Shutterstock
Dream - Tokopedia melaporkan jumlah perempuan yang berbelanja di platformnya meningkat hampir 40 persen di awal tahun 2023. Selain barang kebutuhan rumah tangga dan kecantikan, para perempuan juga ada yang membeli dekorasi pesta.
Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Tokopedia, Rizky Juanita Azuz dalam Tokopedia Hari Perempuan Sedunia, di Jakarta, Senin, 6 Maret 2023 mengungkapkan barang-barang terlaris yang diburu para perempuan di platformnya kebanyakan berupa produk makanan dan minuman, kesehatan, rumah tangga, Dapur hingga perawatan tubuh.
Sementara perabotan rumah, produk perawatan rambut, bumbu dan bahan masakan, dekorasi pesta dan make up menjadi kategori produk Tokopedia yang paling banyak diburu oleh perempuan.
Tak hanya mengalami transaksi pernjualani, dalam riset LPEM FEB UI 2020 juga terungkap peningkatan jumlah perempuan pegiat UMKM yang memulai bisnis dari nol lewat Tokopedia. Selama pandemi lalu tercatat ada kenaikan hampir 1,5 kali lipat lebih tinggi dibanding laki-laki.
Data Tokopedia menunjukkan sudah ada sekitar 12 juta penjual UMKM, termasuk yang dijalankan oleh perempuan.
“ Demi memaksimalkan potensi perempuan pelaku UMKM, kami terus menggencarkan inisiatif berpendekatan Hyperlocal, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan Dilayani Tokopedia. Ada pula kampanye BBI, Women in Style dan Cantik Fest,” kata
Jika Sahabat Dream termasuk salah satu perempuan yang ingin membangun usahanya sendiri, berikut beberapa tips yang dibagikan para founder wanita yang harus diperhatikan agar bisnis melesat.
" Kadang kita suka banyak takut sebelum mulai sesuatu udah banyak dipikir, padahal pas udah dijalanin apa yang kita pikirkan gak selalu terjadi," jelas Stephanie Nursalim, Pemilik Usaha Morningsol pada kesempatan yang sama.
Stephanie menambahkan bahwa berani memulai adalah kunci sukses dalam membangun bisnis sendiri. Tak perlu perencanaan harus sempurna, persiapan yang masih setengahpun bisa dieksekusi, yang terpenting mulai aja dulu.
" Selain itu tekad dan niat. Sekarang banyak sekali platform yang bisa membantu seperti Tokopedia Fashion Week, dan jangan lupa buat NIB," jelas
NIB adalah Nomor Induk Berusaha, NIB adalah pintu masuk bagi para pelaku usaha, termasuk perempuan, untuk pengurusan dokumen lanjutan, seperti sertifikasi halal, SPP-IRT, SNI, dan lain sebagainya.
NIB memudahkan toko Stephanie menjadi Official Store di Tokopedia sehingga penjualan Morningsol naik hampir 50%.
Tak hanya Stephanie, Vica Mardika Wong selaku Pemilik Usaha Kemayu and Co, yang memproduksi berbagai jenis pengharum ruangan khas Indonesia, dengan memberdayakan karyawan yang hampir seluruhnya perempuan pun mengungkapkan hal senada terkait manfaat kepemilikan NIB.
“ NIB membantu kami mengembangkan usaha lebih jauh. Setelah memiliki NIB dan menjadi Official Store di Tokopedia, Kemayu and Co mengalami peningkatan pesanan sekitar 6x lipat. Kami banyak mendapat pelanggan baru lewat Tokopedia, mulai dari perorangan, perusahaan hingga pemerintah,” kata Vica.
Advertisement
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Inspiratif, Tiga Artis Cantik Ini Ternyata Founder Komunitas
Fakta-Fakta Ciamis Jadi Kota Kecil Terbersih se-ASEAN