Sempurnakan Ibadah Ramadan dengan Tunaikan Zakat, Ini Lho Keutamaannya

Reporter : Wuri Anggarini
Rabu, 12 Mei 2021 23:09
Sempurnakan Ibadah Ramadan dengan Tunaikan Zakat, Ini Lho Keutamaannya
Jadi, sudahkah kamu menyempurnakan ibadah Ramadan dengan menunaikan zakat fitrah? Ini lho keutamaannya.

Tanpa terasa Ramadan akan segera berakhir. Setelah satu bulan penuh menjalankan puasa dan melakukan amal ibadah lainnya untuk meraih pahala dan keberkahan, momen Idul Fitri yang menjadi simbol hari kemenangan pun tiba di depan mata. Suka cita menyambut Hari Raya tentu sudah mulai terasa sejak pekan terakhir Ramadan. Namun, sudahkah kamu menunaikan kewajiban membayar zakat fitrah?

Zakat fitrah adalah zakat yang sifatnya wajib atas setiap jiwa, baik lelaki maupun perempuan muslim yang dilaksanakan di bulan Ramadan. Waktu pelaksanaan zakat sendiri adalah selama bulan Ramadan sebelum menunaikan salat Idul Fitri keesokan harinya.

Zakat fitrah sifatnya wajib dan menjadi bagian dari rukun Islam yang ketiga. Berasal dari kata 'zakaa' yang artinya suci, bersih, baik, berkah, dan tumbuh, zakat fitrah menjadi santunan kepada orang yang kurang mampu sekaligus menjadi pertanda berakhirnya bulan Ramadan. Jadi, sudahkah kamu menyempurnakan ibadah Ramadan dengan menunaikan zakat fitrah? Ini lho keutamaannya.

1 dari 3 halaman

Menyempurnakan Ibadah di Bulan Puasa dan Membersihkan Diri

Sempurnakan Ibadah Ramadan dengan Tunaikan Zakat, Ini Lho Keutamaannya© Shutterstock

Keutamaan zakat fitrah bisa dilihat dari kebermanfaatannya bagi yang menjalankan ibadah puasa. Zakat dapat membersihkan diri dari dosa dan perbuatan keji.

Nggak hanya itu, zakat juga menyempurnakan ibadah puasa yang dijalankan di bulan Ramadan. Selama satu bulan penuh menjalankan puasa, nggak bisa dipungkiri jika manusia sering melakukan khilaf yang disengaja maupun tidak. Nah, dengan membayar zakat fitrah dapat membersihkan diri dari dosa yang disengaja maupun tidak.

2 dari 3 halaman

Menghidupkan Semangat Berbagi kepada Sesama

Sempurnakan Ibadah Ramadan dengan Tunaikan Zakat, Ini Lho Keutamaannya© Shutterstock

Zakat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghidupkan semangat berbagi kepada sesama muslim. Zakat fitrah yang dikeluarkan menjadi bentuk kepedulian kepada sesama umat muslim, terlebih untuk kelompok fakir miskin yang membutuhkan bantuan dari sesama.

Dengan membagikan zakat, maka kamu bisa berbagi momen Hari Raya yang penuh kemenangan bersama saudara yang kurang beruntung. Mereka yang berada dalam kondisi kekurangan bisa mendapatkan bantuan sehingga bisa tetap merayakan Idul Fitri seperti saudara muslim lainnya.

3 dari 3 halaman

Berbagi Kebahagiaan di Hari Kemenangan

Salah satu makna penting zakat fitrah adalah untuk berbagi kebahagiaan di hari kemenangan bagi umat muslim yang telah berhasil melawan hawa nafsu selama sebulan penuh. Zakat fitrah membantu para fakir miskin bisa ikut merasakan kebahagiaan dan semarak Idul Fitri dengan penuh suka cita. Dengan begitu, kebahagiaan umat muslim bisa lebih merata saat Hari Raya tiba.

Selain dengan menunaikan zakat fitrah, bagi yang telah berkecukupan juga bisa memaksimalkan amalan ibadahnya di bulan Ramadan dengan menunaikan zakat maal yang berfungsi untuk membersihkan harta dari ‘kekotoran’, yaitu bagian yang sebenarnya bukan milik kita, tapi milik para Mustahiq.

Sempurnakan Ibadah Ramadan dengan Tunaikan Zakat, Ini Lho Keutamaannya© Baitul Maal Hidayatullah

Hanya dengan menyisihkan 2,5% dari harta yang dimiliki, maka bisa membantu terhindar dari dosa akibat memakan hak orang lain. Jadi, berkah semakin melimpah dari harta yang dimiliki dan dapat membantu menumbuhkan kehidupan yang lebih layak kepada saudara yang lain.

Sempurnakan Ibadah Ramadan dengan Tunaikan Zakat, Ini Lho Keutamaannya© Baitul Maal Hidayatullah

Jadi, sudahkan kamu menyempurnakan ibadah di bulan Ramadan dengan menunaikan zakat fitrah dan zakat maal? Saatnya tunaikan kewajiban zakat di bulan Ramadan melalui https://berbagikebaikan.or.id/zakat. Selain itu, bisa juga dengan cara transfer zakat melalui rekening a.n. Baitul Maal Hidayatullah.

BCA SYARIAH= 0016.0000.66

BNI= 8924.912

MANDIRI = 006.000.1162.753

BSM= 7006.113.413

MUAMALAT= 305.005.4445

Yuk, segera sempurnakan ibadahmu sekarang juga, Sahabat Dream!

Beri Komentar