Transaksi Belanja Online Tembus Rp401 Triliun, Kemendag Gandeng GoTo untuk Digitalisasi 250.000 UMKM

Reporter : Okti Nur Alifia
Jumat, 28 Oktober 2022 14:12
Transaksi Belanja Online Tembus Rp401 Triliun, Kemendag Gandeng GoTo untuk Digitalisasi 250.000 UMKM
“Ini target kita 250.000 UMKM terdigitalisasi dan juga seluruh pasar di Indonesia juga bisa pakai digital,” kata Mendag Zulhas.

Dream - Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan (Zulhas), menargetkan sebanyak 250.000 usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM), terdigitalisasi melalui platform niaga elektornik (e-commerce). 

Oleh karena itu Kementerian Perdagangan (Kemendag) juga menggandeng GoTo (Gojek dan Tokopedia) untuk mewujudkannya. Menurut Zulhas, transaksi belanja daring sepanjang 2021 mencapai Rp401 Triliun yang meningkat 58 persen dari tahun sebelumnya.

Dengan digitalisasi UMKM itu, Zulhas berharap jumlah transaksi dapat terus meningkat. Menurutnya agar UMKM berkembang perlu adanya kolaborasi baik antara pedagang, UMKM, maupun pemerintah.

“ Ini target kita 250.000 UMKM terdigitalisasi dan juga seluruh pasar di Indonesia juga bisa pakai digital,” kata Zulhas pada Konferensi Maju Digital di Jakarta, Kamis 27 Oktober 2022.

1 dari 2 halaman

Digitalisasi pasar rakyat juga merupakan salah satu amanat dari Presiden Joko Widodo. Bersama Tokopedia, Kemendag mendorong pasar masuk ke dalam aplikasi Tokopedia. Tercatat, sudah berjalan di 10 pasar di Indonesia.

Saat ini pemerintah juga memberikan dukungan melalui inisiasi Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang menargetkan sekitar 30 juta UMKM untuk terhubung ke ekosistem platform digital.

“ Kita ingin jadi negara maju, visi Indonesia negara maju 2045 enggak mungkin tercapai kalau kita tidak bisa nyerbu dunia. Kita bisa jadi negara maju kalau kita bisa menyerbu pasar dunia,” kata Zulhas.

2 dari 2 halaman

Menteri kelahiran Lampung Selatan ini juga melaporkan pola belanja masyarakat di era pandemi. Ada kenaikan konsumen yang berbelanja melalui e-commerce dari 11 persen menjadi 25,5 persen di 2021. 

Sebesar 86,5 persen konsumen memilih marketplace sebagai tempat belanja daring. Sementara itu, 23 persen UMKM telah terhubung dengan platform e-commerce.

 

Beri Komentar