Kemungkinan Wanita Dipanggil Interview 30 Persen Lebih Rendah dari Pria

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 22 April 2019 08:16
Kemungkinan Wanita Dipanggil Interview 30 Persen Lebih Rendah dari Pria
Mengapa?

Dream – Kesenjangan gender mungkin mengecil atau tertutup sama sekali di dunia karier. Tapi, penelitian menunjukkan perempuan harus menempuh jalan panjang agar setara dengan pria untuk masalah karier.

Dikutip dari studyfinds.org, Minggu 21 April 2019, penelitian di University of Pompeau Fabra di Spanyol, mengirim resume fiktif dengan usia orang rata-rata 37 tahun dan 39 tahun ke 1.372 tawaran pekerjaan nyata di Madrid dan Barcelona, Spanyol. Resume ini dikirimkan ke 18 sektor pekerjaan yang berbeda sesuai dengan kualifikasi.

Para penulis mengirim resume yang sama untuk setiap posisi, yaitu 1 kandidat untuk pria dan 1 untuk wanita.

Hasilnya, ada 10,9 persen laki-laki yang mendapatkan panggilan untuk wawancara kerja. Sebaliknya, ada 7,7 persen wanita yang mendapatkan panggilan untuk interview.

Menurut penghitungan peneliti, dalam kondisi yang sama, kemungkinan wanita mendapatkan panggilan wawancara 30 persen lebih rendah daripada pria.

1 dari 1 halaman

Inikah Penyebabnya?

Salah satu penghambat wanita bisa mendapatkan pekerjaan adalah anak-anak. Studi ini menunjukkan potensi dipanggil wawancara bagi wanita tanpa anak itu 23,5 persen lebih kecil daripada pria. Sedangkan yang punya anak, 35,9 persen lebih sedikit daripada pria.

Dari sini, peneliti menyimpulkan bahwa yang menjadi bias gender bukanlah prasangka, melainkan produktivitas.

Selain itu, ada yang dicatatkan oleh para peneliti, yaitu pengalaman dan keterampilan. Ini penting bagi pria dan wanita agar bisa mendapatkan panggilan wawancara.

Studi ini diterbitkan dalam European Sociological Review.

Beri Komentar
Representasi Feminisme Versi Barli Asmara