Komplek Rumah Unik Dibuat dari Kontainer Bekas, Fasilitasnya Tak Bisa Diremehkan

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 29 September 2021 07:12
Komplek Rumah Unik Dibuat dari Kontainer Bekas, Fasilitasnya Tak Bisa Diremehkan
Meski penampakannya sama dengan kontainer untuk membawa barang, namun fasilitasnya sangat nyaman.

Dream – Ada yang unik dari pemandangan desa di Kansar, Amerika Serikat. Warga di Negeri Paman Sam itu tinggal di rumah yang bukan bukan terbuat dari batu bata atau kayu melainkan kontainer bekas.

Dikutip dari Auto Evolution, Rabu 29 September 2021, komplek perumahan itu tersebut merupakan properti dari Lawrence Community Shelter di Kansas, Amerika Serikat. Huniannya ini merupakan hasil kolaborasi dengan Studio 804, sebuah program edukasi Sekolah Arsitektur dan Desain.

Program yang fokus membangun proyek arsitek hemat energi dan berkelanjutan ini membangun sebuah desan yang diberi nama The Monarch Village. Komplek ini  menyediakan 12 unit hunian yang bisa ditempati para tunawisme selama 90 hari.

Belasan rumah mungil itu dibangun oleh mahasiswa sekolah desain.

Rumah-rumah tersebut disumbangkan kepada pusat komunitas. Nantinya hunian dari kontainer bekas akan digunakan sebagai ruang isolasi dan karantina kepada tuna wisma selama masa pandemi Covid-19.

1 dari 6 halaman

Biar Mungil tapi Lengkap

Rumah kontainer ini seluas 14,8 meter persegi dan cukup buat empat orang. Fasilitasnya pun tak kalah dengan rumah biasa.

Ruangan di rumah kontainer (3)© Auto Evolution

Setiap rumah memiliki atap dari panel surya. Ada dapur mungil dan kamar mandi. Setiap rumah dilengkapi dengan AC.

Yang menarik, ada satu rumah yang didesain khusus untuk penyandang disabilitas.

2 dari 6 halaman

Kamar tidurnya berupa dua kasur dan sebuah selimut khusus buat tidur (sleeper couch). 

Ruangan di rumah kontainer (1)© Auto Evolution

Furnitur dan kabinetnya pun didesain oleh mahasiswa program ini.

 

3 dari 6 halaman

Kebun sayuran berada di tengah properti. Komplek ini juga memiliki sebuah balai warga yang bisa digunakan untuk area pertemuan komunitas.

Ruangan di rumah kontainer (2)© Auto Evolution

Untuk memastikan makanan buat para penghuninya dibangun sebagai gedung utama. Sedangkan dapur kecil di setiap unit menyediakan air bersih dan mempersiapkan makanan tambahan.

4 dari 6 halaman

`Rumah Kurus` Dipepet Bangunan Modern Ini Laku Rp17 Miliar

Dream – Sebuah rumah di Boston, Amerika Serikat, laku senilai US$1,25 juta (Rp17,87 miliar). Rumah yang berukuran ramping ini memiliki cerita yang menarik.

 

© Dream

 

Dikutip dari UPI, Senin 20 September 2021, berdasarkan sejarah, rumah ini dibangun dari tanah sengketa keluarga selama Perang Dunia. Kala itu, seorang tentara menemukan fakta tidak mengenakkan sepulang dari Piala Dunia.

Dia mendapati saudara lelakinya membangun rumah di tanah warisan keluarga dari sang ayah. Sang saudara hanya menyisakan sedikit lahan untuk tentara itu.

5 dari 6 halaman

Dendam Saudara

Warga setempat menyebutnya sebagai `rumah kurus`. Rumah ini menghalangi cahaya matahari untuk masuk ke kediaman saudaranya, berdasarkan CBS Boston dan The Washington Post.

“ Kamu seperti hidup seperti saudara yang dendam dengan US$1,25 juta,” kata Executive Vice President CL, Travis Sachs kepada Washington Post.

“ Sesuatu banget,” kata Travis.

6 dari 6 halaman

Sempit, ya?

Sekadar informasi, The Skinny House terletak di Jalan 44 Hull. Rumah ini didaftarkan dengan harga US$1,2 juta (Rp17,17 miliar). Properti ini kemudian laku senilai US$1,25 juta.

Rumah ini ditawarkan berbagai kali dan terjual kurang dari seminggu.

Rumah itu memiliki luas 1.165 kaki (355,09 meter) persegi. Ada 2 tempat tidur, 1 kamar mandi, dan 1 taman pribadi dan balkon. Hunian ini punya sudut bangunan terlebar 10 kaki (3,05 meter) dan tersempit 6,2 kaki (18,88 meter).

“ Shaquille O’Neal bahkan bisa menyentuh dari dinding ke dinding,” kata Sachs kepada Post.

Beri Komentar