) sebulan. Ayah Nobita pasti memiliki gaji yang tinggi," tambahnya.

5 dari 7 halaman

Jika Menyewa, Ayah Nobita Bayar Segini Tiap Tahun

SOW kemudian menghitung pengeluaran ayah Nobita jika rumah yang ditempati keluarganya itu adalah rumah kontrak, bukan milik pribadi.

" Mungkin Anda akan berkata, 'Bukankah mereka menyewa rumah itu?'. Berdasarkan harga pasaran, rumah jenis ini mungkin disewa dengan harga 160 ribu yen (Rp22 juta) per tahun," katanya.

Bukan hanya rumah Nobita, SOW juga membuat perkiraan rumah keluarga Sazae-san yang sudah 'berdiri' sejak tahun 1946.

6 dari 7 halaman

Harga Rumah Sailor Moon yang Paling Mahal

Sazae-san adalah kartun legendaris yang jarang diketahui oleh penggemar anime di luar Jepang. Karena itu, Sazae-san tidak pernah tayang di Indonesia.

Menurut perkiraan SOW, rumah keluarga Sazae-san diperkirakan mencecah hingga 150 juta yen atau sekira Rp20,6 miliar.

Kemudian ada rumah Usagi Tsukino, Sailor Moon, yang harganya lebih tinggi mencapai 450 juta yen atau sekira Rp61,9 miliar.

7 dari 7 halaman

Rumah Shin Chan Harganya Rp2,8 Miliar

Yang terakhir, SOW membuat perkiraan harga rumah Chibi Maruko-chan alias Shin chan, bocah kecil yang nakalnya tidak ketulungan.

Menurut SOW harga rumah keluarga Shin chan saat ini bisa ditaksir mencapai 20 juta yen atau sekira Rp2,8 miliar.

Sumber: TheVocket

Beri Komentar