Negara Kehabisan Uang Logam, Pria Ini Tukar 136 Kg Koleksinya Senilai Rp76 Juta

Reporter : Syahid Latif
Rabu, 29 Juli 2020 14:45
Negara Kehabisan Uang Logam, Pria Ini Tukar 136 Kg Koleksinya Senilai Rp76 Juta
Bank sentral di negara ini sampai membentuk Satgas Khusus Koin

Dream - Seorang pria menyerahkan seluruh koleksi uang logamnya setelah negaranya kehabiskan stok. Nilai uang logam yang ditukar mencapai US$5000 atau hampir Rp73 juta.

Pria tersebut bernama Jim Holton, namun teman-temannya menjuluki master koin. Dia menukar koleksi uang logamnya karena negara kehabiskan stok akibat wabah virus corona.

" Saya selalu menyimpan uang kembalian setelah membeli kopi," ujar pria yang bekerja sebagai kontraktor cat berbasis di Wisconsin , Amerika Serikat dikutip dari NBCnews.com.

Menurut Holton, uang koin itu sengaja disimpan agar dia dan istri bisa melakukan sesuatu yang menyenangkan saat anak-anaknya lulus SMA.

 

1 dari 3 halaman

Mulai Koleksi Koin Sejak Si Sulung Lahir

Holton, ayah empat anak, mulai menabung uang koin saat anak tertuanya, Cameron, lahir. Awalnya dia memberikan sebuah celengan bagi untuk merayakan kelahiran Cameron. Namun tak butuh waktu lama untuk membuat celengan itu menjadi tak muat lagi.

Selama dua dekade Holton mengisi celengan bentuk apapun yang bisa dipakai untuk menabung uang koinnya. Termasuk celengan berbentuk kontainer es krim, kaleng, dan beragai tempat penyimpanan lain. Tetap saja dia terkejut saat mengetahui uang logam yang terkumpul mencapai US$5.365 dan 5 sen.

" Saya hanya berpikir setelah anak lulus, kami bisa melakukan hal menyenangkan seperti pergi ke Eropa atau hal lain yang kamu impikan," kata Holton. " Saya awalnya hanya berpikir uang yang terkumpul hanya US$1000-1.500."

 

2 dari 3 halaman

Sampai Dibuat Satgas Koin

Uang koin itu disimpan di ruang basement dan dia takkan menyentuhnya sampai bertahan-tahun. Saat ini anak paling bungsu, Holly, diketahui berusia 15 tahun.

Belakangan dia mendengar pemerintah setempat kekurangan uang koin. Kondisi itu memangilnya untuk turut membantu. Holton mendatangi North Shore Bank di Wauwatosa untuk mencari tahu kemungkinan menukarkan koleksi uang koinnya pada pekan lalu.

Pada hari Jumat, dia membawa lima galon dan tempat penyimpanan lain ke bank. " Saya merasa beratnya 300 pound (136 Kg). Saya sampai keringatan mendorongnya."

Pandemik Covid-19 telah berdampak pada ekonomi termasuk perputaran uang koin. Pada pebisnis menutup atau menjalankan kebijakan pembayaran non tunai. Bulan lalu, bank sentral AS, The Federal Reserves, membentuk Satuan Tugas Koin AS untuk memitigasi efek pengurangan uang koin dampak dari pandemik Covid-19.

3 dari 3 halaman

Begini Cara Cek Keaslian Uang Logam Rupiah

Dream – Setiap uang yang beredar di dunia, termasuk rupiah, tentunya telah dibekali pengaman. Tujuannya, uang tersebut tidak bisa dipalsukan.

Biasanya, pengaman banyak terdapat di uang kertas. Sebut saja benang pengaman dan tanda air (watermark) ditaruh di uang kertas rupiah supaya orang bisa mengetahui keasliannya. Gambar rectoverso pun juga menjadi salah satu unsur pengaman uang kertas rupiah.

Tak hanya unsur pengaman yang menggunakan teknik 3D (dilihat, diraba, diterawang), uang kertas rupiah juga menggunakan unsur pengaman yang harus menggunakan alat bantu untuk melihatnya. Misalnya, invisible ink yang akan berpendar kalau terkena sinar ultraviolet (UV).

Jika unsur pengaman uang kertas bisa dengan mudah diketahui, bagaimana dengan uang logam? Berbahan logam, uang ini tentu tak bisa diterawang. Seperti apa unsur pengaman di uang logam?

Dilansir dari laman resmi Perum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri), Minggu 18 Desember 2016, uang logam memiliki ukuran pengamanan atau sekuriti pada cetakan uang logam yang berbeda dengan uang kertas. Nah, unsur pengaman pada uang logam ini terletak pada kualitas bahan yang digunakan, kerumitan desain, dan ketajaman pencetakan.

Sekarang, sudah tahu, kan, unsur pengaman di uang logam rupiah?

(Sah)

Beri Komentar