Tip Belanja Agar THR Tak Menguap Tanpa Bekas

Reporter : Eko Huda S
Selasa, 11 Mei 2021 16:13
Tip Belanja Agar THR Tak Menguap Tanpa Bekas
Memang, THR cair menjelang hari raya, saat kebutuhan kita sedang tinggi-tingginya untuk persiapan Lebaran.

Dream - Banyak orang merasa Tunjangan Hari Raya (THR) hanya numpang lewat saja. Tak bertahan lama di dalam rekening, seringkali THR menguap tanpa bekas.

Memang, THR cair menjelang hari raya, saat kebutuhan kita sedang tinggi-tingginya untuk persiapan Lebaran. Apalagi, kita merasa 'lapar mata' yang menjadi penyebab aktivitas belanja tidak terkontrol.

Saat Anda merasa sudah terjebak dalam gaya hidup yang sophaholic, berarti sudah saatnya mengatur gaya belanja. Bijaklah menggunakan uang, jangan dihabiskan untuk kegiiatan tidak penting.

Ada beberapa aturan yang bisa diterapkan untuk mengatasi kebiasan belanja yang membabi buta:

1 dari 2 halaman

1. Berpikir Sebelum Membeli

Diskon besar merupakan musuh utama bagia semua orang yang berencana menabung. Pusat perbelanjaan sering menggunakan trik ini untuk memanjakan pengunjung. Saat dihadapkan pada suasana seperti ini, berpikirlah terlebih dulu apakah barang-barang tersebut berguna atau tidak.

2. Kebutuhan Vs Keinginan

Seringkali kita susah membedakan barang-barang yang benar-benar dibutuhkan dan tidak. Tanyakan pada diri kalian, mana sebaiknya barang-barang yang harus dibeli. Sehingga tidak perlu tergoda dengan barang-barang bagus lainnya.

2 dari 2 halaman

3. Merencanakan Anggaran

Daftar pemasukan dan pengeluaran dalam satu bulan harus dicatat dengan rinci. Jadi bisa mengetahui terlebih dahulu jumlah pengeluaran. Sehinggn membuat kita berpikir ulang saat ingin mengeluarkan uang dalam jumlah banyak.

4. Jangan Iri pada Orang Lain

Sebagian orang merasa iri ketika teman-temanya punya pergaulan yang lebih berkelas dengan pakaian mahal dengan sederet barang-barang bermerek. Situasi itu akan mempengaruhi pola pikir kita dalam berbelanja.

Sesuaikan gaya hidup dengan kondisi dompet, sehingga tidak perlu memaksakan diri bergaul dengan kalangan atas. Tidak perlu gengsi menolak tawaran teman-teman Anda untuk hang out di tempat yang mahal, jika kondisi keuangan tidak memadai.

5. Menabung

Tabungan akan sangat berguna jika sewaktu-waktu terjadi kondisi darurat. Musibah tidak akan pernah bisa diprediksi kapan datangnya, sehingga sangat penting untuk menyisihkan sebagian gaji untuk tabungan.

Beri Komentar