Manfaat Surat Referensi Kerja Selain Melamar Pekerjaan Baru

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 14 Oktober 2019 07:36
Manfaat Surat Referensi Kerja Selain Melamar Pekerjaan Baru
Yang nomor tiga sering dilupakan.

Dream – Sebagian dari kamu yang minim pengalaman kerja, tentu belum memahami surat paklaring. Padahal, surat itu punya segudang kegunaan, terutama bagi karyawan yang ingin berhenti dan pindah kerja.

Istilah di kalangan dunia kerja, paklaring ini adalah surat referensi dari bekas perusahaan tempat bekerja. Surat ini akan sangat dibutuhkan saat kamu hendak melamar kerja ke tempat yang baru.

Dikutip dari Cek Aja, Senin 14 Oktober 2019, kata paklaring umumnya mengacu pada istilah surat keterangan atau referensi yang isinya berupa pernyataan seseorang pernah bekerja pada sebuah perusahaan dengan mencantumkan posisi serta lama waktu bekerja.

Tak hanya itu, kadang beberapa perusahaan juga melengkapi surat paklaring dengan prestasi dan pencapaian yang berhasil diperoleh oleh karyawan selama bekerja.

Ada empat kegunaan surat paklaring. Berikut ini rinciannya.

1 dari 4 halaman

Buat Mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan

Sebagai pegawai pasti kamu ikut serta dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.  Iuran yang dipotong setiap bulan dari penghasilan kamu, ditambah kewajiban perusahaan, salah satunya dialokasikan untuk dana Jaminan Hari Tua (JHT).

Nah, surat paklaring merupakan salah satu dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pencairan dana JHT tersebut. 

Untuk mencairkan seluruh dana JHT, kamu harus memfotokopi terlebih dahulu surat tersebut, kemudian datangi dinas ke tenaga kerjaan untuk melakukan proses legalisir.

Pastikan pula tanggal berhenti bekerja di surat paklaring sesuai dengan yang tertera di dokumen kantor BPJS Ketenagakerjaan, supaya proses pencairan dananya dianggap legal.

 

2 dari 4 halaman

Melamar Kerja dan Mengajukan Beasiswa

 Gaya Rambut untuk Wawancara Kerja, Anti Gagal!

Kegunaan kedua dari surat referensi adalah untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang baru. Walaupun tak semua perusahaan meminta surat paklaring sebagai syarat melamar kerja, tapi sebagian besar pelamar yang sudah punya pengalaman kerja tinggi, seperti supervisor, akan dimintai surat ini sebagai bukti bahwa kamu pernah bekerja di perusahaan yang tertera di CV.

Umumnya surat paklaring yang diminta oleh perusahaan wajib disertakan bersamaan saat kamu mengirim CV atau setelah tes wawancara user berlangsung.

Kamu yang hendak melajutkan beasiswa jalur profesional juga membutuhkan surat referensi ini. Kegunaan ketiga surat praklaring ini menjadi syarat untuk pengajuan beasiswa jalur profesional, demi melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Biasanya pemerintah atau pihak swasta yang memberikan beasiswa jalur ini untuk mereka yang ingin melanjutkan studi S-2 dan S-3. 

3 dari 4 halaman

Bisa Dipakai Buat Pinjaman ke Bank

Kegunaan terakhir ini mungkin tak pernah kamu sadari. Beberapa bank akan meminta surat referensi saat kamu mengajukan pinjaman dana.

Surat ini bisa kamu gunakan untuk mengajukan pinjaman dana ke bank, seperti kredit tanpa agunan (KTA). Selain itu, kamu juga dapat menggunakan surat paklaring sebagai salah satu dokumen dalam mengajukan pembuatan kartu kredit di bank.

Dengan menyertakan surat tersebut, otomatis pihak bank akan menganggap bahwa kamu adalah calon pemegang kartu kredit yang sanggup membayar seluruh tagihan setiap bulannya.

 

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Paklaring?

 Wawancara Kerja

Ada beberapa syarat dari perusahaan yang harus dipenuhi karyawan yang ingin mendapatkan surat paklaring. Pertama, seorang karyawan bisa saja meminta surat paklaring dari perusahaan apabila ia mengajukan alasan berhenti bekerja bukan karena dipecat, melainkan keluar secara baik-baik.

Kedua, surat paklaring baru bisa diberikan jika karyawan telah memenuhi masa kontrak kerja minimal dalam jangka waktu satu tahun.

Ketiga, karyawan yang memutuskan keluar wajib menyelesaikan terlebih dahulu segala bentuk tanggung jawab yang dibebankan perusahaan kepadanya.(Sah)

Beri Komentar
Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone