Kesal Hadapi Pembeli Tukang Bandingkan Harga, Ini Kiatnya

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 5 Januari 2017 09:44
Kesal Hadapi Pembeli Tukang Bandingkan Harga, Ini Kiatnya
Penjual wajib baca.

Dream – Bagi pedagang, pembeli adalah raja. Namun ada kalanya pembeli membuat jengkel manakala suka membanding-bandingkan harga. Kejadian ini sebetulnya lumrah terjadi di dunia bisnis, baik untuk bisnis online maupun offline.

Dalam dua bisnis ini, konsumen tetap memiliki sifat yang sama, yaitu menginginkan barang yang murah dan berkualitas. Terutama di bisnis online, konsumen kerap membanding-bandingkan harga barang suatu toko online dengan toko online lainnya. Celetukan, “ harga di tempat lain lebih murah,” tak jarang keluar dari mereka.

Nah, bagaimana cara menghadapi konsumen yang seperti ini?

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menghadapi konsumen yang seperti ini. Bagi pebisnis online, sebelum memperkenalkan produk ke konsumen, ada beberapa syarat yang harus dilakukan agar konsumen percaya dan yakin dengan kualitas produk.

Pertama, pedagang harus menyiapkan tiga hal, yaitu tampilan produk harus elegan, deskripsi produk dengan jelas, dan pelayanan dengan baik. Perlu diingat, pembeli biasanya membandingkan harga suatu barang dengan harga produk yang dijual di e-commerce untuk bisnis online.

Kalau yang offline, biasanya mereka membandingkannya dengan harga barang di pusat grosir Tanah Abang.

Lalu, bagaimana jika bertemu dengan konsumen yang sering membandingkan harga?

Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah penjual cukup tersenyum. Kalau perlu didiamkan saja. Tidak perlu dilayani. Jika mereka hanya mengotori kolom komentar dengan feedback yang buruk…Baca selengkapnya di sini.

 

Kirimkan kisah nyata inspiratif disekitamu atau yang kamu temui, ke komunitas@dream.co.id, dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut:

1. Lampirkan satu paragraf dari konten blog/website yang ingin dipublis
2. Sertakan link blog atau sosmed
3. Foto dengan ukuran high-res
4. Isi di luar tanggung jawab redaksi

Baca Juga: Gaji Istri Lebih Tinggi, Suami Harus Bagaimana? 5 Kiat Ciptakan Kantin Halal di Sekolah Trik Cepat Dapat Uang Lewat Bisnis Endorse Kisah Satpam Bank `Main` Saham, Modal Rp8 Juta Dapat Rp70 Juta Mana Harus Didahulukan dalam Bisnis, Iman atau Akal?

Beri Komentar