VIDEO: Begini Kekuatan Rumah Tahan Gempa Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 14 September 2018 13:41
VIDEO: Begini Kekuatan Rumah Tahan Gempa Indonesia
Apa yang terjadi jika kedua rumah ini digoyang gempa?

Dream – Indonesia termasuk dalam daftar negara yang rentan terkena gempa bumi. Kalau dilihat dari lempengan bumi, Indonesia berada di jalur temu tiga lempeng tektonik utama dunia.

Ketiga lempeng ini adalah Lempengh Samudera Hindia-Australia di selatan, Samudera Pasifik di sebelah Timur, dan Eurasia.

Kalau bicara tentang gempa, yang paling dikhawatirkan adalah rumah-rumah yang roboh karena digoyang gempa. Makanya, diciptakan rumah yang tahan gempa. Salah satunya adalah bangunan rumah tahan gempa alias Barrataga.

Bangunan ini merupakan rumah tahan gempa yang berdesain rumah limas dan joglo. Konsep rumah ini adalah penguatan besi tulangan bangunan yang saling mengait. Dengan begitu, bangunan bisa tahan guncangan akibat gempa. Barrataga juga memiliki konsep botton up.

Kali ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta mendemonstrasikan cara kerja barrataga di depan pemerintah daerah Kabupaten Kulon Progro dan Gunung Kidul, Yogyakarta.

Di video yang diunggah oleh akun resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), @bnpb_indonesia, Jumat 14 September 2018, ada dua model rumah yang diuji dengan alat SIMUTAGA atau simulasi ketahanan gempa bangunan. Rumah kiri merupakan rumah biasa dan rumah kedua adalah Barrataga.

Ketika “digoyang”, rumah pertama tak tahan dengan guncangan gempa. Dinding-dindingnya ambrol. Sementara, rumah ke dua masih kokoh berdiri. Diketahui, SIMUTAGA menggunakan simulasi gempa 1D untuk mengguncang dua rumah ini.

“Sosialisasi bangunan tahan gempa (*BARRATAGA*) untuk para pamong Kabupaten Kulon Progo dan Gunung Kidul oleh BPPD DIY 13 September 2018 menggunakan alat SIMUTAGA. Monggo diviralkan, nggih (arti: Silakan diviralkan, ya).
#bangunantahangempa#SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana#gempa #simutaga #barrataga,” tulis BNPB. 

1 dari 7 halaman

Warganet Takjub

Simulasi ini membuat warganet takjub. Mereka terheran-heran dengan konstruksi barrataga.

“ Jadi, biar tahan gempa harus dengan konstruksi yang seperti apa, min?” tulis @ratnaputri09.

“ Kalau gempanya bergerak naik turun, bagaimana? Kadang teori dan praktik sangat berbeda,” tulis @fortunasejahtera7.

Warganet Takjub

2 dari 7 halaman

Penampakan Risha, Rumah Tahan Gempa Buatan Lokal

Dream – Indonesia ini berada di daerah yang rentan gempa. Untuk itulah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengembangkan teknologi mutakhir tentang rumah yang tahan gempa.

Namanya Risha alias Rumah Instan Sederhana Sehat. Kerennya, rumah ini juga bisa diterapkan di daerah yang rawan gempa, termasuk di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dikutip dari akun Instagram @kemenpupr, Kamis 9 Agustus 2018, Risha didesain sedemikian rupa supaya bisa menahan potensi gempa yang bergerak horizontal.

Salah satu wilayah yang menggunakan teknologi ini adalah pemukiman pascabencana tsunami di Aceh dan Nias.

“Risha adalah sebuah penemuan teknologi konstruksi knock down yang bisa dibangun dengan waktu cepat,” tulis Kementerian PUPR. Bahan beton bertulang menjadi struktur utamanya.

“Inovasi ini didasari oleh kebutuhan akan percepatan penyediaan perumahan dengan harga terjangkau,” tulis kementerian ini. Berikut ini adalah foto-foto rumah instan yang tahan gempa.

 

 

Pernahkah #SahabatPUPR mendengar tentang RISHA? . RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) ini adalah salah satu solusi dan teknologi mutakhir di bidang perumahan dari Kementerian PUPR untuk negara kita yang rentan gempa. . RISHA ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat menahan potensi gempa yang bergerak secara horizontal. Salah satu yang menggunakan teknologi ini adalah permukiman pascabencana Tsunami di NAD dan Nias loh, Sahabat! . RISHA adalah sebuah penemuan teknologi konstruksi knock down yang dapat dibangun dengan waktu cepat (oleh sebab itu disebut sebagai teknologi instan), dengan menggunakan bahan beton bertulang pada staruktur utamanya. . Inovasi ini didasari oleh kebutuhan akan percepatan penyediaan perumahan dengan harga terjangkau dengan tetap mempertahankan kualitas bangunan sesuai dengan standar (SNI). . Untuk tahu lebih lanjut tentang RISHA, yuk simak infografis beberapa keunggulan dari RISHA berikut dan kunjungi http://puskim.pu.go.id/risha-rumah-instan-sederhana-sehat/ . #InfoPUPR #KabarPUPR #SejutaRumah #Hapernas2018 #PUPRsiapmelayani #InfrastrukturUntukIndonesiaMaju #InfrastrukturUntukNegeri #HUT73RI #DirgahayuIndonesia #KerjaKita #BikinBanggaIndonesia

A post shared by Kementerian PUPR (@kemenpupr) on 

3 dari 7 halaman

Dipasang Cepat

 

 Dipasang Cepat

 

Rumah ini bisa dibangun secara bertahap berdasarkan modul. Setiap modulnya diperlukan waktu 24 jam oleh tiga pekerja.

4 dari 7 halaman

Bisa Bongkar Pasang

 Bisa Bongkar Pasang

Risha memiliki konsep seluruh komponen dapat di bongkar-pasang/knock down system, analogi dengan permainan anak-anak lego atau tamiya.

5 dari 7 halaman

Bisa Digunakan untuk Puskesmas

 Bisa Digunakan untuk Puskesmas

Bangunan ini tak hanya digunakan untuk rumah, tetapi juga kantor, rumah sakit, dan puskesmas. Keren, kan?

6 dari 7 halaman

Bisa Diterapkan di Daerah Ini

 Bisa Diterapkan di Daerah Ini

Risha bisa dibangun di daerah-daerah yang rentan digoyang gempa. Contohnya, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Aceh, Jawa Barat, Sumatera Barat, Lampung, Bangka Belitung, Jambi, Kepulauan Riau, Bengkulu, dan Lampung.

Rumah ini juga bisa dibangun di Yogyakarta, Jawa Tengah, Kalimantan Timurm Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Jawa Timur.

Kalau ingin membangun rumah tahan gempa, kamu bisa membaca keterangan lebih lanjut di sini. (ism)

7 dari 7 halaman

Tahan Gempa

 Tahan Gempa

Karena ukuran komponennya mengacu kepada ukuran modular, komponen tersebut memiliki sifat fleksibel dan efisien dalam konsumsi bahan bangunan.

Beri Komentar
Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi