Kisah Bisnis Ayam Goreng Suharti yang Legendaris: Bersengketa dengan Suami, Ada Dua Logo

Reporter : Alfi Salima Puteri
Kamis, 2 Desember 2021 07:12
Kisah Bisnis Ayam Goreng Suharti yang Legendaris: Bersengketa dengan Suami, Ada Dua Logo
Kisah di balik dua logo ayam goreng Suharti.

Dream - Bagi pecinta kuliner, pasti pernah merasakan lezatnya sajian ayam goreng di rumah makan Ny. Suharti. Ayam kampung dengan bumbu rempah yang khas dan disajikan dengan sambal menjadi ciri khas rumah makan yang telah ada sejak lebih dari 30 tahun silam.

Namun tahukah Sahabat Dream, jika rumah makan asal Yogyakarta ini memiliki cerita unik di belakangnya, khususnya pada logo rumah makan. Yup, jika Sahabat Dream mencari di mesin pencari seperti Google, maka akan terpampang dua logo rumah makan yang menggunakan nama Suharti.

Rumah makan yang bergambar dua ekor ayam, betina dan jantan yang mengapit huruf S di dalam lingkaran dan bertuliskan Ayam Goreng Ny. Suharti. Satu lagi rumah makan menggunakan foto seorang wanita yang mengenakan pakaian adat Jawa yang berada dalam lingkaran dan bertuliskan Ayam Goreng Suharti.

Lantas apa perbedaan kedua rumah makan tersebut? Berikut Dream telah merangkum penjelasannya dari berbagai sumber.

1 dari 2 halaman

Pada awalnya kedua rumah makan tersebut dikelola oleh sepasang suami istri, yakni Ny. Suharti dan suaminya Sachlan. Keduanya sepakat menggunakan nama Ayam Goreng Ny. Suharti sebagai nama rumah makan mereka.

Logo Ayam Suharti© Liputan6.com

Rumah makan Ayam Goreng Ny. Suharti berdiri pada 1972 dan berlokasi di JL. Sucipto No.208, Yogyakarta. Pada 1984, keduanya sepakat untuk mengembangkan rumah makan di beberapa tempat di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Bali, dan Medan.

Penyebab lahirnya kedua logo ini dipicu oleh kecurigaan Suharti terhadap sang suami. Ia menduga Sachlan memiliki wanita lain di Jakarta. Namun perang dingin antara keduanya justru membuat sang suami berhasil mengakuisisi semua rumah makan Ayam Goreng Ny.Suharti, karena namanya terdaftar sebagai pemilik resmi bisnis tersebut.

2 dari 2 halaman

Maka Suharti harus kehilangan semua usahanya tersebut dan mendirikan kembali rumah makan miliknya sendiri. Rumah makan yang didirikannya pada tahun 1991 ini masih menggunakan nama yang sama, yakni Ayam Goreng Ny.Suharti. 

Logo Ayam Suharti© Liputan6.com

Selain itu, sebagai pembeda, Suharti kemudian memasang wajahnya sebagai logo rumah makan barunya, Ayam Goreng Suharti. Kini orang lebih mengenal rumah makan ayam goreng Suharti miliknya, yang memajang foto dirinya.

 

Beri Komentar