Ilustrasi/Shutterstock
Dream - Beberapa tahun terakhir, industri FnB di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat. Peningkatan itu didominasi dengan munculnya aneka minuman kekinian.
Mulai dari minuman dengan bahan dasar kopi hingga teh menjamur di mana-mana. Banyaknya pelaku usaha minuman kekinian dengan bahan dasar kopi dan teh, membuat Dhony Pratama menolak mengikuti tren tersebut.
Pria berusia 27 tahun ini justru memutuskan untuk mengembangkan sebuah minuman kekinian yang memiliki bahan dasar susu pasteurisasi, dengan nama Susu Mbok Darmi.
Berawal dari satu outlet di kantin kampus, kini usahanya berkembang pesat memiliki 36 outlet dan 130 karyawan.
CEO & Founder Susu Mbok Darmi, Dhony Pratama, membagikan kisah suksesnya dalam membangun bisnis susu kekinian tersebut.
Berawal dari outlet sederhana di kantin kampus IPB sebelum viral. Tidak ada yang menyangka bahwa kisah sukses Susu Mbok Darmi berawal dari ide sederhana Dhony untuk menambah uang jajan saat kuliah.
Dhony yang saat itu masih berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor, melihat peluang bisnis susu dari ilmu peternakan yang dipelajari.
“ Saat pertama memulai, saya ingin produk yang kami tawarkan bisa menjangkau pasar dengan cepat. Oleh karena itu, kami memilih pasar yang sudah jadi seperti kantin kampus di mana target pasarnya sudah terbentuk, yaitu mahasiswa,” kata Dhony, dalam keterangan tertulis pada Senin, 5 Juli 2021.
Jika saat ini kebanyakan brand memilih nama dengan unsur kebarat-baratan, Dhony memilih jalan berbeda. Ia memilih nama “ Mbok Darmi” sebagai merek.
Nama tersebut dipilih karena terdengar sederhana dan Indonesia banget. Tak berhenti di nama, Susu Mbok Darmi juga hadir dengan slogan yang nyeleneh.
Kombinasi dua hal tersebut berkontribusi pada pesatnya kenaikan popularitas Susu Mbok Darmi di awal kemunculannya.
Digitalisasi bisnis mengikuti perkembangan zaman
Di awal kemunculan Susu Mbok Darmi, layanan pembayaran digital belum ramai seperti saat ini. Namun, seiring meningginya adopsi layanan digital masyarakat Indonesia, Susu Mbok Darmi juga melakukan digitalisasi bisnis.
Sejak Januari 2020, Susu Mbok Darmi bisa dibeli menggunakan layanan pembayaran digital.
Dari segi marketing, Susu Mbok Darmi secara jeli memanfaatkan kampanye tanggal cantik dari pembayaran digital ShopeePay.
“ Penjualan kami bisa meroket hingga 36% saat mengikuti kampanye tanggal cantik dari ShopeePay. Konsumen yang umumnya membeli satu minuman jadi membeli lebih banyak, berkat promo tanggal cantik yang diberikan ShopeePay dan juga paket bundling yang kami tawarkan,” cerita Dhony.
Bulan ini, Susu Mbok Darmi akan kembali berpartisipasi di ShopeePay 7.7 Juli Cashback Meriah
Produk Susu Mbok Darmi dan ratusan merchant lainnya bisa didapatkan dengan lebih hemat berkat adanya promo-promo seperti Voucher Cashback 100% seharga Rp100 dan Flash Sale Rp7.
Pada promo puncak yang berlangsung 7 Juli, Voucher Cashback dapat dibeli hanya dengan Rp1.
Ketika sudah viral, tugas selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan kualitas produk dan pelayanan. Untuk itu, kualitas Susu Mbok Darmi dijaga ketat dengan quality control berlapis yang dilakukan setiap harinya.
Dhony juga memperlakukan karyawannya seperti keluarga sehingga mereka bisa berlaku ramah terhadap konsumen. Secara pribadi, Dhony juga terus belajar dengan mengikuti pelatihan-pelatihan entrepreneurship dan belajar dari sosok-sosok sukses lainnya.
Advertisement
5 Komunitas Parenting di Indonesia, Ada Mendongeng hingga MPASI
Banyak Pedagang Hengkang, Gubernur Pramono Gratiskan Sewa Kios 2 Bulan di Blok M Hub
Mahasiswa Makan Nasi Lele Sebungkus Berdua Saat Demo, Netizen: Makan Aja Telat, Masa Bakar Halte
Komunitas Warga Indonesia di Amerika Tunjukkan Kepedulian Lewat `Amerika Bergerak`
Siswa Belajar Online karena Demo, Saat Diminta Live Location Ada yang Sudah di Semeru
Palet Warna Brave Pink dan Hero Green Bertebaran di Medsos, Jadi Simbol Gerakan `Reset Indonesia`
Eko Patrio Disorot, Parto Malah Kena Apes Dimaki Orang Tak Dikenal
Luna Maya: Ultah ke-42, Penuh Cinta dan Cerita Baru di Layar Lebar
Potret Davina Karamoy Saat Liburan ke Dubai, Tampil Eksotis!
5 Komunitas Parenting di Indonesia, Ada Mendongeng hingga MPASI
Cinta Tenang, Hubungan Langgeng: Ini 5 Pasangan Zodiak yang Cocok untuk Low Profile Relationship
Bintang Keberuntungan di Era WFH: Ini 5 Zodiak yang Paling Cocok untuk Kerja Remote