Kisah Sukses Bisnis 'Susu Mbok Darmi', Berawal dari Kantin Kampus

Reporter : Shania Suha Marwan
Selasa, 6 Juli 2021 10:47
Kisah Sukses Bisnis 'Susu Mbok Darmi', Berawal dari Kantin Kampus
Sekarang punya 36 outlet dan 130 karyawan.

Dream - Beberapa tahun terakhir, industri FnB di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat. Peningkatan itu didominasi dengan munculnya aneka minuman kekinian.

Mulai dari minuman dengan bahan dasar kopi hingga teh menjamur di mana-mana. Banyaknya pelaku usaha minuman kekinian dengan bahan dasar kopi dan teh, membuat Dhony Pratama menolak mengikuti tren tersebut.

Pria berusia 27 tahun ini justru memutuskan untuk mengembangkan sebuah minuman kekinian yang memiliki bahan dasar susu pasteurisasi, dengan nama Susu Mbok Darmi.

Berawal dari satu outlet di kantin kampus, kini usahanya berkembang pesat memiliki 36 outlet dan 130 karyawan.

CEO & Founder Susu Mbok Darmi, Dhony Pratama, membagikan kisah suksesnya dalam membangun bisnis susu kekinian tersebut.

Susu Mbok Darmi

Berawal dari outlet sederhana di kantin kampus IPB sebelum viral. Tidak ada yang menyangka bahwa kisah sukses Susu Mbok Darmi berawal dari ide sederhana Dhony untuk menambah uang jajan saat kuliah.

Dhony yang saat itu masih berstatus sebagai mahasiswa Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor, melihat peluang bisnis susu dari ilmu peternakan yang dipelajari.

“ Saat pertama memulai, saya ingin produk yang kami tawarkan bisa menjangkau pasar dengan cepat. Oleh karena itu, kami memilih pasar yang sudah jadi seperti kantin kampus di mana target pasarnya sudah terbentuk, yaitu mahasiswa,” kata Dhony, dalam keterangan tertulis pada Senin, 5 Juli 2021.

1 dari 3 halaman

Berani nyeleneh agar cepat dikenal

Jika saat ini kebanyakan brand memilih nama dengan unsur kebarat-baratan, Dhony memilih jalan berbeda. Ia memilih nama “ Mbok Darmi” sebagai merek.

Nama tersebut dipilih karena terdengar sederhana dan Indonesia banget. Tak berhenti di nama, Susu Mbok Darmi juga hadir dengan slogan yang nyeleneh.

Kombinasi dua hal tersebut berkontribusi pada pesatnya kenaikan popularitas Susu Mbok Darmi di awal kemunculannya.

Digitalisasi bisnis mengikuti perkembangan zaman

Di awal kemunculan Susu Mbok Darmi, layanan pembayaran digital belum ramai seperti saat ini. Namun, seiring meningginya adopsi layanan digital masyarakat Indonesia, Susu Mbok Darmi juga melakukan digitalisasi bisnis.

Sejak Januari 2020, Susu Mbok Darmi bisa dibeli menggunakan layanan pembayaran digital.

2 dari 3 halaman

Roketkan penjualan dari kampanye tanggal cantik

Dari segi marketing, Susu Mbok Darmi secara jeli memanfaatkan kampanye tanggal cantik dari pembayaran digital ShopeePay.

“ Penjualan kami bisa meroket hingga 36% saat mengikuti kampanye tanggal cantik dari ShopeePay. Konsumen yang umumnya membeli satu minuman jadi membeli lebih banyak, berkat promo tanggal cantik yang diberikan ShopeePay dan juga paket bundling yang kami tawarkan,” cerita Dhony.

Susu Mbok Darmi

Bulan ini, Susu Mbok Darmi akan kembali berpartisipasi di ShopeePay 7.7 Juli Cashback Meriah

Produk Susu Mbok Darmi dan ratusan merchant lainnya bisa didapatkan dengan lebih hemat berkat adanya promo-promo seperti Voucher Cashback 100% seharga Rp100 dan Flash Sale Rp7.

Pada promo puncak yang berlangsung 7 Juli, Voucher Cashback dapat dibeli hanya dengan Rp1.

3 dari 3 halaman

Terus konsisten dan belajar

Ketika sudah viral, tugas selanjutnya adalah bagaimana mempertahankan kualitas produk dan pelayanan. Untuk itu, kualitas Susu Mbok Darmi dijaga ketat dengan quality control berlapis yang dilakukan setiap harinya.

Dhony juga memperlakukan karyawannya seperti keluarga sehingga mereka bisa berlaku ramah terhadap konsumen. Secara pribadi, Dhony juga terus belajar dengan mengikuti pelatihan-pelatihan entrepreneurship dan belajar dari sosok-sosok sukses lainnya.

Beri Komentar