VIDEO: Begini Kekuatan Rumah Tahan Gempa Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 14 September 2018 13:41
VIDEO: Begini Kekuatan Rumah Tahan Gempa Indonesia
Apa yang terjadi jika kedua rumah ini digoyang gempa?

Dream – Indonesia termasuk dalam daftar negara yang rentan terkena gempa bumi. Kalau dilihat dari lempengan bumi, Indonesia berada di jalur temu tiga lempeng tektonik utama dunia.

Ketiga lempeng ini adalah Lempengh Samudera Hindia-Australia di selatan, Samudera Pasifik di sebelah Timur, dan Eurasia.

Kalau bicara tentang gempa, yang paling dikhawatirkan adalah rumah-rumah yang roboh karena digoyang gempa. Makanya, diciptakan rumah yang tahan gempa. Salah satunya adalah bangunan rumah tahan gempa alias Barrataga.

Bangunan ini merupakan rumah tahan gempa yang berdesain rumah limas dan joglo. Konsep rumah ini adalah penguatan besi tulangan bangunan yang saling mengait. Dengan begitu, bangunan bisa tahan guncangan akibat gempa. Barrataga juga memiliki konsep botton up.

Kali ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta mendemonstrasikan cara kerja barrataga di depan pemerintah daerah Kabupaten Kulon Progro dan Gunung Kidul, Yogyakarta.

Di video yang diunggah oleh akun resmi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), @bnpb_indonesia, Jumat 14 September 2018, ada dua model rumah yang diuji dengan alat SIMUTAGA atau simulasi ketahanan gempa bangunan. Rumah kiri merupakan rumah biasa dan rumah kedua adalah Barrataga.

Ketika “digoyang”, rumah pertama tak tahan dengan guncangan gempa. Dinding-dindingnya ambrol. Sementara, rumah ke dua masih kokoh berdiri. Diketahui, SIMUTAGA menggunakan simulasi gempa 1D untuk mengguncang dua rumah ini.

“Sosialisasi bangunan tahan gempa (*BARRATAGA*) untuk para pamong Kabupaten Kulon Progo dan Gunung Kidul oleh BPPD DIY 13 September 2018 menggunakan alat SIMUTAGA. Monggo diviralkan, nggih (arti: Silakan diviralkan, ya).
#bangunantahangempa#SiapUntukSelamat #BudayaSadarBencana#gempa #simutaga #barrataga,” tulis BNPB. 

2 dari 8 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Smartfren Presents Milenial Males Jadi Miliuner Series Eps 2 - Ngebet Viral